Oleh: triy | Oktober 26, 2008

Kadal “Tak Berkaki” Akhirnya Diberi Nama

Spesies reptil asal Brasil tak berkaki yang baru-baru ini ditemukan oleh sebuah tim ekspedisi akhirnya diberi nama dengan nama “Bachia oxyrhina”.

Spesies reptil bertubuh panjang dengan ekor melengkung ini hanya memiliki kaki yang sangat pendek yang sepertinya sama sekali tidak berfungsi layaknya kaki biasa, jelas para ahli.

Kadal ini ditemukan pada Januari lalu di senteral Cerrado, Brazil, sebuah hutan savanna kayu yang berubah menjadi peternakan dan ladang jagung berdekatan dengan hutan Amazon.

Dari 14 spesies baru yang ditemukan selama ekspedisi, Bachia adalah spesies pertama yang mendapatkan nama resminya. Namanya diambil dari kata Latin “oxy” yang berarti “tajam” dan “rhino” yang berarti “hidung”. Bachia oxyrhina ini menggunakan hidungnya yang menjulur ke depan untuk mengendus serangga-serangga kecil dan semut sebagai mangsanya di tanah berpasir.

“Semua informasi ini sangat penting bagi peerkembangan berbagai strategi konservasi yang memadai,” kata pemimpin ekspedisi Cristiano Nogueira dan pakar biologi di Conservation International.

Ditambahkannhya, “Sangat sulit mengamati spesies manapun di sebuah kawasan jika kita tidak mengenalnya.”

Sebagaimana kita ketahui, kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil. Secara luas, pengertian kadal atau kerabat kadal (bahasa Inggris: lizards) juga mencakup kelompok cecak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain. Sedangkan secara sempit, istilah kadal dalam bahasa Indonesia biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah.

Spesies yang baru mendapatkan namanya ini sudah diuraikan di edisi September dalam jurnal Zootaxa.

Sumber | Global

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: