Oleh: triy | September 25, 2008

Festival Terbang ‘Nyentrik’ Tandai Akhir Musim Panas

unik-unik

unik-unik

Ada-ada saja cara manusia memberi hiburan bagi khalayak ramai. Festival yang satu ini mungkin salah satu cara yang tak lazim, tapi terbukti mengundang gelak tawa penontonnya. Red Bull, sebuah produk minuman energi bekerja sama dengan pemerintah Austria pada Minggu sore menggelar Flugtag, atau hari terbang bersama.

Bertempat di Donauinsel, 40 grup peserta dengan segala kelucuan dan keunikannya, terbang dengan kendaraan nyentrik hasil rakitannya sebelum akhirnya ‘nyemplung’ ke sungai. Setiap tim terbang terdiri dari 3 hingga 8 anggota. Para peserta terbang nyentrik ini mula-mula harus mengambil posisi di atas jembatan setinggi 10 meter dengan panjang 30 meter.

Dalam hitungan ketiga, setiap grup yang diawaki oleh satu pilot dan co-pilot, dan dibantu oleh pendorong, meluncur dengan cepat di atas jembatan. Kemudian, saat sampai di ujung jembatan, mereka meloncat sejauh-jauhnya ke dalam sungai. Sang juara adalah mereka yang paling jauh dan lama saat terbang.

Inilah yang terkadang membuat tawa penonton tak tertahankan. Banyak manuver para peserta yang ‘jumpalitan’ karena gagal mengendalikan kendaraan saat mendarat ke sungai. Alhasil, mereka tertindih kendaraannya sendiri saat tercebur ke sungai. Tak jarang dari peserta juga melengkapi penampilan terbangnya dengan asap dan petasan.

Namun, meski tampil habis-habisan, di antara mereka banyak juga yang tak sukses terbang. Bahkan kendaraan pun sempat mogok saat masih berada di jembatan. Model tunggangan mereka pun beraneka ragam. Dari yang bernuansa pesawat terbang, binatang, hingga boneka tokoh superhero. Untuk merakit satu kendaraan terbang, peserta bisa membutuhkan seharian untuk merakitnya.

Namun, bisa dibayangkan hasil kreasi mereka rusak seketika sesaat setelah masuk ke dalam sungai. Untuk kerja keras inilah, tampaknya panitia menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan. Di antaranya, sang juara mendapat tiket pesawat terbang, jalan-jalan ke luar negeri, makan gratis di restoran ternama, training terbang, dan yang paling menarik sekaligus menantang adalah berhak ikut terbang di dalam pesawat manuver ‘yang sebenarnya’ bersama pilot profesional.

Flugtag berhasil menyedot perhatian publik Wina. Ribuan orang memadati pinggir sungai dan di sepanjang jalan menuju area festival. Meski hujan turun sepanjang hari disertai hawa dingin yang mencekam, tapi tak mengurungkan niat penonton untuk tetap menyaksikan hingga selesai. Menurut panitia, Festival Flugtag ini juga sekaligus menandai berakhirnya musim panas tahun ini di Austria yang berlangsung cukup singkat dibanding tahun tahun sebelumnya.

Sumber : Global


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: