Oleh: triy | Oktober 5, 2008

24 Tahun… Makasih Semuanya

Tepat 5 Oktober 1984 lalu, dengan cucuran keringat dan hembusan nafas yang masih terengah-engah aku hadir di dunia nyata. 9 bulan aku lalu di dunia yang penuh dengan kegelapan. Alhamdulillah pada tanggal dan tahun itu, aku pun tercatat sebagai salah satu penghuni dunia.

Selang beberapa hari kemudian, ayah dan bunda pun memberikan mendaftarkan aku sebagai warga negara republik indonesia. Mengantongi akte kelahiran yang diterbitkan di sebuah kecamatan kecil di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur akupun resmi menyandang predikat sebagai warga negara indonesia.

Waktu terus berlalu. Kenangan demi kenangan kulalui. Dan tepat pada hari Minggu ini, tanggal 5 Oktober 2008 aku menggapai usia yang sudah tidak bisa dibilang anak-anak lagi. 24 tahun. Yup 24 tahun. Usia yang tidak anak-anak lagi tentunya. Ibarat sebuah jalan yang terbentang dengan sekeliling pepohonan dan semak-semak belukar, usia 24 tahun adalah jembatannya.

Jembatan menuju sambungan jalan yang terbelah oleh sungai. Mampukah aku melewatinya. Aku yakin bisa. Karena memang tidak ada jalan lain untuk tidak mengatakan tidak bagiku. Semuanya ada di depan mata. Mau tak aku pun harus melaluinya.

Kerikil masih tetap ada. Hambatan juga tak akan pernah lenyap. Karena itu adalah bagian dari proses. Syukurlah jembatan yang aku lalui jalannya cukup bagus, meski agak licin. Namun kendali atau rem yang aku punya masih tetap kuat. Walau selama ini aku masih banyak kekurangan, cakram dalam rem yang ada dalam diriku masih berfungsi dengan baik. Jalur licin pun dapat kulewati dengan baik. Alhamdulillah.

Satu kebahagiaan bagiku. 24 tahun dapat kulalui, nggak tahu apakah tahun depan aku masih bisa bernafas seperti sekarang ini. Karena hanya DIA yang punya. Aku Cuma hanya bisa berdoa dan berusaha. Semoga.

Sabtu kemarin, 5 Oktober memang belum menyapa hari-hariku. Tapi, bersyukur kan tidak harus menunggu. Akupun mencoba untuk bisa membagi syukurku dengan kawan-kawan sekalian. Banyak sekali kegembiraan yang aku alami selama ini. Kadang syukur terlewat secara tak sengaja.

Menjadi awal yang baik, tatkala aku bisa melalui hari pertamaku menginjakkan usia yang 24 tahun. Aku percaya bahwa kita di dunia ini saudara. Tak salah jika Tuhan menciptakan manusia untuk saling berbagi kasih. Ya, manusia adalah mahluk sosial.

Luar biasa… satu ungkapan yang selalu kutanamkan dalam benak hatiku yang dalam. Dua kata yang menurut Tung Dasem Waringin bisa merubah segalanya. Benar, dan akupun benar-benar merasakannya. Luar biasa…

Di luar pihak keluarga yang memang selalu mendukungku selama ini. Keberadaan kawan-kawan dekatku benar-benar membuatku surprise. Nggak tahu aku harus bilang ketika kalian memberikan aku sebuah kue ulangtahun. Tapi, terimakasih semuanya. Engkau adalah kawan-kawan terbaikku.

2 tahun aku jalani bersama dengan kalian di Jurusan Ilmu Komunikasi Ekstension FISIP USU adalah bagian yang ketika tanggal 5 Oktober 1984 silam tak pernah terbayangkan dalam benakku. Jangankan bisa bercanda dan bergurau, mengenal kalian saja tak pernah terbayang dalam pikiranku. Sekali lagi luarbiasa… semuanya memang butuh proses.

Terus terang nggak tahu aku harus bilang apa. Bukan apa-apa, aku juga nggak tahu. kenapa akhir-akhir ini setiap mau ngomong dan disitu ada tasya, seseorang yang aku jadikan inspirasiku. Mulutku tertutup dan sangat susah untuk terucap. Bahkan, sejak beberapa bulan ini aku sepertinya kehabisan kata-kata jika harus ngomong di depannya. Jiwa jurnalistikku bahkan nyaris lumpuh, jika aku harus berhadapan denganmu sya. Sorot matamu menjadi sebuah jawaban, yang membuatku nggak tahu harus bertanya apalagi denganmu. Ups… terlalu jauh ceritanya.

Tapi, aku juga ngucapin terimakasih sama kawan-kawan lain. Sekali lagi semuanya butuh proses dan luar biasa…


Tinggalkan Balasan

Kategori

