Oleh: triy | September 18, 2008

Mencari Benang Merah Lewat Uji DNA

Akhir tahun 2005, sekelompok ilmuwan Jerman berhasil menuntaskan penelitian DNA mammoth di suatu tempat di Kota Paris. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap benang merah antara gajah purba dengan gajah “modern” di zaman ini.

Menggunakan sampel dari potongan tulang mammoth yang ditemukan di kawasan tundra Siberia wilayah Sungai Berelekh di Yakutia, uji DNA dilakukan dengan teknik paling mutakhir yakni “multiplex polymerase chain reaction”.

Tim peneliti itu dipimpin Michael Hofreiter dari Institut Max Planck dalam proyek “Antropologi Evolusi” yang bermarkas di Leipzig. Lewat penelitian yang mendalam para ilmuwan itu berhasil mencatat 46 sampel dan menyusun ulang DNA fosil mammoth tersebut. Sebuah langkah besar dalam sejarah penelitian fosil, mereka mendapat gambaran utuh mengenai mitochondria DNA mammoth tersebut.

Mitochondria DNA itu menjelaskan uraian detail mengenai usia, urutan genetik, dan informasi detail lain yang memberikan gambaran tepat masa hidup dan bentuk utuhnya.

Tim tersebut menyimpulkan bahwa Gajah Asia mempunyai hubungan yang paling dekat dengan nenek moyangnya yakni gajah purba Mammuthus primigenius. Sementara gajah Afrika punya cabang keturunan yang berbeda yakni dari spesies lain mammoth yang hidup pada 6 juta tahun lalu. Sementara gajah Asia adalah kerabat langsung gajah purba yang hidup kira-kira 440.000 tahun lalu.

Para ilmuwan juga sudah mencocokkan contoh DNA dari berbagai mammoth yang ditemukan di Siberia. Dan mereka sepakat bahwa sudah menemukan 5.000 kode genetik dari DNA mammoth.
Dengan temuan luar biasa ini, isu ilmiah menyebutkan sedang dilakukan upaya untuk melakukan eksperimen. Melakukan semacam rekayasa genetik untuk membentuk ulang sang mammoth dan menghidupkannya di masa kini. Bayangan yang mirip dengan gambaran film Jurrasic Park! Benarkah? Ini masih meragukan.

Global|Berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: