Oleh: triy | September 7, 2008

Karaoke : Hobi, Sekaligus Pelepas Stres

Karaoke

Karaoke

Tri Yuwono | Global | Medan

Tak ada manusia yang tidak menyukai musik. Musik tak sekedar seni, musik juga tak sekedar hobi, tapi musik telah menyentuh semua lini kehidupan manusia. Musik dapat menjadi pelipur di saat hati kita sedang berduka, juga dapat menjadi penambah semangat di saat kita bahagia. Sehingga tak mengherankan, kalau banyak yang menganggap hidup tanpa musik ibarat sayur tanpa garam.

Nah, pasti bohong jika ada orang yang mengaku tidak suka dengan musik. memang, tidak semua orang bisa bermain musik, tapi minimal menyanyikannya pasti bisa. Walaupun suara kita sangat jauh dari suara asli penyanyinya.”Musik bagi Saya adalah media untuk menyampaikan isi dalam hati. Sehari tidak dengar musik, hidup ini seperti ada yang kurang,” ungkap Tengku Shafick, musisi sekaligus pencipta lagu asal Kota Medan ini.

Apalagi di jaman seperti sekarang ini, ditengah kondisi ekonomi yang serba susah, juga kesibukan kerja yang menumpuk ataupun tugas-tugas kuliah/sekolah yang banyak. Kadang, membuat pikiran kita jadi tidak bisa bebas untuk berpikir. Ujung-ujungnya pikiran jadi stres atau bahkan bisa sakit.

Ternyata banyak hal kok, yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan stres. Salah satunya adalah karaoke bersama kawan-kawan ataupun keluarga. Bagi yang suka menyanyi, tentu ini kesempatan emas menunjukkan kemampuan bernyanyinya. Walaupun tidak di depan ribuan penonton, di depan kawan-kawan ataupun keluarga kan tidak menjadi masalah.

Suara cempreng atau istilah kerennya suara botol pecah, bukan persoalan untuk mengeluarkan bakat bernyanyi kita. Karena yang terpenting, apa yang ada dalam hati, dapat kita keluarkan dengan cara bernyanyi bersama. Yah, angan-angan menjadi penyanyi terkenal memang masih belum tercapai, tapi minimal jadi artis karaoke pun jadi lah.

Seperti juga pengakuan dari Rita Agustina, seorang mahasiswi USU ini. “Datang ke sini biasanya kita ramai-ramai dengan kawan-kawan kampus. Kalau sendiri kan nggak seru. Tapi, kalau ramai kita bisa keluarkan kemampuan kita untuk bernyanyi. Sekalian membuktikan suara siapa diantara kita yang bagus, dan suara siapa yang cempreng. He..he…,” ungkap Rita seraya tersenyum.

Namun, lanjut Rita tujuan utama karaoke bersama dengan kawan-kawan baginya bukan hanya sebagai media untuk menyalurkan hobi bernyanyi saja. Tapi, ada yang lebih dari itu, yakni melepas perasaan stres yang selama ini disibukkan dengan rutinitas kerja sehari-hari.

“Kalau sudah kumpul bareng kawan-kawan, kemudian kita bernyanyi bersama. Rasa stres yang ada dalam pikiran kita bisa sedikit berkurang. Seperti Saya, dalam beberapa bulan ini Saya sibuk mengerjakan skripsi. Tapi, lama-kelamaan jadi jenuh dan stres. Apalagi dosen pembimbing Saya agak sedikit susah. Jadi, dengan karaokean Saya bisa sedikit berkurang stres Saya,” papar Rita lagi.

Naik Tingkat, Dari Artis Kamar Mandi ke Artis Karaokean

Selain karena bisa menyalurkan hobi dan juga senang-senang melepas stres dengan kawan-kawannya. Rita mengaku, pergi bersama dan ramai-ramai ke tempat karaoke juga sebagai siasat agar biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan karaoke sendiri atau berdua.

“Sewa tempat untuk karaokenya kan agak mahal. Jadi, dari pada sendiri atau berdua saja. Lebih baik ramai-ramai, jadi biayanya bisa patungan dan tidak terlalu mahal. Apalagi kalau kita nyewanya bisa sampai berjam-jam. Kalau misalnya sampai delapan atau sepuluh orang kan biaya untuk satu jam karaoke kan lebih murah,” jelas Rita yang datang bersama dengan rombongannya di sebuah tempat karaoke Enav, yang ada di dekat Lapangan Merdeka Medan.

Senada dengan Rita, Mustafa juga mengatakan hal yang sama, kalau pergi ke tempat karaoke lebih baik dilakukannya ramai-ramai. Pasalnya, lanjut Mustafa, biaya untuk karaoke satu jam lumayan agak mahal.”Kan lebih enak kita patungan, biaya yang kita keluarkan perorangnya kan jadi lebih murah. Dari pada sendiri-sendiri, bisa tekor kantong kita. Apalagi Saya anak kos,” seru Mustafa.

Tempat karaoke dipilih Rita dan Mustafa selain fasilitasnya lengkap, suasana dalam ruangan karaoke juga enak untuk dijadikan ajang berkumpul dengan kawan-kawan. Keduanya mengaku, jika selama ini mereka berdua sering bernyanyi ketika sedang lagi di jalan, di mobil atau bahkan di kamar mandi.

“Paling sering sih saat lagi di jalan, di mobil dan di kamar mandi. Jadi, biar naik kelas sekali-kali bersama dengan kawan-kawan kan bisa jadi artis karaokean. Nggak melulu jadi artis kamar mandi. Suara hancur tidak masalah, yang penting kita bisa enjoy aja,” kata Mustafa tertawa.

Untuk saat ini, di Medan sudah ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas bagi para mania musik untuk menyalurkan hobinya bernyanyi. Diantaranya adalah yang terdapat di daerah Multatuli yakni di K2 dan juga Enav, tempat karaoke keluarga yang terdapat di kawasan Lapangan Merdeka.

Hm… tak ada salahnya kalau kita sekali-sekali meniru usaha Rita dan Mustafa untuk menghilangkan rasa stres dalam pikiran kita. Apalagi, bagi Anda yang memang hobi nyanyi. Menjadi artis karaokean sehari tentu dapat menjadi pelipur hati yang sedang ada masalah. Tapi, memang lebih baik karaokean ramai-ramai dari pada sendirian. Selain bisa tambah seru, kocek di kantong pun bisa lebih irit.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: