Oleh: triy | September 2, 2008

Kami Ingin Membantu Mereka

Sunat massal

Sunat massal

Tri Yuwono | Medan

Tak seperti biasanya, Sabtu (5/7) pekan lalu, sambil mengenakan sarung puluhan anak laki-laki yang didampingi oleh orangtuanya nampak memadati Puskesmas Selayang II, Jalan Bunga Wijaya (Pasar IV) Kecamatan Medan Selayang. Beberapa di antaranya terlihat seperti ketakutan dengan terus memegangi tangan ibu atau ayahnya.

Siang itu, Pengajian Al Hidayah Kecamatan Selayang dan Pengajian Akbar Hikmatul Fadilah Medan Selayang II sedang mengadakan acara sunatan massal. Sunatan massal ini digelar sebagai wujud kepedulian kelompok pengajian ini untuk membantu keluarga yang kurang mampu. Tercatat kurang lebih sekitar 54 anak dari keluarga kurang mampu yang tinggal di Kecamatan Selayang mengikuti kegiatan ini.

“Ini adalah wujud dari kami untuk membantu keluarga kurang mampu di daerah ini. Di tengah kondisi ekonomi seperti ini, banyak keluarga yang tidak memiliki biaya cukup untuk mengkhitankan anak-anaknya. Maka dari itulah kita memfasilitasinya dengan mengadakan sunatan massal,” ungkap Drg Susana Indra, selaku koordinator sunat massal.

Semua anak yang ikut sunat massal ini, tak satu pun yang dipungut biaya. Bahkan, semua biaya pengobatan sampai sembuh ditanggung oleh panitia penyelenggara. “Kita tidak ada mengenakan biaya untuk anak-anak yang mengikutinya. Semua kita yang menanggung, termasuk juga memberikan bingkisan bagi mereka semuanya,” jelas Susana.

Selama ini, lanjut Susana, banyak masyarakat kurang mampu yang ingin mengkhitankan anak-anaknya, namun karena ketidakadaan biaya, mereka enggan melakukannya. Aspirasi inilah yang kemudian dilanjutkan oleh kelompok pengajian di Kecamatan Selayang untuk membantu permasalahan ini.

“Ini salah satu program dari kelompok pengajian di sini, selain nantinya kita juga akan mengadakan deteksi kanker sejak dini dan program amal lainnya,” seru Susana mewakili kelompok pengajian sambil berharap kegiatan serupa dapati diikuti oleh yang lainnya demi meringankan beban keluarga kurang mampu.

Acara sunat massal yang juga melibatkan dr Delyuzar dan tim dokter dari USU ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat membantu keluarga kurang mampu, terutama dalam mengatasi biaya khitan yang lumayan mahal. “Sangat terbantulah kita, jangankan untuk biaya seperti ini. Biaya sehari-hari kadang pas-pasan,” ungkap Ibu Ima yang juga membawa anaknya untuk mengikuti sunat massal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: