Oleh: triy | September 9, 2008

Asri Martha N. Manurung : Usaha adalah Kunci Kesuksesan

Asri 'tasya'

Asri

Tri Yuwono | Global | Medan

Hobi, aktivitas satu ini memang bukan hanya sekedar menarik untuk dilakukan tetapi juga bisa menghasilkan keuntungan finansial yang cukup besar. Berawal dari hobi bermain musik dan fashion sejak kecil, Asri Martha N. Manurung kini mulai dapat memetik hasilnya, pasalnya usaha Distro dan Musik Studio yang ia geluti kurang lebih selama dua tahun kini berkembang dengan pesat.

“Kebetulan dari kecil saya hobi dengan musik dan dunia fashion, jadi dari situ saya memiliki ide untuk membuka usaha yang tidak jauh-jauh dari hobi saya ini, kemudian terpikirlah untuk membuka usaha distro dan musik studio,” jelas Asri saat di temui Global di Twosphere Distro & Music Studio, Jalan Setia Budi Komplek Milala Mas B.32 Medan.

Menurut penuturan Asri, bahwa untuk memulai suatu usaha ternyata bukanlah hal yang gampang, karena persiapan yang dilakukan harus benar-benar matang. “Sebelum saya membuka usaha ini, saya terjun langsung ke lapangan untuk survey dan membuat konsep apa yang seharusnya dilakukan untuk membuka sebuah usaha, karena sukses tidaknya kita dalam usaha, tergantung dari seberapa besar usaha kita untuk itu,” jelasnya lagi.

“Setelah melihat dan bertanya langsung dibeberapa usaha distro di Bandung, Jakarta dan Yogyakarta, saya kemudian mencoba mempelajarinya, apakah hal tersebut cocok juga diterapkan di Medan,” ceritanya.

Tahun pertama membuka usaha ini, Asri mengaku banyak sekali kendala yang ia hadapi. “Banyak ya kendalanya, terutama saat mau buka usaha ini, karena kan harus mengurus surat perizinan dulu, dan itu sangat rumit. Karena ini usaha sendiri, semuanya diurusin sendiri, seperti ngelobi distro-distro di jawa buat kerjasama, kemudian hunting barang, harus belajar mengerti alat musik, dan masalah-masalah teknis lainnya,” ujar Asri panjang lebar.

Setelah dua tahun berjalan, usaha yang ia buka pada pertengahan tahun 2005 lalu ini, kini sudah mulai menampakkan hasilnya. “Untuk sekarang ini, syukurlah sudah mulai berkembang, karena sudah memiliki pelanggan tetap, terutama untuk studio musik.”

Keberhasilan asri untuk memajukan usahanya, tidak terlepas dari peran kedua orang tuanya, dukungan materiil dan moril menjadi suntikan semangat untuk terus memajukan usaha ini. “Kedua orang tua sangat mendukung, meskipun mereka tidak terlibat secara langsung menangani masalah ini, karena semua ini yang menangani saya sendiri, mereka hanya sebagai pemantau saja,” terang putri pasangan MT.Manurung dan AY.Iswahyuti.

Sebagai seorang wirausaha di bidang fashion dan musik, Asri selalu mencoba untuk bisa melihat perkembangan trend fashion yang sekarang sedang berkembang, terutama di kalangan dunia remaja. Karena menurutnya, setiap minggu bahkan setiap hari trend fashion selalu berubah-ubah.

Meskipun setiap hari disibukkan dengan bisnisnya, bukan berarti Asri melupakan keluarga dan pendidikannya. “Keluarga dan pendidikan itu lebih penting, karena di sini(red-distro) sudah ada yang menunggu, biasanya pagi dan malam hari berkumpul dengan keluarga, kemudian siang hari jaga di distro, sorenya kuliah dan les, pokoknya sebisa mungkin memanfaatkan waktu yang kosong,” kata mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi Ekstension USU ini. Sukses terus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: