Oleh: triy | Januari 18, 2009

MIT Pecahkan Misteri Mematikan 1918

Korban Virus H1N1

Korban Virus H1N1

Peneliti MIT berhasil mendapatkan penjelasan, mengapa mutasi virus unggas H1N1 bisa menjangkiti manusia saat pendemik terjadi pada 1918. Wabah ini menyebabkan korban tewas 50 juta orang, jumlah yang lebih banyak dari korban perang dunia I.

Pandemik 1918 yang dikenal sebagai flu Spanyol, merupakan wabah influenza yang bermula di AS, Afrika Barat dan Prancis. Setelah itu menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia dalam tiga gelombang dari Maret 1918 hingga Juni 1920, menyebar hingga Artik dan kepulauan Pasifik yang terpencil.

Kematian mengikuti gejala yang tidak umum, dan disebabkan subtype H1N1 virus Influenza A yang mematikan. Penyebaran virus menyerang orang tua atau pasien yang lemah. Flu Spanyol juga menyerang anak muda yang sehat, dan menyebabkan tingkat infeksi naik 50%.

Penyakit ini pertama ditemukan di Fort Riley, New York pada 1918. Pada Agustus 1918, strain serupa secara serempak muncul di Prancis, Afrika Barat, Sierra Leone. Negara sekutu di perang dunia I menyebut sebagai Flu Spanyol karena makin mendapat perhatian pers setelah wabah itu berpindah dari Prancis ke Spanyol pada November 1918.

Tim MIT menyebut, strain influenza 1918 membentuk dua mutasi di atas molekul yang disebut hemagglutinin (HA). Kemudian melekat pada organ pernafasan manusia bagian atas.

“Dua mutasi secara dramatis mengubah HA receptor yang terdapat di organ manusia bagian atas,” kata Ram Sasisekharan, Professor di MIT.

Pada Januari, Sasisekharan dan koleganya melaporkan di Nature Biotechnology, virus flu hanya dapat menyerang sel pernafasan jika cocok dengan bentuk receptor gula yang ditemukan di sel.(sumber:ic)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: