Oleh: triy | September 10, 2008

Sate Kacang Ala Bang Agustiar Amir

Sate Padang Agustiar Amir

Sate Padang Agustiar Amir

Tri Yuwono | Global | Medan

Sate, siapa yang tak kenal dengan menu masakan satu ini. Kumpulan daging yang sudah dipotong kecil-kecil berbentuk kotak atau bulat. Kemudian dimasukkan satu persatu dalam tusuk yang terbuat dari bambu, selanjutnya diberi bumbu dan dipanggang, memang memberikan satu kenikmatan rasa yang luar biasa.

Hari Kamis kemarin, kami mendatangi salah satu tempat makan enak yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga penggemar kuliner Kota Medan, Sate Padang Agustiar Amir di Maju Bersama Jalan Marendal. Dari sang pemilik, Bang Agustiar Amir, kami mendapat informasi bagaimana membuat sate yang mudah, praktis dan melezatkan.

Menu kali ini termasuk spesial, yaitu perpaduan sate kacang Padang dengan Jawa. Nah, yang perlu dicatat, kata Bang Agustiar Amir, cara pembuatan sate itu terletak pada kualitas daging dan juga racikan bumbunya. Oleh sebab itu, tahapan pertama yang harus dilalui adalah:

Beberapa daging yang lezat untuk dibuat sate itu adalah daging ayam, sapi, kambing, cumi dan kerang. Khusus untuk daging ayam, sapi dan kambing, daging yang diambil haruslah merupakan daging pilihan.

Daging ayam misalnya, hanya di ambil dari ayam yang memiliki berat 9 ons saja, itupun yang diambil hanya dadanya saja. Sementara, daging kambing yang diambil hanya pangkal lidahnya saja, kemudian untuk daging sapi yang diambil untuk dibuat sate adalah pada bagian paha depan saja.

“Bukan apa-apa, jika kita memilih daging asal-asalan, rasa sate pun kurang begitu melezatkan. Karena, kalau misalnya daging agak keras maka dagingnya tidak cocok dibuat sate, begitu juga untuk pemilihan daging kambing dan sapi, harus benar-benar daging yang berkualitas,” terang Agus Tiar Amir.

Merasakan sate kacang Bang Agustiar Amir, membuat lidah tidak bisa berhenti. Lumuran bumbu kacangnya benar-benar melezatkan. Nyam…nyam… Mak…nyus. Setelah ritual memilih jenis daging selesai, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu kacangnya. Persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya yang terdiri dari kacang pilihan, santan kelapa, gula merah, cabe, bawah putih, bawah merah, jahe, serai, lengkuas dan juga petai.

Bahan-bahan tersebut selanjutnya diblender sampai halus. Kecuali kacang, bahan-bahan yang sudah dibelender kemudian dicampur menjadi satu. Setelah semuanya tercampur, barulah kacangnya dimasukkan.

Nah, setelah bahan-bahan tersebut selesai diproses. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan daging yang akan dibuat sate dengan bumbu yang telah dipersiapkan. Daging pun kemudian siap untuk dikumpulkan dalam tusuk sate.

Sate-sate pun siap untuk dibakar. Agar sate-sate tersebut dagingnya tidak gosong, api yang digunakan janganlah terlalu besar dan juga terlalu kecil. Setelah 15 menit dipanggan, sate kacang ala Bang Agustiar Amir pun siap untuk dimakan. Rasanya, wow… luar biasa.

Kalau Anda masih penasaran dengan rasa sate buatan Bang Agustiar Amir sebenarnya, silahkan saja sekali-kali datang di warung Sate Padang Agustiar Amir yang juga membuka warungnya di Jalan STM dekat SMK 1, Café RF Jalan Karya Wisata No 123, dan di Komplek Setia Budi Medan. Masalah harga jangan khawatir, dengan kisaran harga 13 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati lezatnya sate Bang Agustiar Amir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: