Oleh: triy | Januari 26, 2009

Asteroid Unik ‘Bergantungan’ Pada Bumi

Asteroid

Asteroid

Sebuah asteroid berukuran setara rumah penduduk terlihat selalu mengikuti perputaran bumi. Untungnya, jaraknya dan ukuran asteroid tersebut disinyalir tidak berbahaya.

Meskipun ukurannya cukup kecil dan jaraknya hanya dua kali dari jarak bulan ke bumi, pihak NASA menemukan aasteroid tersebut terus menerus bergantungan dengan bumi. Asteroid tersebut, yang dalam daftar disebut sebagai 2009 BD merupakan sebuah asteroid yang aneh.

“Kami menyebutnya sebagai asteroid co-orbit ‘yang selalu menemani bumi layaknya matahari’,” ujar para astronom melalui situs resmi SpaceWeather, Senin (26/1/2009).

Ini bukanlah asteroid pertama yang ‘menempel’ pada bumi. Sebelumnya, pada tahun 1999, sebuah asteroid co-orbital ditemukan dengan nama 2003 YN107. Asteroid tersebut selalu mengikuti gerak bumi hingga akhirnya terlepas pada tahun lalu.

Belum lagi sebuah asteroid dengan nama 2002 AA29 yang pernah muncul dan sempat disebut-sebut sebagai planet bulan ke dua.Batu asteroid 2009 BD diprediksi memiliki diameter 10 meter dengan jarak sekira 644.000 kilometer dari bumi. Diprediksi, pada tahun 2010 asteroid tersebut akan terlepas dengan jarak akhir 9,3 juta mil dari bumi.(Sumber:oz)

Iklan

Responses

  1. jangan jatuh di atap rumah ku aja syukur….

  2. jangan” jatuh cinta ma miss. bulan jadi ngikut ngorbit ya :lo:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: