Oleh: triy | Oktober 10, 2008

China Umumkan Pria dan Wanita Tertuanya

Untuk pertama kalinya daftar 10 pria dan wanita tertua di China diumumkan oleh China Gerontology Association, Senin menjelang Hari Para Lansia.

Diumumkan Sadiq Sawut dari daerah otonomi Xinjiang Uygur berusia 121 tahun berada di tempat teratas sebagai pria tertua, sementara Maihefu Zihan dari daerah yang sama dinobatkan sebagai wanita tertua di usianya yang ke-118.

Daerah Xinjiang diakui memiliki penduduk centenarian dengan 1.413 orang yang berusia 100 tahun lebih atau 73 di setiap 1 juta orang. Sedangkan China memiliki sekitar 23 dalam 1 juta orang.

Metropolitan Morning Post yang berbasis di Urumqi, melaporkan bawah ketika Zihan mendengar berita tersebut, dia berhenti makan dan lantas mengancungkan jempolnya. Sementara itu, putranya Maierdan mengungkapkan ibunya gemar berbicara bahkan bahkan bersama cicitnya yang berusia 18 bulan. Makanan kegemarannya adalah daging sapi, pisang dan biji-bijian bunga matahari, tambah suratkabar itu.

Pihak pengelola rating ini mengatakan, dengan usia rata-rata 117 tahun, 10 manusia tertua di China ini pernah menjalani hidup di abad ke-19, 20 dan 21 sehingga membuat mereka menjadi saksi sejarah perubahan China.

Dari Juli lalu, lembaga ini telah mengumpulkan daftar 272 warga lansia yang berkisar usianya 100 tahun lebih dan menyusunnya menjadi daftar 10 wanita tertua dan 10 pria tertua. Ketua lembaga ini, Li Bengong mengatakan pikiran yang tenang, keluarga yang harmonis dan lingkungan yang baik adalah kunci hidup panjang.

Kini China memiliki 153 juta orang yang berusia di atas 60 tahun, 11 persen dari total penduduknya. Namun, meningkatnya jumlah warga lansia menjadi tantangan bagi masyarakat guna mendukung finansial dan fasilitas lainnya yang terbatas bagi para lansia.

Sumber | Global

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: