Oleh: triy | September 18, 2008

Sekilas Sejarah Borley Rectory

Rumah dinas Borley dibangun dekat Gereja Borley oleh Pendeta Henry Dawson Ellis Bull pada 1863, setahun setelah nama gereja itu diberikan. Bangunan ini merupakan sebuah “rumah dinas” yang tersusun dari batu bata yang menggantikan rumah bergaya Georgia bagi Pendeta Herringham. Akhirnya, rumah ini dijadikan sebagai kediaman istri dan 14 anaknya.

Sebelumnya, Gereja Borley sudah tercatat pada abad ke-12 dan kawasan ini tercantum dalam Doomsday Book (se-buah buku yang memuat data survei tentang Inggris di masa lalu) sebagai sebuah rumah kenegaraan. Para pemburu hantu kerap mengutip legenda Biara Benedictine yang di bangun di areal ini sekitar 1362.

Menurut legenda tersebut, seorang calon pendeta dari biara ini mengadakan hubungan terlarang dengan seorang biarawati secara diam-diam. Setelah hubungan ini terungkap, calon pendeta tersebut dieksekusi, sementara biarawati tersebut dikubur hidup-hidup ditembok bangunan tersebut.

Pada 1938, legenda tersebut tidak bisa dibuktikan dengan fakta yang kuat dalam sejarah. Walau memang ada tengkorak ditemukan di sekitar Borley rectory. Kisah dikuburnya biarawati ini kemudian diangkat oleh Rider E Haggard di dalam salah satu novelnya.

Setelah Henry Dawson, sejumlah keluarga yang pernah tinggal di Borley Rectory, semuanya mengaku telah melihat, diganggu dan mengetahui aktivitas paranormal yang terjadi dan yakin bahwa rumah itu benar-benar berhantu. Mereka adalah keluarga Harry Bull (1892 – 1927), anak Henry Dawson, Keluarga Guy Eric Smith (1928 – 1929), keluarga Lionel Agernon Foyster (1930-1935). Borley Rectory akhirnya terbakar pada tahun 1939.

Global | Berbagai Sumber

Iklan

Responses

  1. wahhhhh, aq tau web ini dari buku hal-hal ghaib


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: