Oleh: triy | September 25, 2008

Wajah Manusia Neanderthal Terkuak Berdasarkan DNA

manusia purba

manusia purba

Sosok wajah manusia Neanderthal diberinama Wilma dengan bercirikan rambut bewarna merah mirip tokoh kartun Flintstones, berhasil terungkap berdasarkan bukti DNA purba. Dialah model pertama untuk jenis manusia Neanderthal yang berhasil direkayasa oleh para ilmuwan.

Sejumlah seniman dan ilmuwan bersama-sama berhasil menguak wajah Wilma (lihat gambar) dengan menggunakan analisa DNA dari tulang belulang berusia 43.000 tahun yang menjadi korban kanibalisme.

Dari hasil temuan bulan Oktober 2007, para ahli mengungkapkan sedikitnya manusia Neanderthal itu berciri-ciri memiliki rambut merah, berkulit pucat dan kemungkinan wajahnya berbintik-bintik.
Hasil rekayasa ini akan dipaparkan dalam sebuah artikel di majalah National Geographic edisi Oktober 2008. Tengkorak Wilma yang merupakan sosok wanita Neanderthal itu pun juga dibandingakn dengan tulang belulang manusia Neanderthal berjenis kelamin pria.

“Untuk pertama kalinya, para anthropolog bisa seterusnya menguak fosil-fosil yang ada menjadi gen yang nyata dari punahnya spesies manusia,” jelas editor senior sains di National Geographic, Jamie Shreeve yang mengamati proyek tersebut. “Dari informasi genetik, bukti fosil dan archaeologi terkini yang kita peroleh, kita bisa melihat rekonstruksi wujud wanita Neanderthal secara utuh,” tambahnya.

Tahun-tahun pada era manusia modern diduga bersamaan dengan Neanderthal di Eropa, namun kalangan ilmuwan saat ini mengatakan bahwa gambaran itu kemungkinan keliru. Neanderthal hidup di Eropa dan Asia bagian Barat dari 230.000 hingga 29.000 tahun lalu, segera setelah tibanya manusia modern dari Afrika.

Sumber:global


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: