Oleh: triy | September 12, 2008

Nikmatnya Ikan Bakar Lau Setelu

Tri Yuwono | Global | Medan

Ikan Bakar Lau Setelu

Ikan Bakar Lau Setelu

Jika anda berkunjung ke daerah wisata di daerah Namorambe, tepatnya di Lau Setelu (wisata air sungai) belum lengkap kalau tidak mencicipi ikan bakarnya. Tempat yang mengasyikkan dengan makanan yang lezat, tentu menambah kenikmatan kunjungan anda ke daerah ini.

Coba saja ikan bakarnya, hm… pasti dapat membuai lidah anda. Campuran bumbu-bumbu tradisional di dalamnya menambah cita rasa ikan bakar ini menyatu dalam lidah anda. Belum lagi jika di makan di pinggiran sungai, akan manambah nikmat menu satu ini.

“Terserah pembeli mau pesan ikan apa. Di sini ada beberapa jenis ikan yang dapat dipilih langsung oleh para pembeli. Seperti ikan bawal, ikan mas dan ikan mujair. Mau di bakar juga bisa, mau di goreng juga bisa. Apa mau dari pembeli saja,“ ujar Ibu Adil, pemilik warung sekaligus pengelola kawasan Lau Setelu.

Selain itu, kata Adil, pembeli juga dapat memilih sendiri ukuran ikan yang akan di olah. Apakah mau yang sedang atau juga mau yang ukuran besar. Ikan-ikan yang berada di kolam pemancingan tepat di sisi warungnya, siap untuk diambil dan di masak.“Biasanya kan ada orang yang suka dengan ukuran ikan yang sedang (muda), atau yang sudah besar. Jadi tinggal pilih saja,“ kata Adil lagi.

Hm…. enaknya campuran bumbunya

Ada satu kelezatan dari ikan bakar buatan Adil bila dibandingkan dengan ikan bakar yang banyak di jual di beberapa warung makan lainnya. Kelezatan tersebut terletak pada campuran bumbu yang berada di dalam ikan bakar tersebut.

“Saya kira tadi kotoran ikan mas yang masih tertinggal, tapi ternyata itu bumbunya. Begitu saya coba, rasanya sangat enak. Ada rasa gurihnya, apalagi kalau di dalam ikan tersebut ada telur ikannya. Wah… tambah lezat,“ ucap Bobbi, salah seorang pengunjung.

Meskipun baru datang sekali, Bobbi yang datang bersama dengan kawan-kawannya mengaku ketagihan dengan ikan bakar buatan Adil.“Saya biasanya makan ikan goreng, kalau makan ikan bakar seperti ini belum pernah. Lagian jarang ada rumah makan atau warung yang menyediakan ikan segar yang langsung di olah,“ ujar Bobbi sambil tersenyum.

Apa yang di katakan Bobbi memang tak salah, campuran bumbu yang berada dalam ikan membuat ikan bakar ini memiliki rasa tersendri.“Untuk bumbunya, saya menggunakan lima jenis bahan tradisional, diantaranya seperti bawang, cabe dan beberapa bumbu lainnya,“ terang Adil.

Bumbu-bumbu tersebut, kata Adil, di masukan ke dalam perut ikan yang akan di olah, dimana terlebih dahulu dibuang kotorannya. Jadi, ketika ikan mau di santap, bumbu yang berada di dalam perut ikan akan menyatu menjadi satu.

Selain bumbu tersebut, santapan ikan bakar buatan Adil ini semakin lengkap dengan tambahan sambal tuk-tuk dan juga kecap manis. Paduan bumbu, sambal dan kecap manis membuat ikan bakar, apakah itu ikan bawal maupun ikan mas semakin lezat dan nikmat.

Masalah harga jangan khawatir, meskipun kelihatan ekslusif namun harga yang di patok Adil masih terjangkau kantong anda. Untuk sekitar empat atau lima ekor ikan dengan ukuran sedang, Adil mematok harga sekitar 25 ribu hingga 30 ribu rupiah. Harga ini tentunya sudah termasuk semuanya, pembeli hanya tinggal menunggu saja.

Jika anda punya waktu luang, sepertinya, sajian lezat ikan bakar buatan ibu Adil layak anda coba. Dan kalau anda ingin makan dengan suasana tenang, lebih baik datang pada hari senin-jumat, karena pada hari sabtu dan minggu di tempat ini banyak di kunjungi oleh pengunjung. Selamat mencoba.

Iklan

Responses

  1. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/nikmatnya_ikan_bakar_lau_setelu

  2. awas ikan bakarnya jangan disimpan dimana jja,…
    ntr sama kucing loh,..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: