Oleh: triy | Januari 4, 2009

Peneliti Polandia Ungkap Wajah Copernicus

Nicolaus Copernicus

Nicolaus Copernicus

Peneliti Polandia mengungkapkan telah berhasil mengidentifikasi wajah lengkap astronom abad 16, Nicolaus Copernicus.

Wajah astronom yang dikenal dengan teori Heliosentris itu diungkap peneliti melalui identifikasi DNA dari rambut untuk melengkapi temuan tengkorak kepala yang dikubur di Katedral Katolik Roma di Frombork, Polandia tahun 2005 silam.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (21/11/2008), arkeolog Polandia, Jerzy Gassowski menyatakan rekonstruksi forensik wajah Copernicus berusaha untuk mengungkap bentuk wajah aslinya, karena tengkorak kepala yang ditemukan tahun 2005 tidak utuh. Sebelumnya peneliti kesulitan untuk mengungkap bentuk wajah asli Copernicus, karena tengkorak kepala tidak memiliki dagu dan tidak lengkap.

“Dalam pandangan kami, usaha ini telah membawa kita pada penemuan Copernicus, meskipun masih ada beberapa hal yang masih diragukan,” kata Gassowski.

Menurut ilmuwan, tengkorak Copernicus yang ditemukan tahun 2005 itu dideteksi berusia 70 tahun, sesuai dengan usia saat Copernicus meninggal di tahun 1543. Sayangnya, rekonstruksi belum mampu menunjukkan wajah lengkap Copernicus, terutama bentuk hidung dan dagu. Kemudian, para ilmuwan akhirnya mengidentifikasi DNA melalui rambut yang didapatkan dari buku pribadi Copernicus, serta tengkorak tulang belakang, gigi dan tulang paha yang didapat melalui kuburan Copernicus yang berlokasi di samping altar katedral. Elemen-elemen dalam tubuh Copernicus itupun akhirnya melengkapi proses rekonstruksi wajah.

Nicolaus Copernicus merupakan astronom, matematikawan, ekonom berkebangsaan Polandia yang lahir di Toru, 19 Februari 1473 wafat di Frombork, 24 Mei 1543.

Copernicus mengembangkan teori heliosentrisme yang mengemukakan bahwa matahari merupakan pusat tata surya. Teori ini sempat menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan dan komunitas Katolik. Namun teori ini terbukti bermanfaat bagi dunia sains karena tata surya diungkapkan dalam bentuk yang lebih rinci.(Sumber:oz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: