Oleh: triy | Februari 22, 2009

Si Cantik yang Tetap Mempeson : Boneka Barbie Genap Setengah Abad

Si Cantik Barbie

Si Cantik Barbie

Sejak pemunculannya hingga saat ini, boneka cantik  yang selalu tampil modis ini telah mewabah di kalangan remaja diseluruh dunia. Namun siapa sangka boneka trendy ini sudah berusia cukup uzur. Berkisar 2 minggu lagi, tepatnya tanggal 9 Maret 2009 nanti, Barbie genap berusia 50 tahun.

Boneka awalnya hanya satu jenis permainan yang disukai oleh anak-anak berjenis kelamin wanitta. Boneka biasanya memiliki pakaian dan menjadi bahan untuk menguji kreatifitas anak dalam berimajinasi. Dengan boneka anak-anak bisa melakukan permainan bongkar pasang. Bila bajunya tidak cocok atau disesuaikan dengan kondisi ‘cerita’nya, maka figur itu bisa dibongkar pakaiannya dan dipasang dengan pakaian yang sesuai ‘skenario’. Harganya pun mudah dijangkau.

Berbeda dengan keberadaan Barbie yang bertolak belakang dengan hal tersebut, maka Barbie lebih disukai oleh semua kalangan. Tidak hanya anak SD, mungkin anak SMP, SMU hingga ibu-ibu muda pun gemar mengoleksi benda ini. Boneka Barbie ternyata memiliki nama lengkap, ‘Barbie Millicent Roberts’, lahir 9 Maret 1959, langsung berpendidikan SMU dengan multi karir (lebih dari 70 karir) seperti Astronot, dokter,
pembalap dan yang pasti dia adalah seorang model remaja.

Nama barbie diberikan oleh Barbara Handler, anak dari Ruth Handler, pembuat dan pendiri perusahaan mainan Amerika yang bernama Mattel, pabrik dimana Barbie dibuat sejak 50 tahun lalu. Pertama kali, Barbie muncul saat pameran mainan anak-anak di New York. Kecantikannya langsung merebut hati dunia. Pada tahun pameran itu digelar penjualan Barbie telah melebihi 300 ribu unit.

Saat ini Mattel memperkirakan ada 100.000 kolektor Barbie kelas berat yang membeli 20 boneka Barbie dan mebelanjakan 1000 U$D setiap tahunnya, asal tahu saja boneka Barbie rata-rata terjual sebanyak 178.000 buah perhari dan diperkirakan 90% wanita Amerika pernah/masih memiliki boneka Barbie.

Ikon Wanita Idola

Lucune

Lucune

Segala macam ilusi atau mungkin lebih tepat disebut imajinasi mengarah kepada keberadaan Barbie yang ‘sempurna’. Lihat saja postur tubuhnya. Rambut pirang, mata bundar berwarna biru, kaki jenjang dan perawakannya yang tinggi semampai. Sebuah gambaran ideal dan sarat dengan nilai femininitas. Bila diperhatikan dengan seksama, wajahnya pun adalah wajah yang teduh, bersahabat dan seakan-akan selalu menyapa pada siapa saja. Meski ada yang bilang, wajahnya adalah wajah yang bodoh, namun siapa saja mengamini, bahwa ada aroma kecantikan yang terpancar.

Ada nilai kepercayaan di sini. Wanita cantik dan mengumbar senyum menawan pada setiap orang tentunya memberi kepercayaan kepada orang yang belum mengenalnya untuk mendekati. Barbie yang feminin dan berambut panjang itu memberi pengaruh betapa dahsyatnya sebuah benda mati mampu memberi impian pada setiap wanita untuk mengidolakannya.

Mencari sebuah ikon budaya yang popular dewasa ini tidak sulit seiring dengan berkembangnya wacana berpikir yang disertai dengan semakin mengglobalnya acara TV dan media massa secara cepat. Bila Elvis ataupun James Bond bisa dikatakan sebagai ikon budaya yang membutuhkan peng-ideal-an seorang laki-laki, maka Barbie masuk dalam wilayah ini sejajar dengan Madonna, Cher yang memiliki kaki indah maupun Mandy Moore yang mempunyai lekuk tubuh yang bagus.

Membangun citra memang tidak hanya diraih dengan cara kepemilikan Barbie, namun bisa juga diraih oleh produk-produk maupun personal yang lebih mengedepankan citra dan gaya. Susan Pearce (1995), seorang sosiolog menekankan bahwa secara sadar atau tidak, aktifitas mengoleksi suatu produk yang sarat dengan nilai citra adalah aktifitas mengonsumsi juga. Bila demikian halnya, maka kegiatan mengoleksi bisa berarti pula tuntunan untuk mengonsumsi sebanyak mungkin.

Di samping hal tersebut, Pearce juga menganggap bahwa kegiatan mengoleksi ini adalah juga menyentuh persoalan pribadi. Disadari atau tidak, tindakan mengoleksi ini seringkali menggambarkan atau malah mengembangkan jati diri mereka. Sehingga Barbie dianggap juga tidak hanya merepresentasikan ikon konsumerisme melainkan juga ikon materialisme, yakin penggunaan barang-barang hak milik untuk menandakan dan membentuk jati diri seseorang.

Omset Menurun

Barbie

Barbie

Barbie akhirnya tidak hanya menjadi sekedar boneka, tapi juga dimanfaatkan sebagai gerakan politik maupun budaya. Barbie pernah dijadikan simbol untuk gerakan kesetaraan gender bahwa perempuan bisa berkarir menjadi apa saja. Barbie juga masih dilarang di Arab Saudi karena dianggap sebagai ‘Mainan Yahudi’.

Usia yang semakin bertambah serta kepopulerannya, tentu saja diiringi oleh terpaan permasalahaan dan tantangan yang beraneka ragam. Saat ulang tahunnya kali ini, Barbie seolah tidak bergembira Barbie  dianggap telah melahirkan kontroversi ketika ribuan anak remaja menderita anorexia karena ingin tubuhnya seperti Barbie.

Mereka  rela memotong jadwal makan mereka demi menghasilkan tubuh ramping seperti Barbie. Banyak yang sakit dan kecaman pun mengalir kepada Barbie. Selain itu, dalam 7 tahun terakhir datang pula saingan baru bagi Barbie yang dikenal dengan boneka Bratz.

Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi omset penjualan Barbie. Tahun lalu (2008), omset dari penjualan Barbie jatuh sekitar 21%. Meskipun begitu Barbie tetap menampilkan wajah muda dan mempesona dengan model-model pakaian terbaru yang tak terhitung banyaknya. Konon katanya, Barbie juga menjadi sumber inspirasi bagi para designer untuk merancang kreasi pakaian-pakaian terbaru mereka.

Saat ini, Barbie telah muncul dalam situs facebook.com dan my space yang saat ini juga sedang mewabah. Boneka yang tingginya 29 cm ini, sampai saat ini masih menjadi produk utama dari Mattel. (berbagai sumber)

Barbie’s secret history

Pencipta Barbie????

Pencipta Barbie????

Berikut ini adalah versi lain tentang asal usul Barbie;
Barbie, boneka yang terkenal dan banyak disukai diseluruh dunia ini merupakan icon feminitas di Amrik. Boneka yang mempunyai umur terpanjang dalam penjualan sejak pertama kali di ciptakan. Namun, di sebuah desa kecil di Bavaria – Jerman, tidak akan ada kebanggaan terhadap boneka ini, yang ada hanyalah kepahitan dan penyesalan.

Barbie’s secret history, yang selama ini tidak pernah diakui tentang keberadaan Rolf Hausser, dimana dia dikhianati sejarah. Cerita tentang kenaifan kota kecil dalam perlawanan terhadap industry besar. Terlepas dari semua itu, ini tentunya cerita tragedi seorang yang sudah tua, yang namanya dihapus dari sejarah Barbie, dimana tidak banyak orang yang mengetahui dialah pencipta boneka Barbie.

Pada 1952, Lili terlahir sebagai karakter kartun di surat kabar Jerman bernama Bild Zeitung. Pada tahun 1955 terinspirasi oleh karakter kartun tersebut, kartunisnya (Beuthin) memiliki ide untuk menjadikan Lili sebagai boneka. Setelah menemukan pembuat boneka yang tepat, Rolf bersama saudaranya Kurt dengan perusahaan mereka O&M Hausser, akhirnya mereka mengkreasikan boneka perempuan dewasa yang tidak lazim pada jamannya. Sejak peluncurannya ke pasar pada 12 Agustus 1955, Lili mengalami kesuksesan luar biasa.

Pada tahun 1956, pebisnis wanita bernama Ruth Handler bersama suami dan kedua anaknya berkunjung ke Lucerne, di Switzerland. Ruth dan suaminya sendiri (Elliot) adalah pemilik Mattel, perusahaan manufaktur boneka di Amerika. Pada liburannya, dia tertarik melihat boneka wanita dewasa, Lili. Pada jaman tersebut boneka lazimnya hanyalah yang imut dan lucu dengan model bayi, melihat boneka tersebut dia membelinya dan membawa pulang (ya iyalah bawa pulang, emank mau dibawa kemana lagi?).

Setelahnya dia mengirimkan dua karyawannya ke Jepang membawa boneka Lili untuk mencarikan perusahaan manufaktur yang bisa membuatkan boneka serupa. Boneka Barbie pada khirnya sukses di dunia, namun sejarahnya tidak.

Singkatnya, setelah mengetahui Lili ditiru, Rolf hanya bisa menjual patennya ke Mattel dengan perasaan kecewa. Setelah beberapa saat dia menjual paten Lili ke Mattel, O&M Hausser kemudian mengalami kerugian dan kebangkrutan. Dunia tetap tahu Barbie diciptakan oleh Mattel, nama Barbie diambil dari nama anak Ruth Handler. Walaupun Mattel menjelaskan ke dunia bahwa Barbie kreasi dari Ruth Handler, namun tampak jelas Barbie dan Lili adalah identik.(Sumber:Fenomena Harian global)

About these ads

Responses

  1. Emang suka boneka Berbie ya mas……??

    • aq perwkilan nx ea…

      very like with barbie…

  2. film berbienya di tayangkan lagi donk?……tlg 20 april /09 nanti

  3. ini yang bikin cewek ato cowo sich

  4. yupzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  5. ehmmmm, oc jg dechhhhhhhhh

  6. ada dechhhhhhhh

    • ntr gw ksh

  7. waw… bonekanya lucu_lucu bangt aku mw gaya berbie donk… kasih saran donk bwt gmn??
    untuk bisa gaya berbie

  8. boleh//////////////////////

  9. boneka bagus bgt……
    mau donk dikasih…..
    kq ga ada harga’a sech……????
    film barbie’a tayangin lagi donk……
    thaxs y….

  10. wah cantik bgt bonekanya gw mau donk

    • zOOOOO….Bli DuMX?

    • IYA
      YA

  11. saya adalah pengoleksi barbie,saya mau mecari barbie yang bagus tapi murah ,, hhehe !!
    ada ngga yya ??

  12. aq suka barbie

  13. barbie kesya suka banget sama barbie

    • dri kapan suka berbie…..

      • Hm… sebenarnya biasa-biasa aja kok mbak sama berbie… kebetulan kemarin nulis artikel tentang berbie…he..he..h.e.

      • dri sejak knl tv

    • masak sih kesukaan loh……………???????

  14. quh pengoleksi barbie dari umur 8 tahun,quh mau dunk berbie yang diatas tapi harganya mana?kalau ada qu tunggu yach…..

  15. saya hobi bermain barbie karena wajahnya cantik

  16. wind…
    kamu mau beli?… aku punya tuh…

  17. iya pA?
    beelll!!! …Dumx,di toko banyak og..

  18. Hm………..
    aq mau tny donk ….
    jd yng buat boneka berbie tuh siapa?

  19. hi nama ku intan aku tuh fans bnget sama barbie salam ya buat barbie

  20. wah…………
    hebat buuanget za… yg pertma bz bwt berbie

  21. B4RB13 MUR4H4NN.. Y4N9 45L1 D0NK

  22. wes cakep2 bgt loh maw dunnnnnkkkkk

  23. aku suka banget liat boneka barbie suka nonton ama ponakan yang paling cantik namanya nayla

  24. Lucunya ya walau sudah tua kok mukanya imut banget ya

  25. SAYA INGIN FOTO SAYA GANTI BERBIE

  26. berbie-nya cantik** banget..!!! kaya aku dewh!!!
    he,,he,,he

  27. cantikx boneka-bonekax

  28. barbienya…… ????????????
    jadi pengen punya barbie yang banyak……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..sejuta bahkan sampai 1.000.000.000.000,00. gue pengen punya . ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  29. barbienya…… ????????????
    jadi pengen punya barbie yang banyak……………………………………sejuta bahkan sampai 1.000.000.000.000,00. gue pengen punya ?

  30. Bagus bagus dan juga cantik cantik.Dan yang aku inginkan aku ingin mempunyai peralatan barbie yang lengkap dan bagus bagus.Trim’s

  31. gmn ya rsnya pny boneka barbie milyaran bhkn lbh??????????????????????Pst rmhnya kebek bgttttsss dgn boneka barbie,tp seru jg?????????????

  32. sesungguhnya filosofi pembuatan boneka barbie dipenuhi kisah yang memilukan dari keluarga pasangan ruth-elliot.. how sad :(

  33. pengecn ich punya boneka berbieee.,.,.!!!!!! pa lagie yang harga milyaran.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: