Oleh: triy | September 18, 2008

Kisah – kisah “Perburuan” Mammoth

Sunday 14 January 2007
Kisah – kisah “Perburuan” Mammoth

[ image disabled ] Inilah kisah temuan “bangkai” mammoth yang paling spektakuler. Penemuan yang terjadi di sebuah kawasan di Siberia. Jika fosil sudah beberapa kali ditemukan, kali ini wujud utuh mammoth yang membekulah yang terkubur di sana.

Musim panas sepuluh tahun yang lalu, Jarkov Dolgan menemukan sepotong gading mammoth yang mencuat dari tanah tundra di Semenanjung Taymyr di Siberia, Rusia.

Pada September – Oktober 1999, bangkai berusia 20.380 tahun yang sudah diliputi sedimen itu digali, diangkut dan diterbangkan dari gua es di Khatanga, Taymyr. Pada Oktober 2000, sejumlah operasi ilmiah yang hati-hati di gua ini, dimulai dengan penggunaan hairdryer agar tetap menjaga rambut dan “urat-urat halus” mammoth tersebut tidak rusak. Sayangnya, tidak diketahui laporan lanjutan mengenai temuan luar biasa itu…

Begitu pun, sejak puluhan tahun lalu banyak laporan mengenai penemuan mammoth dalam bentuk non-fosil. Kisah lain muncul dari Bengt Sjorgen pada 1962, yang mengklaim ia pernah melacak jejak mammoth dan bertemu dengan gajah berbulu itu dalam keadaan hidup, jauh di pedalaman hutan Alaska.

Pada Oktober 1899, sebuah kisah detail juga pernah dituturkan Henry Tukeman. Ia mengaku pernah membunuh Mammoth di Alaska dan menyumbangkan potongan sampelnya pada Smithsonian Institution di Washington DC. Namun museum sejarah alam itu menyangkal pernyataan Henry.

Pada tahun 1918, seorang pemburu warga Rusia, juga melaporkan temuan mammoth hidup di wilayah pedalaman Siberia. Temuannya ini berupa mammoth berbulu yang masih hidup. Laporan ini ditelusuri namun tidak membuahkan hasil.

Lantas Skuadron Tempur Angkatan Udara Soviet pada tahun 1940-an juga pernah melaporkan penampakan gajah berbulu di wilayah Siberia. Mereka menyaksikan raksasa zaman purba itu saat melakukan terbang rendah di wilayah es abadi Siberia. Namun saat dilakukan pencarian ulang, mereka tidak pernah menemukannya lagi.

Benarkah mammoth masih bertahan hidup hingga kini? Penelitian tentang itu masih dilakukan, namun kemungkinan tersebut sangat tipis sekali.

Global |Berbagai Sumber

Oleh e107 – Sunday 14 January 2007 – 16:10:54
| email to someone |
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: