Oleh: triy | Januari 28, 2009

Ilmuwan Ingin Menguak Rahasia Galileo Melalui Tes DNA

Galileo

Galileo

Para ilmuwan dari Italia dan Inggris kini tengah melakukan serangkaian tes DNA terhadap Bapak Astronomi Galileo Galilei guna memastikan masalah penglihatannya yang parah dikaitkan dengan sejumlah penemuannya, demikian yang dilaporkan Xinhua, Jumat (23/1).

Para ilmuwan mengatakan, serangkaian tes itu diharapkan akan membantu menjawab sejumlah pertanyaan seputar kesehatan astronom ini. “Jika kita tahu pasti dia mengalami masalah dengan penglihatan, kita bisa menggunakan model-model komputer untuk menciptakan kembali apa yang telah dia lihat melalui teleskopnya,” jelas Paolo Galluzzi, direktur Museum Sejarah Sains di Florence, kota di mana Galileo dimakamkan.

Galileo (1564-1642) diketahui mengalami masalah dengan matanya selama hampir setengah hidupnya dan menderita kebutaan total selama dua tahun terakhir menjelang kematiannya. Galluzzi menyatakan salah satu “keselahan” yang Galileo buat adalah keyakinan bahwa Saturnus tidak bulat penuh, namun tidak beraturan dengan sisi yang tidak bulat.

Dengan teleskop berkekuatan 20 power dan dengan pandangan mata yang buruk, Galileo kemungkinan membuat kesalahan soal cincin gas Saturnus yang menduga bahwa ia terbentuk dari salah satu planet dengan dua bulan sebagai satelitnya. Galluzzi menambahkan dia tengah menunggu izin dari pihak gereja untuk bisa menggali makam Galileo dan mengambil samplenya.(Sumber:global)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: