Oleh: triy | Januari 17, 2010

Oarfish : Sang Naga Samudera

Oarfish

Oarfish

Di masa lampau ketika teknologi belum semaju sekarang, orang-orang berkelana tanpa mobil, sepeda motor ataupun pesawat terbang. Para pengelana menjelajahi dunia ini dengan kapal laut tradisional. Saat itu bermunculan legenda monster-monster laut yang luar biasa. Apakah monster-monster ini benar-benar ada ? ataukah hanya khayalan para pelaut yang sedang mabuk ? Walaupun sains belum bisa menentukan secara pasti identitas monster-monster tersebut, tapi paling tidak ada beberapa tersangka utama yang bisa dipertimbangkan. Ini salah satunya, Regalecus Glesne atau Oarfish.

Melihat foto di atas, tentu Anda tidak akan heran melihat makhluk ini sering disangka sebagai monster atau naga laut. Lihat saja ukuran tubuhnya yang begitu mengerikan.

Beberapa waktu lalu di Pantai Remis Malaysia juga digegerkan dengan temuan serupa seperti gambar diatas. Nelayan mengklaim ikan itu adalah ikan naga atau sejenis jadi-jadian. Para nelayan mengatakan bahwa mereka tidak pernah menemukan ikan berbentuk seperti ini sebelumnya. Warnanya putih, bersungut, dan tubuhnya panjang.

Tapi pendapat para nelayan melenceng. Ikan itu bukan makhluk jadi-jadian. Ikan aneh ini ternyata adalah jenis oarfish (Regalecus russellii). Ikan jenis ini memang jarang ditemukan atau sudah sangat langka. Selain itu ikan ini termasuk ikan yang bertubuh ramping dan berukuran panjang.

Oarfish Terdampar di Tepi Pantai

Ikan ini termasuk ke dalam kategori langka. Meskipun dapat ditemukan di semua lautan beriklim tropis namun jarang terlihat. Saking langkanya sehingga ikan ini tidak pernah tertangkap kamera dalam keadaan hidup hingga tahun 2001.

Oarfish termasuk ke dalam family Regalecidae yang memiliki empat spesies. Salah satu spesies, Regalecus Glesne, yang sedang kita bicarakan ini, pernah masuk ke dalam Guinnes Book of World Record karena pernah ditemukan seekor yang hidup dengan panjang tubuh hingga 11 meter (36 kaki).

Makanan si “ikan naga” adalah plankton dan makhluk-makhluk laut kecil lainnya. Ia mampu hidup hingga kedalaman 1.000 meter. Anehnya, ikan ini tidak memiliki sisik. Tubuhnya hanya diselimuti oleh semacam membran yang disebut guanine.

Ikan ini memiliki sirip tunggal berwarna merah dan termasuk ikan yang penyendiri. Namun ketika ikan ini sedang sakit atau sekarat, sepertinya sang penyendiri ini tidak ingin mati dalam kesepian. Jadi ia naik ke atas permukaan laut dan bertahan disitu hingga mati. Mungkin untuk menarik perhatian para pelaut, atau hanya ingin memandang matahari untuk terakhir kalinya.

Para pelaut masa lampau mungkin telah melihat ikan ini di permukaan dan mempersepsikannya sebagai monster laut. Misalnya, pada tahun 1860, ketika seekor Oarfish sepanjang 5 meter terdampar di pantai Bermuda, para penduduk segera mengkaitkannya dengan monster laut yang legendaris.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa kemungkinan besar terdapat Oarfish yang ukurannya melebihi 11 meter. Namun sampai sekarang belum ada yang membuktikanya.

Walaupun sains sudah bisa membuka tabir ikan langka ini, tapi saya rasa, setiap orang yang baru pertama kali melihat ikan ini akan takjub, sama seperti Anda yang melihatnya untuk pertama kali lewat rubrik ini. Benar bukan..??(Sumber:Harian Global)


Responses

  1. wah keren jg

  2. […] Sumber: Triy.wordpress.com […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: