Oleh: triy | September 18, 2008

Segitiga Bermuda: Misteri di Samudera Atlantik

Ini merupakan satu misteri besar dalam sejarah. Sebuah wilayah di kawasan Samudera Atlantik yang menelan banyak korban. Dilaporkan ratusan kapal laut dan pesawat udara hilang di areal ini, lenyap sama sekali tanpa bekas. Zona maut yang dikenal sebagai Segitiga Bermuda (Bermuda Triangle)!

Zona itu membentuk segitiga imajiner seluas 4 juta km persegi. Segitiga itu akan terbentuk di peta seandainya sebuah garis ditarik dari Kepulauan Bermuda (teritorial Inggris) sebagai titik di wilayah utara; menuju ke Puerto Rico (AS) sebagai titik di selatan; kemudian diteruskan ke Miami (Negara Bagian Florida, AS) sebagai titik di barat; dan garis terakhir ditarik dari Miami menuju Kepulauan Bahama.

Kisah tentang keanehan di kawasan Samudera Atlantik itu tidak diketahui pasti sejak kapan persisnya, namun berbagai cerita yang berkembang merujuk sejak masa pelayaran pertama melintasi daerah barat daya Kepulauan Bermuda.

Bahkan Christopher Columbus pernah mencatat misteri yang terjadi di sini dalam pelayaran penjelajahan samuderanya. Tahun 1942, saat Colombus bergerak menuju Amerika, ia melintasi Samudera Atlantik yang termasuk kawasan Segitiga Bermuda. Ia mencatat tentang laut yang tampak aneh walau cuaca tampak baik. Kompas kapal-nya tiba-tiba mengalami kekacauan, berputar tak tentu arah. Colombus mencatat, pada suatu malam kru kapalnya melihat pijar bola-bola api di angkasa yang menghujam laut. Namun seluruh pelayaran Colombus terbilang aman.

Menurut catatan lain, sebuah kapal Atlanta berbendera Inggris (1880) dilaporkan lenyap dikawasan Segitiga Bermuda.
Seluruh penumpang berjumlah ratusan pelaut dan perwira AL Inggris lenyap tak berbekas. Lalu Oktober 1951, kapal tanker Southern Isles lenyap ketika berlayar dalam konvoi. Iring-iringan kapal lain hanya melihatnya cahaya kapal itu terakhir kali sebelum hilang tanpa bekas. Insiden lain kapal tanker Southern Districts tenggelam dengan cara yang sama pada Desember 1954. Ia hilang tanpa meninggalkan SOS ketika berlayar melintasi wilayah Segitiga Bermuda menuju utara arah South Carolina.

Masih banyak lagi kapal-kapal laut yang dilaporkan hilang di wilayah yang juga dijuluki Segitiga Setan (Devil’s Triangle) itu. Tak kurang dari ratusan kapal lenyap tanpa bekas sama sekali. Dan bukan hanya kapal-kapal laut, pesawat terbang juga tak luput dari naas.

Sebut saja yang terbesar adalah hilangnya satu skuadron pesawat latih AL AS, Flight 19 pada 5 Desember 1945. Lima pesawat pembom Grumman TMB-3 Avenger itu lenyap beserta 14 pilot dan kru-nya. Satu insiden dalam dunia penerbangan yang paling menghebohkan. Bahkan satu pesawat amfibi PBM Mariner yang mengemban misi penyelamatan kelima pesawat itu mengalami nasib serupa, hilang di Segitiga Bermuda sekitar beserta 13 kru dan tim SAR.

Semua kapal laut atau pesawat udara yang dilaporkan hilang di Segitiga Bermuda, memang tidak pernah ditemukan bangkainya bahkan seluruh korban manusianya juga hilang tanpa bekas. Inilah yang membuat banyak ahli pusing dan berspekulasi mengenai sebab musabab peristiwa seperti itu bisa terjadi.

Beberapa Teori Penjelasan
Sampai tahun 1999 saja, tercatat masih ada kapal modern berukuran besar yang hilang tanpa jejak di Segitiga Bermuda. Banyak teori yang kemudian dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang terjadi di Segitiga Bermuda. Kenyataannya, misteri di Segitiga Bermuda belum jua terkuak hingga kini.

Dari sekian banyak teori, ada yang menyebutkan teori pelengkungan waktu, medan gravitasi terbalik, abrasi atmosfer, teori anomali magnetik-gravitasi. Di samping itu masih ada teori tentang fenomena gempa laut, serangan gelombang tidal, hingga lubang hitam (black-hole) yang hanya terjadi di angkasa luar sana. Dan ada juga yang menghubungkannya dengan UFO dan menghilangnya Benua Atlantis.

Dari sekian banyak konsep dan teori yang berupaya menjelaskan fenomena alam itu, justru Lawrence David Kusche memberikan penjelasan kontroversial. Dalam bukunya The Bermuda Triangle Mystery Solve (1975), Kusche mematahkan semua anggapan dan teori spekulasi yang diajukan terhadap Segitiga Bermuda. Ia lebih menganggap peristiwa yang terjadi di kawasan itu terlalu dibesar-besarkan.

Beberapa kesimpulan Kusche: kapal-kapal dan pesawat terbang yang dilaporkan hilang di daerah tersebut tidak begitu besar secara signifikan bila dibandingkan dengan yang terjadi di belahan samudera lainnya. Ia menyatakan, dalam daerah yang sering mengalami badai tropis, jumlah yang hilang itu sebagian besarnya tidaklah begitu menyolok ataupun bersifat misterius.

Kusche beranggapan, angka-angka yang menunjukkan jumlah korban itu sendiri cenderung membesar-besarkan hasil riset. Misalnya, sebuah kapal boat dinyatakan hilang, namun akhirnya dia kembali dan tidak dilaporkan. Ia juga “menyindir” para penulis yang terlalu membesar-besarkan perihal misteri di Segitiga Bermuda walau datanya kurang atau karena salah tafsir demi kepentingan sensasi.

Apapun ceritanya, setidaknya Segitiga Bermuda tetap menyimpan misteri. Banyak ahli masih mengkaji fenomena alam ini. Masih diperlukan penjelasan ilmiah yang bisa menjawab semua pertanyaan besar itu tanpa keraguan. (berbagai sumber)

Lenyapnya Flight 19!
Satu kisah yang mengubah mitos Segitiga Bermuda adalah misteri hilangnya Flight 19. Skuadron 5 pesawat pembom AL AS itu hilang tanpa jejak di kawasan Segitiga Bermuda saat melakukan latihan rutin. Bahkan satu pesawat amfibi tim penyelamat pertama yang mencoba mencarinya juga dilaporkan hilang beserta seluruh kru dan tim SAR.

Hari itu 5 Desember 1945. Di Naval Air Station Fort Lauderdale (pangkalan udara AL AS), Florida, lima pesawat pembom TBM Avenger dipersenjatai dan bahan bakar diisi penuh untuk penerbangan lima jam. Kru darat melaporkan kelima pesawat pembom itu laik terbang dan kondisi mesinnya prima. Kelimanya dipersiapkan untuk latihan terbang tempur rutin.

Pukul 14.10, kelima pesawat itu dengan kode penerbangan Flight 19 lepas landas dari pangkalan dengan pilot pelatih Letnan Charles Taylor yang juga menjadi komandan penerbangan. Taylor dikenal sebagai pilot tempur yang cakap dan berpengalaman pada perang Pasifik melawan Jepang di masa Perang Dunia II. Ia akan melatih 14 pilot, navigator dan juru tembak pesawat melakukan manuver tempur dan pemboman di sekitar Samudera Atlantik.

Misi latihan ini melewati rute penerbangan ke timur sejauh 56 mil menuju Beting Hens and Chickens, di selatan Grand Bahama untuk melakukan latihan pemboman rendah sebelum manuver ke 67 mil ke timur, 73 mil ke utara dan lantas 120 mil kembali ke pangkalan di Lauderdale.

Hari itu cukup cerah. Bagian pertama misi berlangsung lancar sampai sesi pengeboman di Beting Hens and Chickens sekitar pukul 14.30. Pada pukul 14.40 seluruh formasi pesawat bergabung kembali dan mengarah ke timur menuju Great Stirrup Cay yang terletak 67 mil mengarah ke timur dan 113 mil ke timur Florida.

Awal Tragedi
Sekitar pukul 15.10 mereka menuju ke arah baratdaya. Dari sini komunikasi sesama pesawat latih terdengar membingungkan. Kru darat yang memantau latihan menafsir bahwa telah terjadi sesuatu di atas sana, namun ia belum mendapat konfirmasi dari komandan latih yakni Lt Taylor.

Pukul 15.45, Letnan Robert Cox, instruktur penerbangan senior yang sering terbang mengitari Fort Lauderdale dan bergabung dengan skuadron latih, memantau Flight 19. Ia mendengarkan prosesi latihan melalui radio komunikasi yang mulai kacau.

Pukul 16.00, Letnan Taylor mengontak Letnan Cox bahwa kedua kompas miliknya rusak dan ia kehilangan arah penerbangan. Lewat radio ia memberitahu bahwa pesawatnya berusaha untuk kembali ke Fort Lauderdale dan kemungkinan sedang melintas di Florida Keys. Namun, ia tak bisa memastikan arah penerbangan untuk kembali ke pangkalan.

“Saya berada di ketinggian 2.300 kaki. Jangan datang kemari.” Letnan Taylor merasa yakin bahwa dia sudah berada di kawasan Florida Keys yang mengarah menuju utara ke Teluk Meksiko.
Dipantau ketat melalui radio, setelah terbang ke utara selama sejam, Taylor kembali ke arah timur yang diyakininya akan membawa seluruh skuadron kembali ke arah Florida menuju pangkalan. Waktu berlalu dan senja mulai menyarungi angkasa, namun kelima pesawat belum juga mendarat di pangkalan.

Saat malam menjelang, pada pukul 18.04 transmisi radio terakhir terdengar dari Flight 19 yang mengindikasikan mereka berada di utara Bahama dan jauh di timur Florida. Letnan Taylor menyatakan bahwa bahan bakar pesawat pembom yang mereka terbangkan semakin menipis.

Pada 18.20, Taylor berinisiatif untuk meneruskan perjalanan ke arah timur. Ia memberi perintah darurat kepada seluruh pilot untuk merapatkan formasi agar bisa saling memantau. Lalu terdengar transimisi terakhir yang terpotong-potong: “Kita akan mendarat begitu melihat daratan… jika bahan bakar tinggal 10 galon, maka kita melakukan pendaratan di laut…”. Pada masa genting ini komunikasi radio dengan Flight 19 mengalami gangguan. Suaranya tak jelas kabur dan akhirnya menghilang. Suara terakhir yang terpantau adalah: “We are entering white water…, nothing seems right. We don’t know where we are, the water is green, no white….”

Misi Pencarian
Sampai pukul 19.00 ternyata tidak ada kabar lagi dari Flight 19. Kru darat di Fort Lauderdale kemudian meminta bantuan seluruh penerbangan AL AS untuk melakukan pencarian. Panggilan darurat itu dijawab dengan mempersiapkan sebuah pesawat amfibi Martin PBM Mariner dengan tim SAR laut militer. Semua kru dan tim berjumlah 13 orang.

Pukul 19.47, pesawat itu mengudara dan menjalankan misi pencarian. Namun naas, 23 menit setelah mengudara transmisi radio dari pesawat pencari ke darat tiba-tiba terputus. Dan tidak ada kabar mengenai pesawat tersebut. Belakangan ada laporan dari dua tanker yang berlayar di sekitar perairan tersebut bahwa mereka melihat bola api menghujam ke laut. Namun setelah mendekat ke arah jatuhnya bola api, mereka hanya menemukan sejumput genangan minyak tanpa ada bekas lain.

Pencarian berskala besar pun dilakukan yang berlangsung hingga 10 Desember 1945. Dilakukan penyisiran di seluruh kawasan yang mungkin bisa dilalui Flight 19, namun hasilnya tetap nihil.
Misi pencarian ini adalah yang terbesar dalam sejarah yang melibatkan ratusan kapal laut dan pesawat udara. Namun, kelima pesawat dalam Flight 19 tidak ditemukan jejaknya sama sekali begitu juga pesawat penyelamat PBM Mariner. Belakangan disimpulkan, pesawat penyelamat yang hilang itu diduga meledak karena kebocoran bahan bakar. Tetapi lima pesawat lain sama sekali tidak diketahui bagaimana persisnya mereka bisa menghilang.

Berbagai penjelasan dibuat untuk mengungkap misteri ini, namun hasilnya tetap saja tidak memberikan solusi pasti. Inilah bencana terbesar dalam sejarah penerbangan yang menambah seram misteri Segitiga Bermuda. (Berbagai Sumber)

Global | Berbagaisumber

About these ads

Responses

  1. saya pernah membaca hal ini dari majalah Angkasa, dan memang menarik sekali y? :)

    • ooooooooooooo yea anak kutu buku ya kmu tu

      • yya, sama dund am aku juga suka baca buku

      • eaeaeaeaeaeeeaeeeaea

    • oh memang iya aku juga suka da

    • kalau aku ade peluang aku nk pergi kat tempat 2

    • wahh bahaya banget yah segitiga bermuda

  2. salam kenal…..

  3. ngerii… Bermuda emang misteri.

    numpang komen ajja :p

    • aku juga sama abang aku juga takut

  4. Isinya bagus. aku juga tertarik dengan fenomena bermuda. salut.

    • aku pernah baca buku segitiga bermuda’moga kamu ga takut

  5. Artikel yang menarik sekali thanks….

  6. serem juga ya… tapi kayaknya cerita si Christoper udah sering didenger… but, tulisannya buat gw terbawa ke Amerika sana…

    salam kenal…

  7. oh ya saya pernah nonton film dokuemnternya. tidak semuanya tenggelam atau hilang, Ada juga pesawat ringan yang tiba-tiba terlontar 20 menit lebih cepat daripada perjalanan yang seharusnya di tempuh secara normal. Bisa jadi itu lorong waktu?

    • aku juga pernah baca d majalah

  8. pertamax

    • pertamax kok kelewatan banyak bangret sih mbak ini sih premium wakakakakakakaka

  9. tQ

  10. Hmm…
    Menarik sekali ceritanya, saya masih penasaran dg bermuda itu.

  11. nice post

  12. ..tragedi adam air SBY-MDO akibat fenomena yg mirip dgn segitiga bermuda?
    kunjungi http://skyrider.wordpress.com/ recent post: tips internet gratis pake opera mini modified

  13. Salam kenal, Mas. Saya jadi teringat kembali dengan buku Dialog dengan Jin Muslim. Salah satu isi dialognya membahas Segitiga Bermuda, yang dikatakan di situ terdapat semacam “kerajaan jin”. Wallahu ‘Alam.

  14. kayaknya sih disitu amriknya umat jin, kl jin di indo sih masih primitip, paling2 masuk tv jd obyek penderita doang

  15. Indonesia kayanya ada juga… cuman gak terlalu diekspos dibandingkan segitiga bermuda. Kalo menurut saya sih, selama masih di dunia ini pasti ada penjelasan logisnya

  16. kalok di indonesia adanya segitiga masalembo :D

  17. emang banyak versinya tapi yang benar yang mana ? nggak ada yang tau

  18. bagus penjelasannya :D

    kalo ada yang mau lihat penjelasan lainnya silakan mampir di:

    http://www.youtubetopview.com/2008/09/mystery-of-bermuda-triangle.html

    dilengkapi juga dengan penjelasan video :D

  19. ada baiknya membaca buku “Dajjal muncul dari Segi Tiga Bermuda” sebagai salah satu referensi. oya, pengarangnya muhamad isa daud

  20. Hmm… misteri di Indonesia lebih ngeri tuh..
    banyak orang hilang tanpa ada kepastian ada apa sebenarnya……

    http://rotyyu.wordpress.com

  21. Infonya keren, oya buat siapa aja yang baca silakan mampir ketempatku ya…

    http://www.m4rnos.wordpress.com

    menyediakan semua kebutuhan anda download apa aja ada dan gratis. Thanks

  22. Mnrt qt2 d zn ad sbwh mdn magnet yg sgt bzr.yg mybbkn alat yg bbhn magnetik akn rusak seketika.n jk it tjd pzwt akn khlgn arh shg hny b’ptr2 d atz kwsn sgtga bmda n scr tb2 mncul sebwh lrong pth yg brp gmpln awn mgkn bdai tropiz krn pgruh grvtz n mdn mgnet kwt gmpln it bptr smkn c4 lykny spt prnsip krja blender.ibrtkn pisau pnghncr pd blendr shg jk bdn pzwt mnynth gmpln awn yg bptr sgt cpt td shg hncur mjd sphn2 n tdk pnh dtmkan.tp qt kmbl lg wallahhu a’lam

  23. Segi tiga bermuda emang ngeri ceritanya… But itu semua adalah kekuasaan Allah dan hanya Dialah yang bisa mengungkap misteri tersebut, sebab itu adalah tanda-tanda kebesaran-Nya

  24. Penuh misteri….
    Nice post…
    Jadi tercerahkan juga ttg fenomena “mistis” ini…

  25. ..misteri tidak akan menarik jika sudah terkuak. Karena itu, biarlah semua misteri tetap menjadi misteri…

    salam

    http://skyrider.wordpress.com

  26. kalo ga salah,
    gwe pernah baca buku Dajjal,
    (tentang Dajjal maksudnya,
    bukan karangan jadwal)
    dan katanya Dajjal dibesarkan
    di sebuah pulau deket Segitiga Bermuda.

    Ga ada yah kapal yg pernah nyelem sana?
    Ga kepantau satelit emang?
    bukannya langit mulai burem gara2 satelit,
    koq masih ga kepantau aja sih??
    jangan2 markas rahasia pentagon…
    (kbanyakan ntn James Bond)

    apakah itu hasil lebaynya manusia,
    atau memang daerah mistis,
    wallahuallam…

  27. seperti halnya atlantis, segitia brmuda pun berkembang jadi dongeng penuh mjsteri. kalau ada penjelasan logisnya yang akurat pasti jadi ga seru. begitulah cerita misteri ini semakin membuat orang penasaran dan berkembang menyangkut segala teori dan bahkan tentang soal ufo dan dajjal, bahwa segitiga bermuda adalah tempat sembunyi dajjal dan pangkalan ufo. wallohu alam

  28. salam kenal,

    kalau tempat misteri di Indonesia ada gak ?

    kunjungi blog renungan, kata2 bijak tokoh terkenal, true story, motivasi, gambar2 aneh, lucu, takjub.

    http://www.yauhui.net

  29. sebenernya itu misteri beneran apa bisa di buktiin pake teori sih?

  30. knp gx di coba nyelem di daerah segitiga bermuda ??

    mank langsung mati yha klo nyelem di sana ???

  31. ow

  32. knpa amrik ga nyoba yah ma kapal selamnya…
    jgn” tuh tmpat rahasia militer amrik biar ga k tahuan…he he bajar..ko ga suruh orang kita yg jd pawang buaya kanb jgo nyelem..

  33. weeeeeeeeeeeeee ngeriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  34. Katanye ada gumpalan magnet d sekitar segitiga bermuda?

    trus apa dnk teori yg matahin myth nya bermuda triagle?

    kasih kita solusi yao klo da. . .

  35. emang menarik toh artikel na…
    gmn lebih rinci na..

  36. wah, cerita yang menarik….
    baguz bget..
    nambah pengetahuan nih….

  37. ceritanya BelUm PasTi !!!!!!!!!!
    Coz,saya Belum pERnah ngAlAmin>>>>>>>>>>
    tapi kayanya seru sch lw ngalamin…Gw mau DownGGGG ngaLamiiiiiiiiin????hehehe jus’tkid

  38. thanks for helping me to do my homework ! :D

  39. aq prnh mendengar cerita ini serem banget

    segitiga bermuda itu apaan cih?

    gunung/daratan/laut yg berbentuk segitiga?

  40. yach..klo mau narik2 garis di peta…mungkin banyak tuh yang bsa jadi 2nd atau 3rd dari segitiga bermuda……gk percya..?? bka ajja tuh peta nya..ckakakaka
    eh btw any way bus way and dont you go way onthe wrong way….pesawat yang jatuh tuh…lion apa apalah nma nya….ilang bner tuh..?? kok gk da bangkai nya yach..??? wach ternyata indo juga punya mistic triangle…i….wa……w mulai maju neh negara

  41. memang penjelasan di blog ini sudah cukup lengkapppp….
    namun saya mohon untuk menambah beberapa bukti-bukti tentang peristiwa ini….

  42. masuk k segitiga bermuda mngkin sma x ya masuk k lubang hitam????

    tuh klo dah msuk kluar’a k mn???

    trus klo mang tu lorong wktu trus qt k msa dpn pa k msa purba???

    jd pngen tau???

  43. it’s amazing……….

  44. sbnrny klu dhubgkn ma teori n mistis jg bs,scr teori td dsbutkn dlu da bla api bsar yg jtuh dstu.Bs dblang klu tu smcam btu magnet.Truz scr mstis dblang da jin2 yg mnguasai daerah tu. tp yg msih buat janggal alasn pa pr jin2 tu mlih brmukim dstu?

  45. mgkin itu suatu goa bagi tmpat kluar nya makhluk dari neraka kli? disisi lain mereka ngk bisa kluar.tapi mereka hanya menyedod apa aja yg lewat dekat goa mereka!…….mereka hanya bisa menunggu tahanan yg akan jadi mangsa baru bagi mereka

  46. emg serem jg sech,,,
    tpi dr dulu gw pgn bgt tw,hal yg pling bnr dr mistery bermuda ini.
    moga ada yg bsa mcahin semua ini…

  47. misterius…

  48. Misterius banget , semoga dpt dipecahin

  49. jdi pengen ngebuktiin sndiri neh…………

  50. saya sangat senaang dgn semua penjelasannya!!!!!!!!!

  51. segi tiga bermuda akan selalu menjadi misteri
    alam……….

    • ya iyalah masa iya-iya dong dasar longgurke nggak punya otak macam babi tauke kau itu so tau dasar monyet

  52. bermuda triangle,hmzz…panglima malaikat yg trusir dr syurgaa…..luci fere,,,,

  53. gila ya!!!!!!!!!!!!!!!!! kayak lagux gita gutawa

  54. saya pernah membaca artikel ini sangat bagus ……………….!!!!!!!

  55. huhhhh!!!!! serem beud….py saya jadi penasaran nie…jadi pengen kesana. . . .mmmmmmm

  56. subhanallah….bnar2 bnyakdugaan2 aneh ttg segi3 b’muda ne…
    jd tmbah tertarik ne untuk mengetahuinya..
    ulas trus ttg prkmbangan segi3 b’muda…….^_^

  57. w hrp pristiwa yg dh terjedi
    qt ambil hikmah_y j krn itu smua yg mnentukan allah ………..

  58. wowwwwwwwwwwwwwwwwwwww seru bangetzzzzzz ceritanyoooowwwwwwwwww

  59. z bingung mana sebenarx letak dari segitiga bermuda dan banyak skali versi yang muncul

  60. artikelnya menarik.
    penuh misteri dan ingin sekali memecahkannya

  61. Jd pNAsaRan GweH ..

    Jd pNGn maSTiiN LngSng ,sbNr’a gmN c ?
    Jd pNgn k sEGitiga brmUda !! hHa .

  62. pilot nya diajak UFO pikinik luar angkasa tho…

  63. cuma Allah yang taw

  64. smua yang terjadi di segitiga bermuda itu….
    semuanya telah ditetapkan dalm AL-QUR’an

    jadi bagi para peneliti yang kebingungan ,,,
    coba aja bca AL-QUR’an , pasti dapat jawaban nya .

  65. kalau boleh kasih saran kenapa gak bikin kapal seelam terus nyelam deh ke bawah taut dimana letak segitiga bermuda itu.kalau berhasil menyelam baru cari sesuatu yang dianggap mencurigakan.tapi ini saran aku ya kalau menurut kalian saran yang bodoh ya…jangan diikutin

  66. dari ak sendr ak blm percaya adanya dajjal di segitiga bermuda.semoga aja itu hanya mitos belaka.hanya allah yang tahu…………..

  67. menarik banget ceritanya…? tapi aku tak perna dapat kasetnya..?

  68. masih penasaran, tampilkan dong isi dasar laut segitiga bermuda

  69. ktanya sich bermuda adalha salah satu tempat banyak juin berkumpul

  70. ad jg t4 misterius n mxeramkn kyak gtuu,..,.-:-

  71. aku pengin ke sana utk berlayar sekeluarga pada malam hari

  72. menarik jg, bkin pnasaran orng2.
    Smpai skrng misteri itu blm terkuak.
    Inilah bukti kekuasaan tuhan…..

  73. menarik jg, bkin pnasaran orng2.
    Smpai skrng misteri itu blm terkuak.
    Inilah bukti kekuasaan ALLAH……

  74. menarik jg, bkin pnasaran orng2.
    Smpai skrng aja misteri itu blm terkuak.
    Mungkin sulit untk mmcahkan misteri ini.
    Tp keberadaan SEGITIGA BERMUDA adlh slah stu bukti kekuasaan ALLAH……

  75. ”qu msih penasaran dgan segitiga bermuda…..tpi yg pasti smua yg trjdi baik di laut,drat ,dan udra adlah smua ketetapan yg tlah di ttap kan oleh Tuhan,,,qu jga slut sma smua penelitih yg slLu mmbrikan inFo2 pntng untk orang bnyak……smua yg tlah trjdi mdah2an bsa mnjdi suatu motifasi dlam mnjlni ke hidupan ini….

  76. apa emnk bner yg saya dengar qlo segitiga bermuda itu tmpat plng mistis di muka bumi ini, ada yg blng qlo tmpat itu adalah tmpat berkmpulnya para mkhluk gaib,……………..
    stiap kpal atau pswat yg mlintas pasti hilang secara misterius,mngerikan………..

  77. ini salah satu kekuasaan Allah SWT ..
    smoga aja suatu saat misteri ini dapat terungkap..

  78. mungkin dibawah segitiga bermuda ada magnet terbesar dibumi. semua pesawat dan kapal kan terbuat dari besi jadi pasti tertarik, kompas aja berputar tidak karuan. coba aja kamu ambil kompas dan simpan magnet dibawahnya pasti berputar tidak karuan kalau mau membongkarnya coba layarkan kapal laut dari bahat tak tertarik magnet kalau hilang artinya memang ada alien kalau ada pulang berarti ada magnet dibawah bermuda karna tuhan bisa saja menciptakan mahluk lain selain manusia hewan dan tumbuhan,Tuhan siapa tahu

  79. saya sudah pernah kesana tapi tdak terjadi apa apa///

  80. ooooooooo……………..aq ingin melihat kejadian tersebut….
    & aq ingin masuk kedalam sana…… :P
    wkwkwkw…..
    supaya mengetahui bagaimana…keadaan d sana

  81. oooooooo…………………ceritanya unik banget sih…
    aq ingin out bont k sana…donk bayar berapa ya……??????

    kapan ya aq ingin k sana………..

  82. idihhh takut

  83. [...] Source [...]

  84. [...] Sumber :� http://triy.wordpress.com/2008/09/18/segitiga-bermuda-misteri-di-samudera-atlantik/ [...]

  85. woowww…
    serram sekkalli ea..

  86. jadi pengen nglakun penelitian k cna…sekalin mbuktin secara langsung…:-)

  87. serem banget ya

  88. memng butul itu krna saya pernah kesana dan kembali lgi.,.,.,.
    anda tau mngapa saya kembali.,.,. krnea di segitiga bermuda saya dpat bertmena dgn arwah di segiti bermuda itu.,.,.dan anehnya lagi ternya segitg bermuda itu adalah pusat kota jin.,.,apa bila ada yg tdak sengaja masuk ke wilayah tersebut akan tinggal disna selamanya.,.,.

  89. wowwwwwww
    isinya bagus banget

  90. ceritanya sangat menarik sekali,, tanggapan saya: tidak semua persoalan dapat diselesaikan dengan logika, mgkin ada rahasia di balik rahasia.. Wallohu’alam..

  91. Qu jga prnah dgr info kyak gtu tpi sya pngin bsa mengungkap smua misteri. Klu bsa !. Tpi di blik smua ni psti da hikmax. :-)

  92. baguzz yah,,,sya tertarik dngn artikel ini

  93. gmna klo kta ksna rame2, trus bwa tiker, tenda, gorengan, es teh, kta piknij geh, mantaaaaaaabbb, n jngn lupa psn tiket ma dajal wat jln2 k dunia impian neraka,

    O y ad saran lagi, klo bisa kpal slemnya yng guwedddeeee s kampung naik smua kan uuuyyyyeeeaaaahhhh……… Jngn lupa klo ktmu dajjal d ajak masuk islam, byar sgitiga yng d pake bsa pas gk longgar,…………. Makasil abis walaikum sala wr wb……………………
    Enakeeeee…..

  94. Segitiga bermuda mungkin tempat bagi mereka yg tidak di terima di dunia ataupun di akhirat .

  95. coba dunk gantian kokinya yang dimasak, kalo gugh yang punya resto….
    yang kecil aja bisa bikin kuat apa lagi kalo yang udah gede…

    pasti khasiatnya tambah nuich

  96. aduh

  97. aku masih ingin lebih tau bnyak pa sh sgi tiga bermuda itu….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: