Oleh: triy | September 25, 2008

Pertama di Dunia, Wanita Mayoritas di Parlemen Rwanda

hebat

hebat

Wanita memperoleh sedikitnya 44 dari 80 kursi dalam pemilihan legislatif di Rwanda, membuat negara Afrika tengah itu yang pertama di dunia tempat pria kalah jumlahnya di majelis nasional, komisi pemilihan mengatakan Kamis.

Menurut hasil sementara, wanita memperoleh 20 dari ke 53 kursi yang disediakan melalui pemilihan langsung. Dalam sistem pemilihan yang unik di Rwanda, 24 kursi lainnya dicadangkan untuk wanita melalui pemilihan tidak langsung.

Menurut seorang pejabat yang dekat dengan dewan pemuda, seorang wanita mungkin juga menerima satu dari dua kursi yang dicadangkan untuk pemuda Rwanda. Dengan 44 kursi dijamin, wanita akan bertanggungjawab atas sedikitnya 55 persen di majelis rendah di Rwanda.

Menurut Uni Antar-Parlemen, yang akan menempatkan Rwanda jauh di depan Swedia, tempat wanita bertanggungjawab atas 47 persen parlemen, dan ditempatkan (di urutan) ketiga Kuba, tempat 43,2 persen dari anggota parlemen adalah wanita.

Menurut hasil sementara yang diumumkan Senin, Front Patriotik Rwanda telah mengamankan mayoritas dalam pemilihan yang dimulai Senin.

Sumber:Global

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: