Oleh: triy | Juli 20, 2009

Kopi Luwak : Setumpuk Kotoran Berharga Emas

Luwak

Luwak

Kalau Anda salah seorang penggemar kopi, aneh rasanya kalau belum pernah mendengar kopi luwak. Jenis kopi asli Indonesia ini,  konon merupakan jenis kopi termahal di dunia, bahkan sampai masuk ke Guiness Book of Records. Tidak heran,di pasaran dunia untuk sekilo kopi Luwak, orang harus membayar sekitar 13 juta rupiah. Sadis bukan..? Padahal kalau mendengar tentang proses “pengolahan” kopi Luwak, malah membuat orang jadi berpikir ulang untuk mengkonsumsinya.

Kopi Luwak adalah jenis kopi dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan binatang sejenis musang bernama Luwak (Paradoxurus Hermaphrodirus). Kemasyhuran kopi ini telah terkenal sampai luar negeri. Dengan harga yang tentunya selangit. Saat diterbitkannya artikel ini harga kopi luwak telah mencapai 5 kali lipat dari kopi termahal sebelumnya yaitu kopi dengan brand Blue Mountain dari Jamaica.

Di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (Civet Coffee) dengan harga yang sangat mahal. Kopi yang dikais dari kotoran luwak ini bisa mencapai harga AS$100 per 450 gram di Amerika. Di Hongkong secangkir kopi luwak dapat dibeli dengan harga 300-400 ribu rupiah. Sedangkan di Kota Medan dapat dibeli dalam kemasan 4 ons dengan harga 1,5 juta rupiah. Hanya saja kebenaran kopi yang dijual adalah benar-benar kopi luwak atau bukan, masih dipertentangkan. Khususnya bagi mereka yang mengkonsimsinya di luar Indonesia.

Kemasyhuran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran di Indonesia pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an, di mana saat itu masih banyak terdapat binatang luwak sejenis musang. Binatang luwak senang sekali mencari buah buahan yang cukup baik termasuk buah kopi sebagai makanannya. Biji kopi dari buah kopi yang terbaik yang sangat digemari luwak, setelah dimakan dibuang beserta kotorannya, yang sebelumnya difermentasikan dalam perut luwak.

Habitat Luwak

Luwak yang suka di kopi

Luwak yang suka di kopi

Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan difermentasikan secara alami. Dan menurut keyakinan, rasa kopi luwak ini memang benar benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Beberapa  spesies luwak terdapat di Asia Tenggara, tetapi yang menghasilkan kopi dengan aroma terbaik adalah Luwak Indonesia (Paradoxurus Hermaphrodirus). Species ini berhabitat di Pulau Sumatra dan Jawa.

Secara tradisional petani memungut kotoran luwak di sepanjang Bukit  Barisan dari Padang sampai Lampung , dan dari pegunungan Gayo (Aceh) sampai dengan Bukit Tinggi , serta di lereng Gunung Ijen di Jawa Timur. Di lokasi-lokasi itulah terdapat perkebunan  kopi yang menjadi habitat luwak.

Produksi kopi luwak dari tahun ke tahun semakin merosot , dikarenakan luwak dianggap sebagai hama, atau binatang perusak, karena selain buah kopi,  luwak juga pintar mengkonsumsi buah- buahan yang siap dipanen, seperti : Pisang, Coklat, Pepaya, dan buah segar lainnya. Perilaku yang demikian menjadikan luwak sebagai binatang yang diburu petani.

Pemeliharaan
Harganya yang tinggi membuat orang-orang di Indonesia berusaha mengembangkan usaha kopi luwak dengan cara berternak luwak sekaligus menanam kopi. Hasilnya, timbullah beberapa tempat atau produsen kopi luwak di Sumatera dan Jawa.

Memang tidak gampang dalam memelihara dan mengembangbiakkan binatang luwak tersebut. Dengan pengamatan dan pengalaman dari serangkaian proses percobaan yang panjang, akhirnya binatang tersebut bisa dipelihara dan dikembangbiakkan.

Binatang luwak / musang ( Paradoxurus Hermaphrodirus) termasuk binatang buas (Carnivora ) pemakan daging. Selain itu binatang ini juga menyukai buah – buahan seperti pisang , pepaya , jambu  dan buah kopi.  Karena pemakan daging, binatang ini cenderung berperilaku kanibal bila dikumpulkan dengan luwak yang lebih kecil, karenanya kandang dibuat satu per satu.

Seminggu sekali untuk menambah protein diberi daging ayam dan selama tidak ada buah kopi Luwak diberi makan buah-buahan.  Pada musim kopi , binatang luwak dapat menghabiskan  0,88  –  1,15 Kg kopi glondong per hari.  Buah kopi yang diberikan adalah buah kopi yang masak dan segar. Biji kopi yang dimakan mengalami  proses fermentasi selama +/-12 jam dalam perut luwak yang mengandung berbagai macam enzim. Biji tersebut kemudian keluar bersama kotoran pada proses ekskresi.

Luwak adalah binatang yang suka tinggal di tempat yang bersih. Bahkan ketika membuang kotoranpun luwak memilih tempat yang bersih, misalnya di tanah yang kering, di atas bebatuan, dan di atas batang pohon yang tumbang.  Karenanya, kandang pemeliharaan luwak harus dijaga kebersihannya setiap hari.

Luwak memakan buah kopi  (Cherries). Pada buah kopi yang matang terdapat sejenis aroma yang sangat khas , wangi seperti buah anggur atau buah lechi sehingga disukai oleh luwak. Secara naluri luwak hanya memakan buah kopi yang benar-benar matang  , dan punya aroma khusus.

Buah kopi yang dimakan oleh luwak, diproses melalui sistem pencernaan  dan kemudian dikeluarkan  dalam bentuk kotoran berupa gumpalan memanjang biji kopi yang bercampur lendir.  Kotoran tersebut kemudian diambil biji kopinya, dibersihkan dengan dengan cara mencuci sehingga tersisa biji kopi yang masih utuh. Proses selanjutnya adalah dikeringkan dengan sinar matahari  sehingga menjadi biji kopi luwak.

Proses pengolahan kopi luwak sama dengan pengolahan kopi umumnya. Perbedaannya hanya pada proses giling yang digantikan oleh luwak.  Fermentasi  terjadi di dalam perut luwak. Biji kopi tercampur dengan  enzim – enzim yang ada dalam perut luwak. Suhu dalam perut  yang mencapai >  26O C  membantu proses  fermentasi sempurna.  Kedua keistimewaan  ini menghasilkan aroma dan cita rasa  kopi  luwak   yang enak dan khas  disamping  kelebihan – kelebihan yang lain.

Namun biar bagaimanapun baiknya pengolahan kopi luwak hasil pengembangbiakan, tetap saja orang beranggapan kopi luwak dari hasil fermentasi luwak liar lebih nikmat rasanya. Hingga dipasaran orang cenderung mencari kopi luwak bukan dari peternakan. Meskipun tak jelas kebenarannya.

Kopi luwak telah berulang kali diperlihatkan dalam beberapa film. Misalnya sebuah sinetron hongkong yang menceritakan, perjalanan seseorang dari Indonesia dengan membawa pulang kopi luwak sebagai oleh-oleh bagi rekan kerjanya. Lalu film-film produksi Hollywood yang dibintangi oleh aktor sekelas Jack Nicholson juga pernah mempertontonkan sang aktor meminum kopi luwak.

Hebatnya lagi, kepopuleran kopi asli Indonesia ini sempat menarik minat presenter kelas dunia Oprah Winfrey hingga pada tahun 2003, ia memperkenalkan dan memperagakan cara menyeduh kopi luwak dalam acara reality shownya yang sangat terkenal The Oprah Winfrey Show. Wow,..sebuah prestasi tinggi untuk setumpuk kopi yang keluar dalam bentuk kotoran seekor luwak.
(Sumber:Harian Global)


Responses

  1. Kopi Luwak memang rasa dan aromanya sangat khas. kalau pingin bikin sendiri dan menikmati kopi Luwak sewaktu2 di rumah, beli aja kopinya disini, http://www.aromakopiluwak.wordpress.com

  2. Kalo boleh tau kopi luwak ini berada di kota mana yah?

  3. iam an korea interpreter having many experiences in interprete between korean and indonesia. please call me 085885812300

  4. do you need korea interpreter..? i will help you to explain about your business to korean.i have many experiences in business interpreting and i understand in tehinique, seninar, mining, it computer and so on..
    call me 085 88 58 123 00

  5. CALL ME 085 88 58 12300 IF YOU NEED AN KOREA INTERPRETER, I CAN INTERPRETE BUSINESS, IT COMPUTER, SEMINAR, MINING AND SON,, KAMSA HABNIDA

  6. IAM KOREA INTERPRETER READY TO HELP YOU IN BUSINESS IN INDONESIA. IAM FAMILIAR IN INTERPRETING AND HAVING MANY EXPERIENCES ABOUT TEN YEARS.
    PLEASE CALL 085 88 58 12300

  7. Gw ada kopi luwak..
    bisa bantuin pemasarannya gk???

    • berapa harganya per kilo pak? Dan gimana bisa menghubunginya?

      • aq punya nech 100 kg kopi luwak tapi msh dalam bntuk bijian..berminat gag????

    • saya sdh ada memasarkan secara kecil kecil kopi luwak ke luarnegeri lewat singapore. anda mempunyai kopi luwak asal mana dan produs
      ksi dimana. ternak atau liar ? berapa banyak yang bisa terkumpulkan untuk sebulan ? balas yah

      • aq punya kopi luwak 100 kg tapi msh dalam bentuk bijian..berminat gag???

      • saya memiliki kopi luak asal gayo… asli liar call 085761110951

  8. saya marketing java preanger coffee,,, produksi kopi arabica n luwak ,,, bisa gabung pemasarannya??

    • berapa harganya pak /kg? Serta dimana bisa dihubungi?

      • Good Evening Bro!
        Boleh juga tuh kita sharing, saya punya kapasitas perbulan anatara 10-15kg, sekarang masih dipasarkan di daerah
        Kalo berminat untuk barangnya boleh hubungi saya di 0778-9628850 – barang boleh ambil di kandang atu di Batam

        Saya tunggu keseriusannya!

      • saya ada kopi luak.harga perk kg buat kopi yg sdh bersih Rp. 450.000
        kalo masih sama kotorannya Rp. 400.000/kg
        kalo berminat hub. 087 857 683 000
        fb Rara Zu
        terimahkasih

      • Pak David jualan kopi luwak juga? saya ada barang sedikit, bisa supply 20 kg per bulan.
        sy di 085719227385 Edwin.

        Terima kasih.

  9. saya marketing java preanger coffee jawa barat, produksi kami arabica coffee n luwak.. bisa gabung pemasarannya?

  10. Mau Kopi Kualitas Istimewa??? Disini Jawabannya
    “Rollaas Cafe” Tunjungan Plasa III Lantai LG Telp, 031-5479898/031-5357770. Anda Bisa Menikmati Kopi Luwak yang sudah diseduh ataupun membeli kopi Luwak yang masih dalam bentuk Roasted ataupun bubuk.
    Silahkan datang dan buktikan!!!!!

  11. katanya mw ada fatwa haaaram ya?

  12. saya memiliki banyak luak hasil tangkapan, kalau anda berminat bisa hubungi saya

    • Harganya berapa/ekor dan lokasi dimana?
      Bagaimana menghubungi saudara?

    • klo beli per ekornya berapa, dan ada di daerah mana saya mau beternak di daerah sumedang Jabar bgmna cara mengirimkan nya.

      • bang napi anda masih minat beli luak

    • bisa minta no telpnya egak n bls n harga perekor berapa

    • harga per ekornya berapa, dan tempatnya dimana ?

    • bisa memberikan nomor hp and alamat anda.

    • saya minat membeli, berapa harga perekornya

  13. sorry…kayaknya ada yg salah deh dengan info nya…soal suhu dlm saluran pencernaan luwak…yg bener antara 24 – 26 derajat celcius..

  14. aku kenal sama penjual kopi luwak sumatra, namanya pirdianus ni no hp nya 085273375734

  15. kopi luwak sumatra kopi luwak dataran tinggi

  16. aq pumya kpi luwak nech tapi bingung cara masarinna..bisa ngasih info gag ????hub ja ke 081237100652.thq

  17. Pak Okki di mana sy dapat menghungi….

  18. Saya mulai membudidayakan luwak dari setahun kemarin, Mulai produksi dari bulan mei 2010 dan telah punya stock lebih kurang 20kg, sekarang masih menunggu sertifikat halal dari MUI dan setifikat lainnya dari sucofindo dan depkes, yang insyAllah akan keluar di awal Oktober ini

    Untuk yang berminat boleh menghubungi saya di 0778 9628850 , atau email ke ” abak_raisya@yahoo.com
    Harga bisa Nego, sesuai permintaan dan kesinambungan ….

    Hanya peminat serius yang akan dilayani. Perkiraan kapasitas produksi perbulan antara 10-15 kg

  19. Aku mau tanya nih…dalam menyajikan kopi luwak Lebih enak yang mana?. kopi luwak di tubruk atau pakai mesin kopi macam saeco atau sejenisnya??.Oh ya aku juga ada kopi luwak nih..bisa bantu pasarin nggak??

  20. Kopi luwak memang manthab, jika ingin cari supplier kimia laundry yang manthab kunjungi kami di http://www.deterjenindonesia.com Parfum Laundry, detergen, pelembut softener,dll

  21. harga kopi luwak sumatera murah pak

  22. kopi luwak, barang eksport yang akan membuat indonesia kaya raya.

  23. saya ada punya kurang lebih 4kg kopi luwak, asli liar, bagi yang minat silahkan hub email saya.

  24. saya binggung sebenernya kopi luwak itu halal apa harom sih..???

  25. salam hormat
    saya seorang marketing manager kopi luwak.
    kalaw bisa saya ingin bergabung dengan perusahaan bapak.
    karena saya mencari klien tambahan untuk memasarkan kopi luwak saya ini.
    kopi luwak saya berasal dari sumatra
    meliputi daerah aceh(gayo),mandailing,lintong dan sidikalang.
    saya juga memiliki hasil laboratorium dari luwak pak.
    dan perusahaan kami menjual biji mentah
    1.luwak gayo bar Rp.750.000/kg
    2.luwak gayo lama Rp.700.000/kg
    3.luwak lintong Rp.650.000/kg
    4.luwak mandailing Rp.600.000/kg
    5.luwak sidikalang Rp.550.000/kg
    kami juga menyediakan biji roasted dan bubuk kopi tersebut.
    saya tunggu kabar dan balasan dari bapak.
    thanks
    Rommy
    0818 0870 7849

  26. Hello

    Saya menjual kopi luwak robusta lampung..

    Jika minat, untuk info lebih lengkapnya, silakan lihat di http://www.adsafari.us/adsafari/produk/indonesia/kopi_luwak_lampung

    Atau bisa juga ke http://www.adsafari.us di bagian makanan/minuman, atau email ke adsafari.indo@adsafari.us

    Terima kasih

  27. aku juga lagi coba tuk melihara luwak dan menangkarkannya saat ini luwak yang aku pelihara sudah menghasilkan kopi luwak lho kalau da yang mau beli ko[pi luwak hubungi di alamat ini . rahtawu rt.2/1 gebog kudus krajan ( dengan agus ) hp. 085326779647/08282575125

  28. jual binatang luwak…..
    hub 082111180808 ( gallant )
    lokasi jakarta,tangerang.
    cocok untuk ternak & produksi kopi luwak !

  29. jual binatang luwak…..
    hub 082111180808/ Pin BB :2292c501 ( gallant )
    lokasi jakarta,tangerang.
    cocok untuk ternak & produksi kopi luwak

  30. Nez Agro Indonesia, produsen ASLI KOPI LUWAK LIAR ACEH GAYO ARABICA dan LUWAK TANGKAR TEMANGGUNG ARABICA, Izin DINKES, CERTIFICATE, GARANSI 100% UANG KEMBALI JIKA TIDAK LUWAK ASLI. Merek “PERFECTO” atau Reseller bisa membuat merek sendiri (private label). http://www.pabrikkopi.biz, 081901920003

  31. saya punya kopi luwak dari hutan daerah jember. silahkan hub saya
    di ibra.rita@yahoo.com

  32. saya punya paman.. dia juga memproses kopi luak kecil-kecilan dengan jumlah musang hanya 10 ekor saja… tapi dia tidak tau cara memasarkannya.. selama ini hanya menjual ke bandar-bandar kampung saja… dengan harga yang cukup murah..bagi siapa aja yang berminat bekerja sama untuk memasarkannya.. boleh hubungi No 082120320376

  33. Saya mempunyai kebun kopi arabika d kalosi kab. Enrekang Sulawesi selatan. Saya mau berbeternak luwak. Bagi informasix dong tentang beternak luwak dan d mn bisa mendapatkan si luwakx ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: