Oleh: triy | Januari 15, 2009

Ponsel Tidak Terbukti Sebabkan Kanker

Lagi menelepon

Lagi menelepon

Penggunaan telepon genggam ternyata tidak terbukti dapat menyebabkan kanker, setidaknya jenis kanker bernama Melanoma, yang menimpa mata.

Pernyataan ini dilontarkan peneliti Jerman setelah melakukan penelitian dengan melibatkan sekira 1.600 pengguna ponsel. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa tidak ada hubungan yang terkait antara lama waktu penggunaan ponsel dengan kanker melanoma mata.

Penemuan ini juga menepis penelitian sebelumnya yang menyatakan keterlibatan ponsel dalam menumbuhkembangkan penyakit kanker melanoma mata.

Melanoma mata merupakan penyakit yang sulit disembuhkan dan penyebarannya sangat cepat. Kanker ini menyebar di sel-sel tubuh yang menghasilkan pigmen melanin karena pigmen inilah yang berkontribusi terhadap warna kulit manusia. Pigmen melanin juga terdapat di bagian mata. Kanker jenis ini dinamakan uveal melanoma.

“Tidak ada hubungannya penggunaan ponsel dengan kanker melanoma. Bahkan sebuah frekuensi gelombang radio yang dipancarkan pun belum tentu memunculkan kanker dalam tubuh manusia,” ujar Universitas Martin Luther Jerman Dr Andreas Stang, seperti dikutip melalui Reuters, Rabu (14/1/2009).(Sumber:oz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: