Oleh: triy | September 3, 2008

7 th Heaven : Kolaborasi Jazz dengan Top 40 all round

sang vocalis

sang vocalis

Tri Yuwono | Global | Medan

Berkiprah dan bersaing di belantika musik lokal, terlebih nasional bukanlah perkara mudah. Banyak tantangan dan juga kendala yang harus dihadapi oleh setiap grup band. Nah… untuk itulah di perlukan strategi baru untuk bisa bersaing dengan grup band lainnya. Jalan inilah yang ingin dilakukan oleh grup band yang menamakan dirinya 7 th Heaven ini.

Setali tiga uang, kolaborasi aliran musik pun dilakukan oleh 7 th Heaven setiap kali menghibur penggemarnya. Aliran musik yang saat ini masih dianggap elit oleh masyarakat, yakni Jazz coba di gabung dengan aliran musik anak muda seperti Top 40 All round. Gabungan inilah yang menjadikan grup musik yang terbentuk pada tahun 2002 silam ini berani tampil beda dengan grup band lainnya.

“Untuk saat ini persaingan di dunia musik itu kan sangat berat, banyak sekali grup-grup band potensial. Maka dari itulah, agar 7 th Heaven ini bisa bersaing dan eksis di dunia musik lokal dan nasional, kita ingin membuat sesuatu yang baru. Dan hal yang kami lakukan adalah mencoba membuat musik kita dengan nuansa Jazz,” terang Andry, drummer 7 th Heaven saat ditemui Global di JG Musik kemarin.

Tak salah langkah 7 th Heaven mencoba sesuatu yang baru, karena musik yang bawakan ternyata mendapat sambutan hangat dari para pecinta musik yang selama ini terbiasa dengan jenis aliran musik umum. Hal ini memberikan angin segar, bagi grup musik yang berbase camp di Jalan Dr Cipto No 5 Medan ini.

“Tentu ini menjadi motivasi kita untuk terus mengembangkan kreatifitas dalam bermusik. Apalagi kita melihat aliran musik seperti jazz ini masih kalah jauh dibandingkan dengan aliran lainnya untuk dinikmati oleh kalangan anak muda. Selama ini kan jazz sangat sulit dimengerti, maka dari itulah kita ingin mengenalkan jazz dengan tambahan aliran lainnya, sehingga anak muda juga bisa menikmati jazz, walaupun tidak secara keseluruhan,” papar Andry.

Selain Andry sebagai drummer, 7 th Heaven juga digawangi oleh Fiza (gitaris), Yogi(bassis), Yudi(keyboard), Asola(vokal), Pipit (additional vocal) dan A’ad (manajer). Latar belakang dari sebagian personilnya yang suka dengan musik jazz, mambuat 7 th Heaven tak ragu lagi untuk menjadikan jazz sebagai musiknya.

Nuansa musik yang dibawakan oleh 7 th Heaven di Kota Medan ini memang masih baru. Dari sinilah menurut Andry, 7 th Heaven ingin mencoba menerobos pasar industri musik. Peluang ini tentu sangat besar, karena sebagian besar grup-grup band Kota Medan masih belum banyak yang menjadikan aliran musik golongan elit ini sebagai genre musiknya.

“Dari sini kita ingin menerobos pasar di dunia musik. Apalagi, mereka masih menganggap jazz hanya banyak dinikmati oleh kalangan elit dan dewasa saja. Tetapi, kita ingin membuktikan bahwa jazz juga bisa dinikmati oleh kalangan anak muda,” seru Andry yang mengaku para personilnya masih berstatus sebagai mahasiswa ini.

Awalnya, menurut Andry, 7 th Heaven eksis di jalur musik festival, berbagai penghargaan pun sering diraihnya. Namun, setelah para personilnya menyelesaikan pendidikan sekolah dan menlanjutkan ke perguruan tinggi. 7 th Heaven tidak terlalu fokus ke jalur festival, namun lebih sering tampil dalam berbagai event musik ataupun launching produk.

“Kalau dulu saat kita masih sekolah, kita sudah sering mendapat berbagai penghargaan. Tapi, setelah tamat sekolah, kita memutuskan untuk tidak terjun ke musik festival, tetapi lebih ke acara event maupun launching produk saja,” seru Andry.

Sebuah lagu berjudul “Menunggu” berhasil dibuat oleh 7 th Heaven, jingle ini selalu dinyanyikannya saat mereka berada di atas panggung. Sementara, dua buah lagu lagi, saat ini sedang dalam proses pembuatan.”Lagu kita sejauh ini baru satu yang sudah jadi dan dua lagi masih dalam proses pembuatan. Tinggal finishing saja kok,” papar Fiza, gitaris 7 th Heaven.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: