Oleh: triy | Januari 4, 2009

Mumi 3500 Tahun Terserang Malaria

Mumi kena malaria

Mumi kena malaria

Dua mumi asal mesir yang berusia 3500 tahun diprediksi meninggal akibat terserang wabah malaria. Berdasarkan studi DNA pada mumi tersebut diketahui bahwa wabah malaria telah menjangkiti mesir kuno sejak ribuan tahun silam.

Seperti dilansir Discovery, Senin (27/10/2008) seorang ahli patologi, Andreas Nerlich dan koleganya dari Academic Teaching Hospital, Muenchen, Jerman meneliti sekira 91 sampel tulang mumi mesir yang berasal dari 3500 hingga 500 tahun sebelum masehi.

Penelitian yang menggunakan teknik biologi molekular tersebut menemukan dua mumi terserang parasit malaria, Plasmodium falciparum.

“Sekarang kami dapat memastikan jika wabah malaria telah menjangkiti masyarakat Mesir kuno. Spekulasi semacam itu sebenarnya telah diungkapkan dalam cerita yang ditulis sejarawan Yunani, Herodotus dan sejumlah fakta yang termuat dalam lembaran-lembaran papyrus,”kata Nerlich.

“Kami menemukan kedua mumi berasal dari dua wilayah yang berbeda, namun masih berada di dekat wilayah barat Thebes dan berasal dari kelas sosial yang tinggi,” kata Nerlich. Penelitian ini juga menunjukkan mumi tersebut meninggal pada saat keduanya berusia 20 sampai 30 tahun.

Malaria dapat disebabkan empat jenis keluarga Plasmodium, Falciparum, malaria, ovale dan vivax. Plasmodium tersebut menginfeksi manusia melalui perantara nyamuk Anopheles. Dari keempat jenis plasmodium, jenis falciparum merupakan jenis yang sangat mematikan.

Sebelumnya, memang telah ada sebuah penelitian yang menyatakan malaria telah menjangkiti masyarakat kuno selain Mesir, Yunani. Laporan Hipocrates merupakan laporan klinis pertama tentang wabah Malaria tahun 400 SM.(Sumber:oz)


Responses

  1. untung ada Fansidar dan obat malaria lainnya kalo tidak, yang kena malaria pasti dijadikan mummi semua hihihihihih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: