Oleh: triy | September 29, 2008

Tabrakan Galaktika Jelaskan Tentang Materi Gelap

Galaksi

Galaksi

Teleskop antariksa telah menangkap citra tabrakan dahsyat antara dua rumpun galaksi yang menjelaskan material gelap misterius di alam semesta, NASA menyatakan.

Citra yang diambil Teleskop Antariksa Hubble dan Observatorium Sinar-X Chandra memperlihatkan pemisahan yang jelas antara materi gelap dan materi biasa dalam tabrakan yang jauhnya 5,7 miliar tahun cahaya dari Bumi itu, kata badan antariksa AS tersebut, Rabu.

Para astronom mampu membedakan antara kedua zat dengan teknik yang dikenal sebagai gravitational lensing, di mana materi gelap tampak berwarna biru, sedangkan materi biasa, yang sebagian besar dalam bentuk gas panas, tampak berwarna pink.

Saat kedua rumpun bergabung dengan kecepatan jutaan mil per jam, gas panas dalam setiap rumpun bertabrakan dan mengurangi kecepatannya, tutur mereka, seperti dilaporkan AFP. Namun, tidak demikian halnya dengan materi gelap.

Separasi antara materi biru dan pink memberikan bukti langsung atas eksistensi materi gelap dan saling mendukung partikelnya saling berinteraksi secara lemah sekali atau tidak sama sekali, selain dari tarikan gravitasi, ujar para astronom.

“Itulah langkah penting menurut hemat kami menuju pemahaman atas karakteristik materi gelap misterius itu,” kata Marusa Bradac, peneliti dari Universitas California di Santa Barbara, yang mempimpin tim yang menangkap tabrakan itu.

“Materi gelap lima kali lebih banyak di alam semesta ketimbang materi biasa. Pengkajian ini memberikan konfirmasi bahwa kita menghadapi sejenis materi yang berbeda sama sekali, tak seperti yang kita bayangkan,” katanya. “Dan kita bisa mengkajinya dalam tabrakan sangat kuat dari dua rumpun galaksi.”

Penemuan tersebut mengukuhkan secara independen berbagai penemuan pada 2006 atas tabrakan lainnya yang dikenal sebagai Bullet Cluster, yang juga memperlihatkan pemisahan jelas antara materi gelap dan materi biasa.

Namun demikian, dengan teknologi saat ini, separasi tak dapat dilihat secara langsung. Keberadaannya dirasakan secara tak langsung, melalui tarikan gravitasi yang digunakannya pada cahaya.
Sumber : Global


Responses

  1. subhanalloh………………ini b\adalah meupakan tanda-tanda kebesaran alloh bagi mereka yang berfikir. karena sesunggunhnya merugi bagi siapa yang tidak menggunakan akal fikirannya untuk melihat dan memikirkan akan penciptaan alalm ini

    • BETUL….BETULLLLLLL

  2. hidup hanyala sebentar, antara 70 hingga 100 tahun apakah kita bisa memberi makna dalam hidup. kalo kita meresapi hidup. pasti kita berpikir begini.
    .

  3. Mari kita instropeksi diri,apakah selama ini kita tlah berbuat dijalan Alloh atau malah sebaliknya

  4. . ea,, smoga aj……… manusia itu sadar…. akan datangnya hari akhir,, yg mungkin tidak lama lagi….

  5. Dari masa kemasa…dunia!trus brtmbh tua…drlah itu mlai skrng,mulai mndktkn diri kpd sang pncpta..srng brbt kebjikan,amal,kbtlan pulsaku dh mau abis!bg siapa sj yg mau brmal,inilah wktnya…g ush bnyk2 cukup 50rb sj!ingat!!!kesempatan tdk dtng 2 kl.

  6. yaa ALLAH…

  7. akal manusia sungguh tak mampu untuk memikirkan jagad raya yang benar2 raya apalagi penciptanya . tinggal tunduk dan sujud padaNya Subhannallah……..

  8. subhanallah………trnyta tnpa qta sadari zmua yg qta lihat adalah swatu kebesaran sang pencipta……….

    • ya………………..ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, aku stujuma kmu,,,,aku ja sgt trhru,,,,,aku sgt brsykur ,,,,,,ats karuniaallah,,,,,,,okkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  9. ASTAGHFIRULLAHAL’ADZIIIIIIIIIMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM……………………….
    BETAPA BESARNYA KARUNIA ALLAH,….SUNGGUH AKU SAGT TERHARU MLHAT ALM SEMSTA INI,,,,,YA ALLAH AKU SGT GA BS BCRA MLHAT KXATAAN INI,SNGGUH LUAR BIASA,,,,,KBESARAN ALLAH,,,,,,,,,,,,,,,,,,AKU SGT BERSYKUR ATS KRUNIA MU,,,,,YA ALLAH,YA ALLAH,,YA ALLAH,,YA ALLAH,,YA ALLAH,,YA ALLAH,, YA ALLAH ,,YA ALLAH,,,SNGGUH PNTAR OTK MNUSIA itu smw ydak trlpas dri kbesaran sang pncpta yaitu ALLAH SWT……..

  10. kasihan bgt

  11. Kasihan banget klian semua…., taunya bilang-bilang itu melulu….,

  12. Kembalilah kejalan yang benar…, usaha dong…,

    surga tidak datang sendiri jatuh dari langit.

    Ngerti ??!!!.

  13. yg dgambar itu bukanya supernova yak *.*

  14. jangan hanya mampu berkata saja…………..

    cobalah untuk berbuat,,,,,,,,,,!!!!!!!!!@@@

  15. stidaknya….qta tw btpa kcilnya qta dimata Alloh SWT.

  16. ALLAH maha kuasa ALLAH maha pencipta seluruh alam jagad raya termasuk galaksi

  17. GALAKSI hanya ciptaan ALLAH kita tidak tau apa yg sebenarnya terjadi pada GALAKSI karena kita bukan orang yg bisa pergi ke luar angkasa

  18. hai ada apa sih kalian ribut-ribut tentang GALAKSI memangnya kalian yg ciptakan GALAKSI hanya ALLAH yg bisa menciptakan GALAKSI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: