Oleh: triy | Desember 22, 2008

Inilah Wajah Cleopatra Sebenarnya

Mulai dari aktris Elizabeth Taylor hingga Sophia Loren, muncullah berbagai ragam wajah Cleopatra sehingga menjadi icon dunia. Akan tetapi pakar Egyptolog Sally Ann Ashton meyakini hasil rekaan komputer 3D menguak wajah sang ratu Mesir yang terkenal akan kecantikannya itu. Demikian yang dilaporkan Daily Mail, Selasa (16/12).

Hasil rekaan tersebut diperoleh dari potongan-potongan gambar yang terdapat di sejumlah artefak kuno termasuk sebuah cincin di masa pemerintahan Cleopatra, 2.000 tahun silam. Untuk mencapai hasil yang maksimum, diperlukan waktu beberapa tahun penelitian.

Hasil upaya para ilmuwan menguak tampilan wajah seorang wanita muda etnis campuran yang cantik, jauh berbeda dengan versi Barat yang putih mulus sebagaimana yang digambarkan melalui aktris Elizabeth Taylor dalam film Cleopatra tahun 1961.

Dr Ashton dari Universitas Cambridge mengungkapkan hasil rekaan tersebut akan disiarkan sebagai bagian dari lima dokumentaris seputar Cleopatra yang mencerminkan warisan monarki Yunani dan juga Kekaisaran Mesir. “Cleopatra bukanlah sosok wanita yang utuh keturunan Eropa. Kita harus ingat bahwa kerluarganya berasal dari mesir selama 300 tahun di saat dia berkuasa,” jelas Ashton.

Wajah asli sang ratu ini sudah menjadi bahan perdebatan di antara para ilmuwan. Dalam Antony and Cleopatra buah karya Shakespeare disebutkan hanya wanita muda yang cantik dan diyakini dia berbadan pendek dengan deretan gigi yang kurang bagus. Contoh lain, pada sebuah koin perak yang dipamerkan di Museum Sefton di Universitas Newcastle tahun lalu menampilkan dirinya memiliki kening yang pendek, dagu runcing, bibir tipis dan hidung mancung.

Cleopatra lahir di Alexandra tahun 69 SM di masa Dinasti Macedonia Yunani yang pernah memimpin Mesir selama tiga abad. Dia naik tahta di usia 17 tahun dan tiga tahun kemudian dia berhubungan dengan Julius Caesar dan melahirkan seorang putra, Caesarion. Usai Caesar terbunuh, dia berhubungan dengan Mark Antony sebelum akhirnya melakukan bunuh diri yang menurut legenda dengan menggunakan bisa ular asp di payu daranya.


Responses

  1. kok ga ada contoh gambarnya cie……….?????!

  2. Photonya mana nih ….😦

  3. yah, gak ada photo gak asyik

  4. yaaah,,, pdhl yg plg bkn pnsran tuh wjah cleopatra!,,,

  5. badake nuw g enek gambare mrongos

  6. aq kn pengen liat wajah aslix cleopatra tp photox kok gk da sich……….aq kirain ada…………..sedih dechhh…..😦😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: