Oleh: triy | September 7, 2008

Komunitas Berawal dari Hobi

Mio Club Medan

Mio Club Medan

Tri Yuwono | Global | Medan

Salah satunya keinginan sekelompok orang untuk membuat sebuah komunitas didasari oleh kesamaan akan hobinya. Komunitas adalah sebuah perkumpulan yang biasanya berdiri karena anggotanya memiliki latarbelakang yang sama. Dari sekian banyak komunitas-komunitas yang ada, komunitas Mio Automatic Club (MAC) Medan adalah salah satunya.

Ditemui di sekretriat MAC, Jalan Dr Mansyur No 2 C Medan, Feri, koordinator Humas MAC menyebutkan mereka memiliki kesamaan dan kecintaan akan sepeda motor Mio. Untuk menyalurkan hobinya itu, mereka kemudian mendirikan sebuah wadah sebagai tempat untuk penyaluran hobinya.

“Salah satu yang mendasari berdirinya MAC ini adalah karena kesamaan dari hobi kami. Latar belakang inilah yang menjadi cikal bakal MAC berdiri di Medan,” ungkap Feri saat di temui Global belum lama ini.

Bentuknya yang unik, lucu, lincah dan bermesin matic membuat masyarakat terpikat dengan penampilan Mio. Paling tidak hal inilah yang membuat Feri sendiri suka dengan motor ini. “Tampilan sepeda motor ini kan lucu, apalagi jika sudah di modifikasi, akan menambah kecantikannya,” jelas Feri.

Feri menambahkan, sejak berdiri pada 28 April tahun 2006 silam, penggemar Mio semakin hari semakin bertambah.”Sampai saat ini anggota penggemar Mio ada sekitar 150-an anggota, yang sebagian besar di dominasi oleh kalangan remaja,” sebutnya.

Berawal dari Pantai Cermin

Sejarah berdirinya MAC, menurut Feri tak bisa dipisahkan dari Pantai Cermin. Dari objek wisata inilah para Mio Mania memiliki ide untuk membuat sebuah komunitas yang selanjutnya menjadi wadah mereka untuk bersatu.

“Waktu itu, ada beberapa diantara anggota kita yang touring ke Pantai Cermin. Di sana kita menyalurkan hobi modifikasi atau balapan bergaya free style dengan Mio” papar Feri.

Ternyata, aksi para Mio Mania tersebut menarik perhatian salah seorang karyawan Yamaha yang kebetulan juga sedang berada di sana. Dari sinilah, para Mio Mania diajak untuk membuat sebuah komunitas penggemar Mio. “Karena kita menganggap usul tersebut cukup bagus, sekembalinya di Medan kita kemudian membuat komunitas ini,” terang Feri.

Selain sebagai wadah para Mio Mania untuk sharing, setiap bulan sekali MAC juga memiliki program-program khusus bagi anggotanya, seperti touring ke luar kota dan mengadakan aksi sosial.

“Setiap bulan biasanya melakukan touring keluar kota. Sampai saat ini kita sudah menjelajahi Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara hingga Pekanbaru. Rencanya kalau tidak ada masalah kita akan mengadakan touring ke Bali,” terang Feri lagi.

Modifikasi, Balap Hingga Free Style

Untuk memfasilitasi hobi anggotanya, MAC membentuk tiga tim sebagai wadahnya. Tim modifikasi misalnya, lebih memprioritaskan anggota yang hobi dengan modifikasi. Kemudian tim balap, yang dikhususkan bagi anggota yang suka dengan balap. Sedangkan anggota yang memiliki nyali besar dengan melakukan atraksi-atraksi ekstrim bergabung ke tim free style.

“Dari tiga tim itu, free style paling banyak peminatnya. Karena kelihaian dan nyali besar mereka saat beraksi, banyak menarik masyarakat untuk melihatnya,” jelas Feri.

Biasanya, aku Feri, kawasan makam pahlawan di Jalan Sisingamangaraja atau di Pendopo USU, menjadi lokasi aksi mereka. “ Kalau sudah ramai, jalanan menjadi macet. Kalau sudah begini, pak polisi pun datang dan melarang atraksi kawan-kawan,” aku Feri tertawa ringan.

Iklan

Responses

  1. oe..
    pencinta metic

    nanya nie..

    cara masuk jadi anggota na gmana??

  2. q cm pngn tnya ne……….
    ma smwa ank2 pncnta mio

    q mau msk ke clubnya
    crany gmn?
    n ap j prsrtnnya?

  3. hai Anak PeciNta Mio..
    q Juga PciNta Mio..

    bole Tnya ga?
    apa Z sie syrat bs gabung dgN Qm smw ank pecinta mio,cz q jG pCinta ModiFikasi metiC..

    thanks…

  4. assalamualaikum MAC medan gw jack temen bang NOPI YMCC JAKARTA…
    salam dari jakarta untuk semua..

  5. gemn cr x untk msk MAC…KBTLN qu msh gbg d perstuan non resmi

  6. bls y bro….
    skrg qu br gbg di PM2C(PERSATUAN MOTOR MATIC COMMUNITY) PDG SIDIMPUAN.QU pengen gbng m MAC


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: