Oleh: triy | Januari 2, 2009

Berkat Google Earth, “Dunia yang Hilang” Ditemukan

Google earth

Google earth

Jika di beberapa negara ,Google Earth ditolak keberadaannya karena dianggap merugikan, justru oleh para ilmuwan peta digital tersebut sangat membantu mereka menjangkau daerah pedalaman yang sama sekali belum terjamah manusia.

Sekelompok tim ahli yang terdiri dari 28 ilmuwan dari Inggris, Mozambique, Malawi, Switzerland dan Tanzania berhasil menguak “Dunia yang Hilang” di jantung Mozambique berkat bantuan Google Earth tepatnya di Gunung Mabu seluas 27 mil persegi di Mozambique yang ternyata selama ini kaya akan berbagai ragam spesies baru.

Daerah pegunungan di negara Mozambik Utara yang berada di kawasan Selatan Afrika, selama ini sangat sulit dijamah oleh para ilmuwan. Alasannya, selain daerahnya yang masih rawan dan penuh dengan rintangan, negara tersebut juga masih dilanda perang saudara.

Dengan menggunakan peta yang disediakan oleh Google Earth, mereka memetakan sejumlah kawasan di daerah pengunungan Mozambik tersebut. Setelah berhasil mengumpulkan bahan yang cukup dari Google Earth itu, ekspedisi oleh ilmuwan Inggris yang berasal dari Royal Botanic Garden itu pun dilakukan.

Di sekitar Gunung Mabu mereka terperanjat bahwa di kawasan itu kaya akan berbagai spesies yang belum terungkap termasuk bunglon pygmy, burung Swynnerton dan sejumlah kupu-kupu Small Striped Swordtail dan Emperor Swallowtail. Selain itu ditemukan juga ular raksasa, termasuk gaboon viper dan anggrek yang belum pernah dilihat. Mereka membawa pulang ratusan contoh spesies baru tersebut.

Jonathan Timberlake, pemimpin ekspedisi ini mengaku sangat terperanjat akan kekayaan satwa liar yang mereka temukan di antara pepohonan setinggi 150 kaki di “surga dunia” itu yang mereka ketahui keberadaannya sejak tahun 2005.

Iklan

Responses

  1. google earth sangat membantu dalam ilmu pembangunan wilayah kota yang saya sedang jalani sekarang

  2. bagus

  3. dengan adanya google pelajar bisa mengerjakan tugas dari guru dengan cepat

  4. semakin banyak pengetahuan akan semakin banyak kesusahan!

  5. lepas celana dalammu, duduk diatasku, rasakan dan nikmatilah sepuasmu !! Dari yang amat mencintaimu, Toilet
    Kalau ada yg bilang kamu jelek, sabar aja. Kalau ada yang bilang kamu bego, Cuekin aja. Kalau ada yang bilang kamu dungu, Cool aja. Tapi kalau ada yang bilang kamu cakep, Tampar aja karna itu FITNAH
    Jinak-jinak burung merpati, lebih jinak burung sendiri. Burung merpati dikejar lari, burung sendiri dipegang BERDIRI
    Tiap malam kau gerayangi aku dengan bibirmu, kau hisap puas tubuhku, kau berikan eranganmu ditelingaku dan setelah puas kau tinggalkan aku. Dasar nyamuk sialan!
    Puisi untuk diri sendiri : Buah semangka buah duren, Ngga nyangka gua keren. Buah semangka buah manggis, Ngga nyangka gua manis. Ada gula ada semut, ih gila.. gua imut !!

  6. WELCOME TO THE MUSIC FACEBOOK PROFILE NEWS FROM ARTISTS AND ENTERTAINMENT PEOPLE LIKE YOU AND ME WORLD WIDE. THE WORLD IS FULL OF GOOD MUSIC YOU JUST HAVE TO FIND IT! WISHING YOU THE BEST IN YOUR WORK AND PASSIONS LIVE TO LOVE AND LOVE TO LIVE AND MUSIC ALWAYS MUSIC!

  7. aku mau lihat globe

  8. salut untuk google earth, kita bisa menyaingi pentagon nantinya…..

  9. saya sangat teruja dapat melihat kota malang jawa timur,biarpun berada jauh di malaysia dengan google earth.

    • Mantap

  10. setuja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: