Oleh: triy | Januari 4, 2009

Lebah Bisa Menghitung Hingga Empat

Lebah

Lebah

Bukan hanya manusia yang bisa belajar menghitung, namun juga lebah. Hal ini ditegaskan oleh tim peneliti dari University of Queensland yang yakin bahwa lebah bisa menghitung hingga hitungan keempat.

Seperti diberitakan di Australian Broadcasting Corporation, Senin (10/11/2008), sekumpulan ilmuwan tersebut berani mengklaim setelah melakukan uji coba dengan cara menempatkan lebah ke dalam sebuah terowongan yang diberi tanda dengan menaruh makanan di suatu titik. Berdasarkan pengamatan mereka, lebah akan tetap terbang ke titik yang sama walaupun makanan sudah dipindahkan.

“Kami menemukan bahwa bila kami melatih mereka untuk menelusuri jalur yang sama sebanyak tiga kali, maka lebah tersebut akan melakukan seperti yang sudah diajarkan. Begitu juga bila kami melatih mereka untuk mengitari sebanyak empat kali. Namun tampaknya kemampuan mereka hanya sampai di hitungan keempat,” papar salah seorang peneliti, Mandyam Srinivasan.

Dengan terkuaknya keahlian lebah yang sebelumnya tidak pernah diketahui, maka lebah berhak dianggap sebagai hewan dengan level kepintaran yang lebih baik dibanding hewan-hewan serangga pada umumnya.

“Semakin sering kami mengamati lebah, maka kami semakin yakin bahwa makhluk hidup yang satu ini mempunyai ukuran otak sebesar biji wijen. Hal itulah yang membuat logis adanya kapasitas humanisme yang mereka punya,” terang Srinivasan lagi.

Sebagai informasi, selain mengangkat nama Srinivasan sebagai peneliti yang berhasil menguak kepintaran tersembunyi lebah ini, mencuat juga nama seorang ilmuwan asal Swedia bernama Marie Dacke.(Sumber:oz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: