Oleh: triy | September 25, 2008

Lobster Raksasa Langka Luput dari Santapan Manusia

Lobster

Lobster

Lobster raksasa yang diberinama “Eddy” ini merupakan spesies crustacean berukuran besar yang ditangkap di English Channel dengan panjang 3 kaki dan beratnya 11 pon (sekitar 5 kg) dengan ukuran capit sebesar 18 inci. Namun, meski ukurannya empat kali lebih besar dari lobster biasa dan mampu mengenyangkan 10 orang, Eddy luput dari santapan manusia.

Nelayan John Brannan menyumbangkan lobster hasil tangkapannya ini ke Blue Reef Aquarium di Newquay, Cornwall. Diperkirakan hewan ini berusia 70 tahun yang ditangkap sejauh 40 mil di Eddystone Reef di Devon. Menurut Kurator Blue Reef, Matt Slater, Eddy adalah contoh lobster yang benar-benar mengagumkan. “Makhluk ini sangat fantastis dengan warna tubuh biru cerah dan capit bewarna merah. Sangat langka menemukan lobster seperti ini. Karena capitnya sangat besar, ia mengalami kesulitan untuk mengangkatnya khususnya saat ia tidak berada di dalam air,” kagumnya.

Ditambahkan Matt, “Semula kami menilai ia tumbuh sebesar itu akibat pengaruh lingkungan habitatnya, akan tetapi para ahli meyakini jenis betina lobster ini sebenarnya merasa terpikat dengan pejantannya melalui ukuran capitnya yang besar, dan bisa jadi capit Eddy ini untuk memikat para betina.”

Ben Marshall, pakar di Blue Reef menjelaskan, “Normalnya, jika kita memesan lobster di sebuah restoran, maka beratnya sekitar satu atau dua pon, tapi losbter ini beratnya 11 pon dan mampu disantap 10 orang. Karena ia cukup langka, maka kami tidak akan mengizinkan ia disantap dan membiarkannya hidup bebas.”

Eddy merupakan Losbter Eropa dan para staff di akuarium ini memperkirakan usianya lebih dari 50 tahun. Marshall mengatakan, disebabkan ukurannya yang besar, ia lambat bergerak namun dalam keadaan sehat. Dia cenderung berada di sudut tangki akuarium.

Masih belum jelas apakah Eddy akan tetap dipamerkan di akuarium Blue Reef namun yang pasti hidupnya tidak akan berakhir di piring makan malam. Losbter ini mampu hidup hingga usia 100 tahun. Lobster terbesar yang pernah tertangkap adalah yang ditemukan di Nova Scotia, Kanada dengan berat mencapai 44 pon.

Sumber: Global

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: