Oleh: triy | Maret 3, 2009

Senandung Bisu dari Perbatasan Tertinggi di Dunia

Dataran "Bisu"

Dataran "Bisu"

Pakistan dengan yakinnya pernah berujar “Karakorum Highway dan Khunjerab Pass adalah keajaiban dunia a dan China ini, dibangun oleh keringat dan darah oleh para pekerja. Saat diselesaikan pada tahun 1979, dipukul rata 1 km untuk satu nyawa. Pekerja jalan tewas karena terkuras tenaga stamina menembus lembah-lembah pegunungan Himalaya yang ketinggiannya mencapai 5000 mdpl (mulai dari permukaan laut)

Karakorum Highway biasa juga disebut dengan nama jalan persahabatan. Arti persahabatan ini terealisasi dalam hubungan antara Pakistan dan China yang cukup erat (meski kadang konflik terjadi). Panjang jalan itu mencapai 1224 km. Bagian jalan yang masuk wilayah Pakistan sepanjang 809 km dan yang masuk wilayah China sekitar 415 km. Nah, titik nol dari panjang jalan itulah letak perbatasan kedua negara yang disebut Khunjerab Pass (perbatasan Khunjerab)

Jalan raya Karakorum berawal dari Kota Islamabad terus melintas Kota Sust, melewati Khunjerab Pass, Tashgergan, daerah otonomi khusus Xin Jiang dan berakhir di Kashgar. Jika diteruskan akan berakhir diwilayah Kyrgyzstan. Namun tidak termasuk dalam ruas jalan Karakorum. Jika menggunakan bus penumpang dari Kashgar menuju Pakistan, bisa ditempuh dalam jangka waktu 2 hari.

Letaknya yang berada diatas pegunungan membuat Karakorum dianggap sebagai salah satu jalan raya terindah di dunia. Puncak-puncak menjulang tinggi tertutup lapisan putih salju memonopoli landscape sepanjang perjalanan. Tak ubahnya seperti Berkendaraan diatas awan. Anda akan dibuat terpesona sekaligus tercekam karena melihat kedalaman jurang di sebelah kanan dan kiri jalan. Apalagi jika melintasinya sambil mendengarkan kisah tentang banyaknya korban jiwa yang jatuh untuk pembuatan jalan itu.

Di lereng pegunungan sepanjang jalan yang diresmikan pada tahun 1986 ini, sering dilihat jalan setapak melipir diantara kemiringan tebing yang menggetarkan hati. Jika diperhatikan dengan seksama, jalan-jalan ini seolah dibuat dengan pahatan atau karya seorang pemahat.

Jalur inilah yang dikenal dengan jalan sutera atau Silk Road. Menurut kisah, Sun Gokong dan gurunya Sam Chong (Tang Sanzang) menggunakan jalan ini untuk melakukan perjalanan merengkuh kesucian ke India sekitar 1400 tahun yang lalu. Sungguh tak terbayang kemampuan orang di masa lalu memahat jalur sutera ini yang lebarnya hanya seekor Keledai saja.

Jika beruntung, di sepanjang jalan Anda mungkin dapat berpapasan dengan binatang-binatang

Jalan tak berujung

Jalan tak berujung

khas dataran tinggi Himalaya seperti kambing Gunung, lembu atau kerbau berambut, macan salju, dan beragam binatang lainnya. Namun Anda pun harus berhati-hati dengan suhu tubuh Anda. Ketinggian dan cuaca yang luar biasa dingin dapat membuat suhu tubuh meningkat secara drastis mencapai lebih dari 40 derajat. Akibatnya pusingpun menyerang dan pendarahan akan terjadi pada bagian hidung. Untuk itu, persediaan baju hangat harus dipersiapkan sebelumnya.

Khunjerab Pass yang merupakan titik perbatasan kedua negara tersebut berupa suatu tempat di mana masing-masing negara (China-Pakistan) mendirikan pos penjagaan. Ditempat itu terdapat sebuah pilar batu yang memiliki 2 sisi. Yang satu menghadap ke China sedangkan yang satu lagi menghadap ke Pakistan.

Pada satu sisi tertulis ”Pakistan” serta tulisan arabjuga lambang negara, sedangkan di sisi lain bertuliskan dalam bahasa China berbunyi Zhong Guo yang artinya China. Pilar inilah titik awal dari kilometer Karakorum Highway.

Pintu perbatasan ini selalu ramai dikunjungi turis mancanegara yang ingin merasakan sensasi berada di perbatasan yang tertinggi didunia. Pada bulan Oktober (musim dingin), pintu perbatasan ditutup untuk turis. Yang boleh melintas hanyalah truk-truk pengangkut barang antara kedua negara. Jika turis sudah terlanjur datang karena tidak tahu tentang aturan itu, mereka diwajibkan menghentikan mobil sejauh kurang lebih 1 km dari perbatasan dan selanjutnya berjalan kaki untuk tiba di perbatasan Khunjerab.

Lembah Sust

Namanya juga daerah terpencil. Sepanjang jalan raya Karakorum terdapat komunitas penduduk asli yang cukup unik misalnya Nothern Areas. Daerah ini adalah wilayah utara Pakistan yang langsung berbatasan dengan China. Daerah paling utara di Pakistan ini adalah titik tertinggi dari Karakorum Highway. Di sini gunung-gunung salju menjulang tinggi menyentuh langit. Di daerah ini terdapat Lembah Sust yang merupakan pemukiman terdekat dengan perbatasan.

Penduduk Asli

Penduduk Asli

Masyarakat di lembah ini cukup bersahabat. Berkenalan dan menginap dirumah salah seorang penduduk akan membawa Anda menemukan sisi lain dari Sust. Tempat ini bukan hanya sebuah perbatasan tempat kendaraan melintas, tetapi juga menyajikan keindahan lembah layaknya sebuah permata yang bersembunyi dibalik lekukan Himalaya. Lucunya, buku-buku panduan wisata yang tersedia hanya menyebutkan pemukiman dekat perbatasan yang tidak memiliki keistimewaaan.

Penduduk Sust seperti umumnya penduduk yang tinggal di sepanjang Karakorum Highway, adalah pemeluk agama Islam aliran Ismaili yang berbeda dengan mayoritas penduduk Pakistan. Aliran Ismaili adalah pecahan dari Islam Shihah yang cukup moderat.

Di tempat ini jarang ditemukan perempuan yang berbalut cadar. Wanita di sini memiliki hak yang sama dengan pria. Khususnya hak dalam mengenyam pendidikan.

Tidak ada mesjid untuk tempat sembayang. Penduduk menganggap sholat adalah suatu hubungan pribadi antara tuhan dan manusia. Posisi mesjid digantikan dengan sebuah balai komunal yang disebut Jamaat Khana. Aga Khan, pimpinan spiritual sekte Ismaili, adalah pujaan semua orang yang tinggal di lembah-lembah Himalaya Pakistan Utara.

Sepanjang jalan Karakorum Highway, barisan gunung-gunung seakan menyanyikan senandung bisu. Sebuah lagu indah yang tak terdengar oleh telinga, namun mengetuk relung-relung hati. Tentang negeri diatas awan yang yang dikarunia mukjizat istimewa. Tempat yang damai dan tentram. Surga bagi semua orang yang ingin kembali pada kekuasaan alam. Semuanya ada disana, di Karakorum Higway. Jalan perbatasan dua negara yang tertinggi di dunia. ( Sumber:Harian Global)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: