Oleh: triy | September 25, 2008

Spesies Iguana Baru Ditemukan di Fiji

iguanan

iguanan

Baru-baru ini para ilmuwan berhasil menemukan satu spesies iguana baru yang diberinama Brachylophus bulabula. Nama ini diambil dari sapaan khas masyarakat Fiji “bula”.

Reptil bewarna kuning ini ditemukan di sentral Kepulauan Fiji. Hewan ini merupakan spesies ketiga yang masih hidup yang pernah ditemukan di Kawasan Sentral Pasifik.

Berdasarkan data terdahulu, para ilmuwan mengetahui bahwa hewan-hewan iguana di kawasan ini memiliki perbedaan genetik. Akan tetapi hingga dua tahun silam Robert Fisher, peneliti zoologi di US Geological Survey di San Diego, Amerika mulai mengkaji sejumlah contoh yang sudah ada di museum.

Dia menemukan adanya perbedaan fisik antara Brachylophus bulabula dan dua spesies iguana lainnya. Brachylophus bulabula memiliki hidung cerah yang berbeda dengan iguana manapun dan adanya bentuk U yang mengelilingi lehernya, jelas Fisher.

Dua spesies lainnya memiliki bentuk V di lehernya. Dan tidak seperti kerabatnya yang bermukim di hutan kering, Brachylophus bulabula berkeliaran di hutan basah. “Ada banyak iguana lainnya di kepulauan ini yang belum kita temukan, bisa jadi masih lebih banyak lagi spesies iguana di Fiji bila kita mencarinya di sejumlah pulau lain,” tambah Fisher.

Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat jarak, bentuk, bayangan, warna, dan gerakan yang jauh. Iguana menggunakan matanya sebagai navigator di pohon dan hutan, seperti untuk menemukan makanan. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama. Studi ini dipaparkan dalam edisi khusus terkini di Philosophical Transactions of the Royal Society B.

Sumber :Global

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: