Oleh: triy | September 18, 2008

Sepotong Kisah Tentang “Muntahan” Paus

Seandainya Dorothy Ferreira mendapatkan benda jelek itu empat puluh tahun lalu, mungkin ia sudah bisa menikmati keuntungan dari muntahan paus itu. Bayangkan saja, ia memiliki 1,8 kg ambergris, yang jika ditaksir nilainya mencapai 18.000 dolar AS atau Rp 162 juta.

Benda itu adalah hadiah Natal buat Dorothy Ferreira (67 tahun) dari kakaknya. Berita tentang penemuan muntahan paus seberat 1,8 kg itu sempat menjadi perbincangan menarik di Long Island, AS. Bahkan berita itu tersebar luas, setelah New York Times memuat beritanya pada 18 Desember 2006.

Berdasarkan pemberitaan New York Times, benda itu mirip lelehan lilin yang berukuran besar.
Menurut pengakuan Dorothy yang tinggal di ujung timur Long Island sejak tahun 1982, ia mendapatkan benda itu dari saudarinyayang berumur 82 tahun. Sang kakak sudah menyimpannya selama 50 tahun, sebelum memberikannya pada Dorothy. Sang kakak mengaku mendapatkan bongkahan itu dari tepian pantai Montauk.

Penasaran dengan benda yang dikirim kakaknya, Dorothy menghubungi Kantor Sumber Daya Alam di East Hampton. Seorang petugas gaek yang berpengalaman, Walter Galcik (80), mendatanginya dan memeriksa benda itu. Ia berkesimpulan bahwa kado misterius dari sang kakak, kemungkinan ambergris, bahan yang keluar dari isi perut ikan paus sperma yang dimuntahkan ke samudera. Benda ini juga disebut “mutiara paus” atau “emas terapung”, benda langka dan merupakan bahan yang bernilai bagi parfum berkualitas baik.

Dorothy merasa gembira, namun ia tak bisa menjual barang tersebut. Ferreira hanyalah seorang gadis tua yang belum menikah dan seringkali pindah pekerjaan, yang sebagian besar pekerjaanya adalah juru masak. Ia kini hidup hanya dari tunjangan keamanan sosial negara bagian.

Namun niat menjual ambergris itu terhalang Undang-undang Perlindungan Spesies yang Hampir Punah, yang diberlakukan sejak tahun 1970-an.

Sementara Adrienne Beuse, seorang pengedar ambergris di Selandia Baru mengungkapkan dalam wawancara telepon bahwa ambergris yang berkualitas baik, bisa terjual hingga US$ 10 per gram. Artinya, milik Dorohty bisa bernilai 18.000 dolar AS.

Januari 2004, ada juga penemuan ambergris senilai 300.000 dolar AS atau setara dengan Rp 2,7 miliar. Namun ambergris itu tak bisa dijual, karena penjualannya dilarang oleh UU perlindungan satwa.

(berbagai sumber) *

Iklan

Responses

  1. saat ini saya mempunyai contoh muntahan paus (ambergris) saya mendapatkan dari orang Ambon yang katanya asli, kalau anda berminat tlh hubungi saya : 0812.8419871 atau email : holil17@ymail.com
    Kalau ini memang asli, wowww anda pasti banyak uang krn total barangnya kira-kira ada 10 kg
    Hubungi segera, ok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: