Oleh: triy | September 4, 2008

SINGOSARI: Sajikan Masakan Khas Jawa Timuran

Singosari

Singosari

Bagi masyarakat Jawa Timur pasti tak asing lagi dengan makanan yang bernama nasi rawon. Makanan yang memiliki warna khas hitam pada kuahnya ini memang menjadi khas masakan arek Suroboyo.

Warna hitam kecoklatan pada nasi rawon bukan karena ia terbuat dari campuran gula merah atau pun kecap melainkan dari kluwek sejenis buah yang sering dipakai untuk bumbu masak yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna.

“Orang jawa bilang kluwek atau kluwak. Buah ini memang pasangan untuk rawon, menu wajib dari masakan khas Jawa Timur,” ujar Dhien Kusumokosasih pemilik Singosari Foodcourt.

Singosari merupakan salah satu dari 23 gerai di Medan Fair Plaza Jalan Gatot Subroto, Medan. Dhien Kusumokosasih mencoba memberi alternatif menu makanan bagi masyarakat Medan dengan mengusung makanan khas Jawa Timur.

Menurut Dhien, begitu ia biasa disapa, warna hitam yang terdapat pada kuah rawon tersebut tak lain karena buah kluwek yang diolah dengan bumbu-bumbu tradisional jawa timur.

Selain itu, bahan pilihan lainnya untuk rawon adalah daging. Daging yang dipakai pun tentu bukan asal daging karena diambil dari betis sapi yang pas untuk dijadikan bahan pembuatan rawon ini. Alasannya, setelah diolah dagingnya akan lebih lembut.

Tambahan bawang goreng, tauge, telur dan kerupuk akan melengkapi kelezatan nasi rawon
ini.”Rawon ini paling nikmat disantap panas-panas, apalagi jika ditambah dengan sambel terasi. Cita rasanya akan semakin terasa,” ungkap Dhein saat di temui Global kemarin.

Selain bisa menikmati rawon, penikmat kuliner yang berkunjung ke Singosari juga dapat merasakan menu masakan khas Jawa Timuran lainnya. Seperti soto ayam surabaya, sop buntut, nasi rames dan berbagai masakan khas lainnya. Selain menyajikan beragam masakan, di sini juga tersedia beragam ice cream, seperti corn ice cream, vanilla ice cream, durian ice cream, banana ice cream dan special fruite ice cream.

Sementara itu, jika Anda tidak suka dengan masakan bersantan, ada pilihan lain yaitu soto ayam surabaya. Pasalnya, soto surabaya ini dibuat tanpa menggunakan santan.”Inilah yang membedakan soto ayam surabaya dengan soto-soto lainnya,” sebut Dinkosasih.

Campuran kol, tauge, daun sop, daun bawang, mi suun, daging ayam dan telur semakin menambah selera untuk menikmatinya. Apalagi ditemani oleh sambal olahan dari cabe rawit yang direbus dengan kemiri.

“Di Medan ini sebenarnya banyak masakan yang berasal dari Jawa Timur. Tapi masih jarang yang menyajikan menu nasi rawon atau soto ayam surabaya. Kebetulan saya kan asli Jawa Timur, jadi saya ingin menampilkan sajian kelahiran saya kepada para penikmat kuliner di Medan,” terang Dinkosasih.

Ibu empat orang anak yang hobi memasak ini menambahkan, dalam menghasilkan citarasa yang lezat pada setiap menu yang ia ciptakan tentu bukan pekerjaan yang mudah. ” Kita membutuhkan trik dan strategi baik dalam meramu dan mengolah makanannya hingga menyajikannya.

Bahan-bahan yang akan dimasak juga tidak boleh asal ambil saja di pasar, tetapi juga harus dilihat kualitasnya,” jelasnya.

Masalah harga jangan khawatir karena harga yang ditawarkan di Singosari ini relatif terjangkau masyarakat umum. Untuk menu makanan harganya bervariasi mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 27 ribu rupiah. Sementara untuk minumannya Rp 6 ribu hingga Rp 11 ribu. Jadi, jika Anda penikmat masakan khas Jawa Timuran, sepertinya belum lengkap jika belum mencoba menu-menu pilihan ala Singosari.

Tri Yuwono >> Global | medan


Responses

  1. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/singosari_sajikan_masakan_khas_jawa_timuran

  2. bikin saya lapar neh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: