Oleh: triy | September 26, 2008

Fosil Hutan Hujan Menguak Ganasnya Dampak Pemanasan Global

Hutan Hujan

Hutan Hujan

Hutan hujan prasejarah yang tumbuh di Bumi lebih dari 300 juta tahun silam punah buat pertama kalinya akibat pemanasan global, demikian yang dilaporkan studi terkini. Para ilmuwan Inggris meyakini rawa-rawa luas yang dipenuhi pepohonan dan tanaman tropis itu punah akibat naiknya suhu bumi yang ekstrim.

Hutan-hutan hujan ini digantikan oleh rawa-rawa pakis yang keras. Para peneliti membuat mata rantai tersebut usai mengkaji sisa tanaman, pepohonan dan lumut yang sudah memfosil yang ditemukan tahun 2005 di bawah lahan pertambangan dekat Chicago, AS. Fosil-fosil pakis tersebut masih awet di dalam terowongan di lebih dari 50 pertambangan batu bara di Illinois.

Para ilmuwan di Universitas Bristol mengatakan penemuan tersebut sangat bernilai dalam memerangi pemanasan global dan menyelamatkan hutan hujan modern seperti Amazon. Dr Falcon-Lang dari Departemen Sains Bumi mengungkapkan, “Itu merupakan hutan hujan pertama di bumi dan akan menyediakan informasi penting seputar bagaimana hutan hujan masa kini terimbas akibat pemanasan global.”

Dalam istilah geologi transformasi 300 juta tahun silam terjadi sangat kasarnya. Sulit sekali mengetahui bagaimana perubahan-perubahan ini akan berdampak pada hutan-hutan hujan seperti Amazon.

Riset yang didukung oleh Paleontological Association ini menemukan sejumlah kawasan yang luas di Amerika pernah diselimuti hutan-hutan hujan tropis yang subur nan rimbun. Pepohonan, semak belukar dan tanaman lainnya mampu tumbuh setinggi 100 kaki di masa keberadaan dinosaurus pertama.

Dr Falcon-Lang bersama timnya mengungkapkan fosil-fosil tersebut menguak bahwa hutan hujan tropis punah akibat panas yang ekstrim, dan secara bertahap digantikan dengan rawa-rawa luas yang dipenuhi pakis-pakis. Rencananya, mereka akan terus meneliti untuk lima tahun kedepan melalui bantuan Natural Environment Research Council yang berbasis di Swindon, Wilts.

Sumber : Global


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: