Oleh: triy | September 3, 2008

Menjadi Penyiar Radio itu gampang-gampang Sulit

Chiko

Chiko

Tri Yuwono | Medan

Jika setiap sore Anda sering mendengarkan Radio Prambors Medan, mungkin nama Michiko sudah tidak asing lagi Anda dengar. Dengan suaranya yang halus, gadis yang bernama lengkap Anggreika Michiko Vanda Lubis selalu setia menemani sore hari Anda.

Menjadi seorang penyiar radio bagi Michiko, sebenarnya bukanlah cita-citanya sejak kecil. Namun karena seiring dengan bertambahnya usia, membuat gadis kelahiran 15 Februari 1986 ini mau tidak mau juga harus mengikuti perkembangan lingkungannya. “Cita-cita Saya sejak kecil adalah ingin menjadi seorang dokter, namun karena mengikuti perkembangan kondisi sekarang jadi lebih tertarik untuk menjadi penyiar atau presenter,” ungkap Michiko saat ditemui Global di salah satu kafe dikawasan Pringgan ini.

Menurut Michiko, awal mulanya Ia ingin menjadi seorang penyiar adalah karena menurutnya seorang penyiar itu adalah profesi yang sangat mengasyikkan. “Menjadi penyiar radio itu sangat asyik, karena kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa kenal sebelumnya, kemudian kita juga bisa tahu banyak informasi yang berkembang, dan yang penting kita bisa bersosialisasi dengan banyak orang,” ungkapnya lagi.

Banyak orang yang menganggap bahwa bekerja akan menggangu kuliah, namun anggapan ini ditepis oleh Michiko, “Meski setiap hari harus siaran, tapi bukan sebagai alasan untuk tidak belajar dengan giat, kuliah tetap yang utama, kuncinya itu kita harus pandai untuk mengatur waktu kita,” jelas gadis mantan penyiar Kiss FM dan Visi FM ini.

Selama menjadi seorang penyiar, tentu banyak kejadian yang unik dan menarik yang dialami, maklum mereka juga seorang publik figur, lalu bagaimana dengan Michiko sendiri?. “Pastilah ada, misalnya begini kadang kalau Saya ada siaran di luar studio, kadang ada yang membuntuti Saya, minta kenalan tapi waktu mau jumpa dia menghindar, kejadian seperti ini yang sering Saya alami,” ucap Michiko yang mengaku juga sering ditelepon orang yang tidak dikenalnya.

Seorang penyiar sebenarnya bukan profesi yang mudah untuk dijalani, karena penyiar harus mampu untuk dapat berkomunikasi dengan baik terhadap pendengar, karena inilah yang menjadi modal utama, apalagi bagi seorang penyiar radio. “Kalau kita mendengarkan radio, sepertinya penyiar itu kerjanya enak, cuma ngomong-ngomong saja, tetapi itu sebenarnya sulit, karena kita harus selalu bisa bercerita, kalau kita diam pasti tidak enak didengar pendengarnya,” sela pengagum Panda, presenter salah satu acara reality show disalah satu TV swasta yang juga penyiar Pambors Jakarta.

Michiko melanjutkan, kepuasaan menjadi seorang penyiar adalah apabila pendengar bisa berinteraksi dan juga bisa masuk dalam acara yang kita bawakan, serta bisa membuat pendengar dapat enjoy menikmati acara yang kita bawakan. “Penyiar radio itu kan suaranya aja yang didengar sementara wajahnya kan tidak kelihatan, Saya merasa puas jika pendengar dapat masuk dalam acara yang Saya bawa dan menikmatinya,” terang mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi USU angkatan 2003 ini.

Bagi kawan-kawan yang ingin menjadi seorang penyiar yang baik, Michiko memiliki tips-tips khusus yang mungkin dapat dicoba. “Menjadi penyiar itu gampang-gampang sulit, makanya kita harus selalu belajar dan terus belajar, mungkin bisa dengan melihat dan belajar dari salah satu idola kita, kemudian kita juga harus memiliki rasa percaya diri, dan yang terakhir adalah yakin dan selalu berusaha bahwa kita bisa,” jelas Michiko sambil mengakhiri pembicaraan.

Iklan

Responses

  1. klo untuk internet radio online yg memutar nonstop 24 jam musik hits indonesia sepanjang masa, kami ahlinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: