Oleh: triy | September 27, 2008

Spesies Ikan Raksasa Baru Ditemukan

Goliath groupher

Goliath groupher

Ikan goliath grouper asal lautan Atlantik, yang ditemukan di perairan hangat Amerika dan Afrika barat merupakan jenis terpisah dari ikan goliath grouper yang berkeliaran di batu karang tropis timur Samudera Pasifik, demikian studi genetic menunjukkan.

Ikan goliath grouper Pasifik bisa tumbuh sepanjang lebih dari 6 kaki (1,8 meter) dan beratnya hampir 1.000 pon (454 kilogram).

Oleh karena ikan-ikan raksasa di lautan memiliki persamaan bentuk badan dan cirri-ciri lainnya, para ilmuwan belum pernah menganailsa gen-gen mereka.

“Selama lebih dari seabad, pakar ichthyology menilai ikan-ikan gliath grouper Atlantik dan Pasifik adalah spsies yang sama, dan argumentasi itu dikukuhkan sebelum adanya penggunaan luas teknik genetik,” ujar Matthew Craig dari Institut dari Biologi Air Hawai. Craig memimpin studi ini yang hasilnya dilaporkan dalam dalam jurnal Endangered Species Research.

Ikan goliath grouper ternyata terpisah menjadi dua spesies sekitar tiga setengah juta tahun silam ketika Lautan Atlantik dan Pasifik mulai terpisah membentuk Panama sekarang ini.

Akan tetapi spesies baru ini kemungkinan berumur pendek. Dan pada ahli memperingatkan bahwa ikan-ikan grouper Pasifik mungkin akan berbaur dengan ikan grouper Lautan Atlantik dan kondisinya kritis terancam punah dalam daftar International Union for the Conservation of Nature’s Red List of Threatened Species.

Sumber : global

Iklan

Responses

  1. bagus loh ikan nya

  2. I really love animals,especialy fish and predators.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: