Oleh: triy | Januari 4, 2009

Senyum Bulan Akan Datang Lagi. Tapi…Tahun 2052 Nanti. Aku Masih Hidup Nggak Yah….

Beruntung Deh, Aku kemarin melihatmu

Beruntung Deh, Aku kemarin melihatmu

Perayaan Thanksgiving yang diyakini sebagai momen yang tepat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan anggota keluarga, ternyata dilakoni pula oleh benda-benda angkasa.

Pada pekan Thanksgiving tahun ini ditemukan tiga objek angkasa yaitu planet Venus, Jupiter, dan bulan sabit, yang berkumpul menjadi satu dan terletak berdekatan.

Kontan saja fenomena langka tersebut dianggap sebagai sebuah kejadian yang tak biasa. Menurut pengamatan senior editor dari majalah Sky and Telescope, Alan MacRobert, kejadian tersebut bermula pada hari Minggu dan Senin, menjelang malam Thanksgiving yang jatuh pada tanggal 4 November silam.

Saat itu terlihat planet Jupiter dan Venus mulai bergerak mendekat dengan jarak menurut pandangan sekitar dua derajat. Kemudian, pada Senin malam kedua planet yang sudah terlihat ‘akrab’ tersebut, ‘diramaikan’ oleh kedatangan sebentuk bulan sabit yang ‘turut bergabung’ tepat di sebelah kedua planet. Fenomena alam tersebut bisa dilihat dengan jelas pada malam hari menggunakan mata telanjang, tanpa memerlukan alat bantuan seperti teleskop atau binokular.

“Peristiwa ini sangat menarik dan merupakan sebuah kebetulan yang tak biasa bagi bulan sabit karena bisa berada berdekatan dengan planet Jupiter dan Venus,” terang MacRobert, seperti diberitakan di USA Today.

Pada saat peristiwa itu berlangsung, bulan menjadi objek yang paling terang bersinar, sekaligus terkecil dan terdekat dengan bumi berjarak 252 000 mil. Sementara Venus berada di urutan kedua dengan jarak 94 juta dari bumi, dan yang terakhir adalah Jupiter dengan jarak 540 juta mil.

Sebenarnya ketiga benda langit tersebut seringkali datang bersamaan, namun seringnya terlalu dekat dengan matahari atau berdekatan namun tak terlihat. Menurut prediksi direktur Miami Space Transit Planetarium, Jack Horkheimer, ketiganya akan ‘bertemu’ kembali pada tanggal 18 November 2052.

Sedangkan bagi yang tak sabar ingin segera menyaksikan momen tersebut, McRobert menjajikan Venus dan bulan sabit akan muncul bertepatan dengan perayaan Tahun Baru 2009.(Sumber:ic)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: