Oleh: triy | Juni 9, 2009

Dracula : Legenda Pangeran Pengisap Darah

Pangeran Vampir

Pangeran Vampir

Mendengar nama Dracula, sontak yang terlintas di benak kita sosok vampir yang selalu haus akan darah manusia. Gambaran itu telah merasuk dalam pikiran kita sejak era Bram Stroker dengan novelnya yang berjudul Dracula (1897). Novel legendaris yang mengadopsi kisah nyata seorang pangeran Wallachia (Rumania) bernama Vlad Tapes “Dracula” yang bertarung melawan serbuan kesultanan Ottonam atas wilayahnya (menjelang periode akhir Perang Salib). Inilah kisahnya…

Vlad Tapes “Dracula” (1431-1476) adalah putra dari Vlad II (Vlad Dracul) yang diangkat menjadi anggota Orde Naga oleh Kaisar Romawi. Vlad Dracul adalah orang yang gigih melawan serbuan kesultanan Ottonam atas wilayahnya. Sementara Vlad Tapes Dracula sebaliknya menjadi sosok yang dibenci baik oleh musuhnya maupun oleh rakyatnya sendiri karena kekejamannya. Dracula dilahirkan di Transylvania, Rumania atau dikenal dengan Wallachia Nama Dracula sendiri berarti anak laki-laki Dracul -anak laki-laki naga- (Drac = naga. ull=anak), nama ini merupakan gelar yang diperolehnya karena keanggotaan ayahnya di Orde Naga.

Masa kecil Dracula memang tidak berlangsung lama, diusianya yang ke 11 ia harus menjadi jaminan kesetian ayahnya kepada kesultanan Turki ottoman, ia dan adiknya Randu harus dikirim ke Turki. Setelah perang Verna, terjadi konflik antara Vlad II dan John Hunyadi ( pengganti Sigismund, Raja dari kerajaan Hungaria ) dalam memperebutkan Wallachia, yang berujung pada kematian Vlad II dan Mircea, kakak Dracula. Melihat perubahan politik di Wallachia tersebut, maka sultan Turki ottoman Mehmed II mengirimkan Dracula pulang ke wallachia untuk merebut tahta.

Dracula kembali ke Wallacia dengan di kawal 8000 prajurit Turki ottoman. sesampainya di Tirgoviste ( ibu kota wallachia ) terjadi pertempuran antara pasukan Vlasdisav dengan pasukan Dracula, yang akhirnya di menangkan oleh pasukan Dracula dan menempatkan Dracula sebagai penguasa Wallachia. Setelah berhasil menduduki tahta, Dracula berbalik membantai prajurit Turki ottoman yang tersisa

Selain itu Vlad Tepes juga memiliki sebutan yang menyeramkan Vlad The Impaler  (Vlad si Penyula). Di sebut Penyula karena konon Vlad dikenal sebagai tokoh  yang senang melakukan kekejaman terhadap orang-orang yang tak disukainya. Salah  satu metode penyiksaan yang disukainya adalah dengan menyula (menusuk dari  pantat hingga kepala) hidup-hidup musuh-musuhnya. Diperkirakan ia telah membunuh 40.000 hingga 100.000 orang dengan cara-cara yang kejam.

Keganasan Vlad Tepes yang luarbiasa akhirnya berakhir ketika ia tewas dalam sebuah penyerbuan orang-orang Turki di sebuah kota dekat Buchares. Kepalanya dipisahkan dari  tubuhnya dan dibawa ke Konstantinopel sebagai persembahan kepada Sultan Turki.  Tubuh tanpa kepalanya dikuburkan di Snagov sebuah pulau di Bucharest. Dari sinilah legenda vampire (mahluk penghisap darah) mulai hidup. Konon Vlad Tepes tidak benar-benar mati, ia menjadi mayat hidup, menjadi vampir dan menyebarkan wabah vampir kepada orang-orang yang digigitnya. Kisah ini menjadi legenda. Diceritakan dari generasi ke generasi di kalangan penduduk Balkan yang masih percaya pada takhyul.

Legenda rakyat Balkan itulah yang akhirnya di adopsi oleh Bram Stroker dalam bentuk novel yang berjudul Dracula di tahun 1897. Walau dalam novelnya tak menyebutkan nama Vlad Tepes, namun latar belakang kisah hidup Dracula dalam novelnya mengindikasikan bahwa Vlad Tepes-lah yang diadopsi oleh Stroker untuk menjadi tokoh utama dalam karyanya.

Selain Stroker, buku-buku tentang Dracula terus ditulis orang, mungkin angkanya telah mencapai ribuan buku. Apalagi setelah Hollywod mengkomersilkan lagenda vampir dengan film-filmnya. Konon, hampir 300 film pernah dibuat
berkaitan dengan vampir dan Dracula.

The Historian

Penulis Legendaris Bram Stoker

Penulis Legendaris Bram Stoker

Selain Bram Stroker adapula Elizabeth Kostova yang melakukan riset sejarah mengenai Dracula, dan menuangkan hasil risetnya kedalam sebuah novel sejarah yang dikemas dalam horor-suspense yang memikat, yang diberi judul The Historian (Sang Sejarahwan). Berbeda dengan Darculla-Bram Stoker, Kostova lebih memberikan nuansa sejarah pada novelnya ini, sehingga pembaca tak hanya disuguhkan oleh ketegangan dan kengerian semata, melainkan pembaca juga diajak menyelusuri siapa sebenarnya dibalik sosok Dracula berdasarkan fakta sejarah yang diperoleh Kostova dari risetnya selama 10 tahun.

The Historian ditulis oleh Elizebeth Kostova dengan gaya yang indah dan  Memikat dan menyajikan nuansa yang berbeda. Walau yang menjadi tema utama adalah pencarian sosok Drakula yang menyeramkan, namun tak ada
ketakutan yang berlebihan pada novel ini. Ketegangan dan kemisteriusan menyelimuti seluruh halaman novel ini, dimulai dari ditemukannya buku kosong bergambar naga, kisah kekejaman Vlad Tepes ketika mengeksekusi musuh-musuhnya, vampir yang membuntuti dan menyerang dengan tiba-tiba, hingga sosok drakula dan aktivitasnya yang unik dan tak terduga akan ditemui dalam novel ini.

Selain itu aroma sejarah juga tercium dengan tajam pada novel ini. Dengan  deskripsi sejarah yang diurai secara kronologis dan menarik sehingga tak membosankan, Kostova mengajak pembacanya bertamasya ke abad 15 dimana Dracula pernah hidup dan berjuang melawan serangan tentara Turki dibawah pemerintahan Sultan Mehemd II. Pembaca juga akan diajak berkelana ke tempat-tempat eksotis seperti Oxford, Istanbul, Rumania, Bulgaria, untuk menelusuri buku-buku kuno, mansukrip-manuskrip bersejarah, kisah para santo, puisi kuno, legenda dan
lagu-lagu rakyat yang berkaitan dengan Drakula.

Tengkorak Vampir

Fosil Tengkorak Vampir

Fosil Tengkorak Vampir

Lalu apakah benar setelah kematiannya Vlad Tapes “Dracula” berubah wujud menjadi mahluk penghisap darah..? entahlah. Tetapi paling tidak sebuah peristiwa yang menggemparkan pernah terjadi dan seolah mendukung keberadaan Vlad sebagai mahluk penghisap darah.. Sebuah cerita menjelaskan, Di Venesia (Italia) pada tahun 1576 terjadi satu wabah mematikan yang membuat banyak orang panik. Jutaan orang telah bergelimpangan. Tidak ada satupun orang yang mengetahui apa yang menjadi penyebab wabah mematikan ini. Penjelasan bersifat ”ilmiah” mungkin lebih tepatnya religius pun beredar: bahwa vampir penghisap darah telah menyebarkan wabah epidemi ini.

Dalam literatur terkait peristiwa abad abad ke-16 itu, tepatnya seiring dengan persebaran wabah epidemi tersebut, ada banyak pemakaman massal yang digali untuk mengubur jutaan orang mati yang diduga akibat wabah penyakit yang diduga disebabkan oleh vampir. Karena minimnya lokasi pemakaman, warga kota pun memanfaatkan makam yang sama untuk mengubur jenazah baru secara massal.

Entah benar atau tidak, tetapi baru-baru ini Matteo Borrini, seorang arkeolog dari Universitas Florence di Italia menemukan kerangka seorang perempuan dengan batu bata kecil tersumbat di mulutnya saat menggali sebuah kuburan massal korban wabah penyakit semasa abad pertengahan di Lazzaretto Nuovo Island Venesia.

Borrini menyampaikan temuannya ini dalam sebuah pertemuan America Academy of Forensic Science di Denver Colorado beberapa waktu lalu (Newscientist,9-3-2009). Ia juga mengklaim bahwa temuannya telah diuji secara forensik. Dan ia mempercayai tengkorak  itu mempunyai hubungan dengan penyebaran wabah pada tahun 1576. “Di masa itu, para penggali kubur menyumbat mulut  para vampir dengan batu bata untuk mencegah mereka bisa bangkit dan menghisap darah manusia lagi,”jelas Borrini.

Namun pernyataan Borrini bahwa tengkorak itu adalah bukti pertama di bantah oleh Peer Moore-Jansen dari Universitas Wichita State di Kansas. Peer menyebutkan ia pernah menemukan tengkorak dengan kondisi yang sama dengan temuan Borrini. “ Itu memang cukup menarik, namun apa yang di klaim Borrini sebagai tengkorak vampir pertama adalah lelucon,”kata Peer Moore-Jansen. Borrini sendiri mengatakan, perincian studinya terkait keberadaan kuburan massal ini adalah menunjukkan bukti keberadaan vampire/Dracula. “Tengkorak itu menunjukkan bukti exorcisme (ritual pengusiran setan) vampir secara arkeolog” tutur Borrini.

Jika penuturan Matteo Borrini benar adanya, berarti tengkorak wanita penghisap darah itu adalah salah satu korban wabah vampire yang ditularkan oleh sang pangeran Vlad Tapes Dracula yang melanglang buana hingga ke Italia. Hiii…..

Kastil Dracula
Awal Februari 2007 , situs resmi The Associated Press dalam sebuah kolom beritanya mengabarkan bahwa Puri Bran yang diyakini sebagai tempat kediaman Dracula, dijual seharga 78 juta dolar oleh pewarisnya kepada pemerintah Rumania. Langkah tersebut diambil demi pelestarian tempat legendaris di Transylvania tersebut. Kabarnya lebih dari
400 ribu orang mengunjungi puri itu setiap tahunnya, terutama karena dikaitkan dengan Vlad the Impaler atau Pangeran Dracula.

Vlad bukanlah pemilik puri itu, namun diyakini telah menggunakan tempat itu selama kunjungannya ke Transylvania. Dia juga terkurung di tempat itu selama dua bulan pada tahun 1462 setelah ditangkap olah musuhnya dan dipenggal.(Sumber:Harian Global)

Iklan

Responses

  1. aku pngen banet jda kaya kamu banget

  2. Pas aq buka2 website lain,dracul..adl jendral perang salib,yg dihilangkan jejaknya coz kekejamannya..so,yg bener yg mana??kirim jwb..

    • ya dlam sejarah yang td kan udh disebutin tu,dia dihilangin dan dibunuh dengan cara memisahkan antara tubuh dan kepala yang dikubur disnagov pulau kecil yang berada di Buchares

  3. di sumbar pun ada vampire,..tapi namanya plasik betul nda try

  4. saya sangat suka yg beridentik vampire..
    tapi ada satu yg saya bngungkan,,
    ada gak hubungannya van helsing, vlad tapes, dan werewolf??

    • Saya juga bingung tuh,van helsing kan dari belande tu,yang sivampir dari jaman romawi,tp mgkin juga dia melanglang buana..tapi msih terlintas pertanyaan dlm hati saya tentang hubungan manusia serigala & manusia kelelawar

  5. sangat membantu…thanks yah…

    • sama-sama…. makasih juga udah berkunjung ke blog saya….

  6. saya malah ber angan2 utk mjdi seorng vampire ..
    tp siapa yang mau mrubah saya ???
    saya ingin keluarga Cullen dr film yg sdang mlegit “Twilight Saga” utk mrubah sya dan mengangkatnya mjdi anak mreka ..
    kayaknya asyik yuua jdi anak angkat vampire ..
    hihihihihhihihih ……

    • ide bagus… semga cita-cita anda tercapai…amin….

  7. waaahhhh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    drakula kejam bangeeeeeeeeettt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. wah enak kali ya jadi kayak dracula,nga pusing dengan politik & penyakit & nga tua2,wah asik kali yang pasti , ya ngak? nga tua2,trus bisa dapet istri yang baru terus hahahahahaha enyak enyak enyak,asik asik asik

  9. gara2 aku baca noveL twilight,, aku jd penasaran sm yg namanya vampire, dracula, atw sbgny…
    ada atw gak mereka mash jd prtnyaan bsar dlm dri ku…
    aku hunting infonya dr internet,,,
    eh dpt bLog ini yg isinya tentang dracula……
    thank’s atas infonya…

  10. dracula itu setan yg oaling gw suka !
    bisa jatuh cinta kali gw sma dy 🙂

  11. saya sebagai salah satu cewek di kelas mungkin satu SMP yang paling terobsesi oleh vampire atau dracula.dan saya percaya bahwa mereka kan dtg menemui saya untuk di isap darahnya dan mungkin itu sedikit harapan saya,tp apa mungkin vampire masih ada sampai skrg???kalau ad knp keberadaannya sangat di rahasiakan???saya cuma ingin tau keberadaannya.

    trim’s tas infonya ea…

  12. Q nie orangnya percayaan ma hal yang gitu-gituan… kata orang sich Q terlalu banyak nonton film…. tapi vampire tuch da kan…????
    klo sekarang vampire tuch masih da ga ya…????? klo ada.sekarang da di mana…????kayak gimana…??? kenapa keberadaanya di rahasiakan….?? dan g apa..??? apa mereka tetep bersosialisasi ama manusia kayak yang di film twilight…?????(banyak nanya nie orang….) wachhh Q pengen tau lebih lanjut nich….!!!!!!!!

    • helo banyak banget sih yang kamu tanya gua pusing nih 😦

  13. eh eh ..
    bener gak sii klo drakula ada?
    klo ada pengen banget deh ketemuu <3<3

  14. gak tahu ya apa vampire tuh hanya legenda atau nyata.
    dapat dipastikan bahwa itu nyata.mungkin vampire itu ada tapi tak ketahuan.sapa tahu mereka mau hidup damai dibumi tak menggangu manusia.
    mustahil sih..tapi namanya legenda,tahayul atau apapun tak akan besar dikenal masyarakat bila tak ada sumbenya. mungkin ada saksi hidup hingga turun temurun cerita itu ada.
    so…percaya aja deh

  15. klo vampire/dracula tu mang da brarti kita hrus hti2 donk…
    tpi q pnasaran mreka sperti pa ya???
    apa mreka da d skitar kita?? tpi kta ja yg gx sdar klo mreka da d skitar kita kli ya,,,,
    smenjak aq ska koleksi yg berbau vampire, q jdi mo ktemu mreka,,, sukur2 klo mreka mang da jdi kta msih bisa prcaya klo mreka tu gx fiktif,,,,,,

    thanks ya tuk infor nya,,,n_n

  16. klo d erofa nma a vampire or dracula.klo d indonesia mngkin lbh d kenal dgn kuyang,palasik,leak,dsb.
    pd dasar a mrk adl manusia yg tlh mlakukan perjanjian dgn setan(menjual jiwa a kpd setan).shg mrk hrs minum darah tuk kelangsungan hidup a.da jg yg memakan ari2 bayi yg bru lahir.
    biasa a hal ni d lakukan dgn permohonan yg berbeda2.
    misal a ingin kaya,awet muda,dsb…
    ini saya kutip dr para narasumber.

  17. aq pengen nyoba jdi dracula

  18. sebenarnya semua itu memang ada tp, keberadaan mereka belum di ketahui , mungkin, mereka sedang bersembunyi untuk semenatara waktu atau apa, tp yg jelas mereka belum di ketahui, sebagian besar orang mengatakan mereka sering muncul di daerah kota romawi dan romania, konstantinopel, dan bucharest.??
    hanya itu sebagian yg ku tahu tentang pangeran vlad tepes dracula.??
    yg masih jd pertanyaan saat ini, di mana mereka akankah mereka akan muncul lg dan membalas apa yg telah mereka lakukan pada pengeran nya. (Vlad Tepes “Dracula)??

  19. untuk reverensi aj friend… coba baca buku “HISTORIAN” by Elizhabet kostova.. thu buku bagus banget.. mencerita tentang Dracula – Vlad tepes anak dari dracul..

  20. Vampire itu ma ga da

  21. Saya sekarang percaya bahwa vampire ada,tapi dari mana penyakit porhyria yang menyebabkan haus akan darah????

  22. serem ah ma vampir

  23. entah sejarah itu bener atau tidak…
    lihat komen2 diatas banyak yg pengen jadi vampire
    kalo aku pengennya jadi sapiderman aja….
    =))ωªªkªª =)) ☺ =))ωªªkªª=)) ☺ =))ωªªkªª =))ωªªkªª =)) ☺ =))ωªªkªª=)) ☺ =))ωªªkªª åðµħ… åðµħ… Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚

  24. aku pgn nanya, kok vampir mangsanya cewek2 cantik sich??? ap vampir ny genit???heeee

  25. aduh klu vampir nya kayak robert pattinson di twiligt saga ya oke juga because sama sekali jauh dari seraaaaam….malah bikin aku sampai penasara buanget. tp g tau lagi klu liat vampir yg asli. ogah ah mending bayangin vampir tampan edward cullen….

  26. hmm kalian kenapa mau jadi vampir ?
    memangnya kalian tidak tau . vampir itu iblis yg bener2 d.benci tuhan . emg.a kalian mau menjdi sperti mereka dan d.benci oleh tuhan yg maha kuasa?

  27. Vampire atau hantu itu tdk ada,semua hanya tipuan jin yg menyerupai hal2 yg menyeramkan.Jgn sampe ketipu film atau novel2 yg nggak jelas asal muasal ceritanya.

  28. Permisi.. mau ngelurusin aja nih. Sebenernya, Bran Castle atau Puri Bran cuma buat atraksi turis aja.. Bran castle emang jadi terkenal gara2 Bram Stoker, namun sebenarnya Poenari Castle lah yang dimaksudnya sebagai “kastil drakula”, bukannya Puri Bran. Bram Stoker rupanya tak tahu jika nama kastil itu adalah “Poenari”, bukan “Bran” (salah nama dong..)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: