Oleh: triy | September 26, 2008

City of the future, Kota Berbentuk Piramida Kaca Raksasa

Ziggurat

Ziggurat

Bangunan ini memiliki setiap sudut yang runcing dan dindingnya terbuat dari kaca yang berkemilauan saat terkena sinar matahari. Dan bangunan ini merupakan karya seni modern. Namun disain inovatif ini sebenarnya adalah blueprint kota masa depan berbentuk piramida kaca raksasa yang bisa menampung hingga jutaan orang.

Pembangunan gedung yang diberinama “Ziggurat” ini bakal memiliki ruang netral karbon yang digerakkan sejumlah turbin angin. Mobil tidak akan diperbolehkan berkeliaran di dalam bangunan seluas 2,3 kilometer persegi ini di mana warganya di-pantau oleh satu jaringan monorel yang beroperasi baik secara horisontal maupun vertikal.

Piramida futuristik ini mampu menyediakan tempat tinggal bagi sekitar satu juta orang. Keamanan di dalam kota akan didukung biometri bersama warga yang tergantung pada pendeteksian wajah penghuni rumah sebelum memasuki rumah-rumah mereka.

Perancang bangunan yang berbasis di Dubai, Timelinks telah mempatenkan teknologi dan disain ini untuk dituangkan ke dalam sebuah proyek. Mereka juga telah mengajukan rancangan ini kepada Uni Eropa untuk mendapatkan dana guna menerapkan proyek tersebut.

Ridas Matonis, direktur pengelolaan Timelinks mengatakan kota ini akan bekerja dengan memanfaatkan tenaga alam. “Masyarakat Ziggurat hampir secara menyeluruh dapat mencukupi diri sendiri energinya.

Terlepas dari penggunaan tenaga uap di dalam bangunan itu, kita juga akan mengerahkan teknologi urbin angin untuk memanfaatkan sumber daya energi alami. Bangunan ini secara alami ramah terhadap lingkungan hidup dimana tidak ada mobil, dan akan digerakkan dengan turbin-turbin angin. Tetapi ini bukan sekedar mengurangi jejak karbon semata, piramida ini memiliki banyak manfaat lainnya.

Sumber : Global


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: