Oleh: triy | September 5, 2008

Lezatnya Nasi Bakar Mas Harjo

Nasi Bakar Mas Harjo

Nasi Bakar Mas Harjo

Makan nasi bagi para penikmat kuliner adalah hal biasa, tapi bagaimana ya rasanya jika nasi yang kita makan tersebut dibuat dengan cara yang lumayan beda dengan masakan nasi lain, yakni dengan dibakar. Menu inilah yang menjadi andalan dari Nasi Bakar Mas Harjo yang terletak di area Foodcourt lantai 4 Plaza Medan Fair.

Ternyata, sajian nasi bakar ala Mas Harjo ini memiliki cita rasa tinggi. Rasanya yang khas membuat lidah tidak berhenti untuk terus mencicipi lezatnya nasi bakar ini. Bukan hanya nasi bakarnya saja yang memiliki kekhasan, sambal yang dibuat pun juga memiliki cita rasa tersendiri.

“Selain cara masaknya dengan dibakar, yang membedakan sajian menu masakan di sini dengan lainnya adalah sambalnya. Seperti untuk sambal nasi bakar, selain sambal belacan dan kecap, juga ada sambal cabe hijau yang dicampur dengan jagung muda, sehingga terasa manis,” ucap Hendri, Manajer Nasi Bakar Mas Harjo saat ditemui Global kemarin.

Di Nasi Bakar Mas Harjo ini para penikmat kuliner juga bisa menikmati beberapa sajian khas lainnya, seperti nasi goreng bakar ikan asin, teri, keju, telur, ikan panggang dan ayam. Selain itu juga ada sup sayur asem, cah kangkung, cumi bakar/goreng serta udang bakar/goreng.

Selain menu tadi, Mas Harjo juga menawarkan paket makanan, yakni paket satu nasi bakar dengan tambahan serundeng, sambal ikan asin, tempe bacem dan lalapan. Paket dua yaitu paket Harjo si wong cilik dan kukuruyuk pagi. Dan paket terakhir wong cilik dan iwak gedek,” sebut Hendri.
Tambahan serundengnya, nyam… nyam…

Hendri menjelaskan, kalau nasi bakar yang di maksud di sini, adalah nasi yang benar-benar dibakar, namun nasi tadi diolah dan dicampur terlebih dahulu dengan bumbu tradisional khas Jawa.

Caranya, nasi dimasak seperti lazimnya memasak nasi. Selesai dimasak, nasi kemudian dibungkus dengan daun pisang, seperti memasak lemang. Bedanya, pembakaran di sini tidak menggunakan bambu. Nasi yang telah dilengkapi adonan bumbu tadi dibakar pada bara arang selama satu hingga lima menit.

[ image disabled ] “Rasanya gurih dan agak sedikit manis. Proses memasaknya memang mirip lemang, namun mirip juga dengan lemper. Istimewanya, nasi bakar ini bisa kita nikmati tanpa menggunakan lauk pauk,” ungkap Hendri.

Kelezatan nasi bakar akan lebih komplet bila dipadukan dengan serundeng kelapa yang dikeringkan. Dalam serundeng ini telah dipadukan dengan bumbu khas olahan Mas Harjo sendiri.

Belum lagi sambal belacan dan sambal kecap sebagai pelengkapnya, ada satu lagi sambalnya yang beda dengan sambal yang lazim kita santap yakni sambal cabe hijau yang dicampur dengan jagung. Campuran jagung ini dimaksudkan untuk membuat sambal supaya terasa manis.

Cara mengolah ayamnya pun tidak sembarangan, bahan utama daging ayam itu harus terlebih dahulu dicelupkan ke dalam bumbu yang telah disiapkan. Setelah berselang satu jam maka daging ayam yang telah dilumuri dan dicelupi bumbu ini segera dapat digoreng atau dibakar.

Dengan hanya mengeluarkan kocek dari mulai Rp 7.500, para penikmat kuliner sudah bisa
mencicipi menu nasi bakar ala Mas Harjo ini. Selain membuka gerai di area Foodcourt lantai 4 Plaza Medan Fair, Nasi Bakar Mas Harjo juga bisa ditemui di Jalan Sutomo Ujung dan di kompleks Perumahan Cemara Asri.

Tri Yuwono >> Global | medan

Iklan

Responses

  1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/lezatnya_nasi_bakar_mas_harjo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: