Oleh: triy | September 7, 2008

Ignatus Bambang Lindu Nugroho, SH.MM : Jaring Relasi Bisnis Dengan Golf

Bambang Lindu

Bambang Lindu

Tri Yuwono | Global | Medan

Golf, olahraga satu ini mungkin memang masih kalah populer dibandingkan dengan jenis olah raga lain, seperti sepak bola, basket maupun voli. Hal ini tentu cukup beralasan, pasalnya, untuk memainkan olah raga ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk membeli satu set peralatan golf saja, harganya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Mungkin karena ini jugalah, olah raga golf masih jarang diminati oleh sebagian masyarakat kita.

Namun di balik itu, ternyata permainan golf bagi sebagian orang memiliki kegunaan yang sangat banyak, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang bisnis.”Golf adalah permainan yang sangat menyenangkan, di mana dalam bermain seorang golfer (sebutan pemain golf-red) tidak perlu berhadapan dengan lawan secara langsung, tetapi merupakan permainan mengalahkan diri sendiri,” ungkap Bambang salah seorang penghobi golf saat di temui Global.

Pria berusia 48 tahun ini menuturkan, jika dirinya sudah sejak kecil menyukai permainan ini. Menurutnya, permainan golf selain sebagai sarana yang baik untuk olahraga, juga banyak memberinya pelajaran dalam kehidupan sehari-hari, seperti belajar untuk melatih kedisiplinan, ketelitian dan juga kesabaran.

“Saya sudah lama main golf, sejak saya masih kecil. Dulu sih, pertama hanya melihat-lihat bagaimana orang-orang main, sampai kemudian saya mencoba-coba. Dan ternyata, dari coba-coba itu lama-lama saya mulai menyukai permainan ini. Memang untuk bermain golf dibutuhkan biaya yang agak mahal, karena memang harga untuk membeli peralatannya saja lumayan mahal,” ujar Bambang yang juga menjadi salah satu Pengurus Daerah Persatuan Golf Indonesia Sumut ini.

Bambang menambahkan, belajar kedisiplinan, ketelitian dan juga kesabaran biasanya ter jadi ketika seorang pemain golf sedang bermain di lapangan. Disinilah, seorang pemain dituntut untuk bisa menerapkan sikap-sikap tersebut, seperti saat menentukan arah mata angin, ketebalan rumput, kemiringan tanah hingga bagaimana cara melakukan penguasaan emosional dalam diri pemain.

“Apa yang ada dalam permainan golf, semuanya dapat diambil pelajaran dalam kehidupan sehari. Soalnya, golf tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk olahraga saja, tetapi juga dapat memberika pelajaran bagi kita untuk disiplin, teliti dan juga sabar. Hal-hal ini kan sangat penting digunakan untuk dalam kehidupan sehari-hari,” seru Bambang.

Menurut Bambang, banyak peralatan yang digunakan untuk bermain golf, dari mulai stik golf, tas golf, troli, sepatu khusus golf, sarung tangan, bola golf, tee(tempat untuk bola pada saat akan melakukan pukulan pertama), perapi rumput, penanda posisi bola, kartu nilai, payung, pensil, topi, mobil golf dan pakaian.

“Sebenarnya sih kalau untuk bermain saja, tidak perlu menggunakan peralatan itu semua. Tapi, biasanya kalau untuk pertandingan resmi ya harus wajib menggunakan peralatan seperti itu,” ujar Alumni Program Magister Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Media Perekat Relasi Bisnis

Bagi Bambang, olah raga golf bukan hanya sekedar untuk kesehatan dan juga melatih kepribadian saja. Karena, ada satu lagi pelajaran yang ia dapat dari olah raga yang menurut sebagian orang dianggap sebagai olah raga berkelas ini, apa itu? Ya, menurutnya, olah raga ini ternyata juga dapat menjadi media untuk berbisnis atau sekedar mempererat hubungan dengan relasi bisnis.

“Golf dapat menjadi sarana olah raga yang tepat untuk saling berinteraksi dengan rekan bisnis. Sambil bercanda seraya berolahraga, kita bisa memperbincangkan bisnis yang kita lakukan bersama dengan relasi. Selain itu, juga sebagai media untuk lebih mempererat hubungan antar relasi,” ujar Bambang yang juga Manajer Asuransi Wahana Tata ini

Sejak bergabung menjadi pemasar (marketer) hingga di percaya menjadi Manajer, kata Bambang, profesinya menuntut usaha yang terus menerus untuk membangun jaringan pemasaran dengan bersosialisasi ke banyak orang. Dan salah satu usaha yang ia lakukan untuk membangun itu adalah dengan olah raga golf.

“Orang yang bergerak di bidang pemasar (marketer) itu kan harus selalu bergerak dengan membangun jaringan pemasaran. Hal-hal seperti ini kan dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan olah raga golf seperti ini,” terang Bambang menutup pembicaraan.


Responses

  1. Pak Bambang ln adalah guru pemasar terbaiku, yang telah membimbing dan mendidiku sampai memiliki mental pemasar yang pantang menyerah

    BRAVO,

    Salam edi prapto hari mulyo

  2. Pak Bambang LN adalah seorang yg mempunyai mental kepemimpinan yg kuat.
    Dan dia juga adalah seorang yg bisa membuat saya menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan semua pekerjaan. Pak Bambang LN, menurut saya adalah Reinkarnasinya Bung Karno…
    Seorang pemimpin yg bijak…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: