Oleh: triy | Februari 17, 2009

Fosil Ular Raksasa Telah Ditemukan. Sapi Pun Dilahapnya…Nyam…Nyam…

Sapi Pun Diembatnya

Sapi Pun Diembatnya

Takut dengan Ular..? Itu alamiah, dan tidak dilarang karena potensi bahaya dimilikinya. Dengan yang kecil saja saja menyeramkan, apalagi dengan ular yang ukurannya lebih besar dari ular raksasa hasil imajinasi Hollywood  dalam film Anaconda.

Dalam adegan film Anaconda, Jenifer Lopes berteriak histeris dan berlarian kesana kemari menghindar seekor ular pemangsa raksasa. Ular dalam film itu panjangnya 12,1 meter. Imajinasi para pembuat film Hollywood itu, masih kalah panjang dibanding fosil ular hasil temuan para ilmuwan baru-baru ini.

Fosil dari timur laut Kolombia ini menjadi pertanda bahwa saat masih hidup, binatang melata itu merupakan ular terbesar di dunia. Dari tulang punggung fosil ini, beratnya diperkirakan mencapai 1,35 ton atau antara 730 kg hingga 2,03 ton. Panjangnya dari hidung hingga ujung ekor mencapai 13 meter atau sekurang-kurangnya 10,64 meter hingga 15 meter.
“Benda ini (fosil ular) berbobot lebih berat daripada seekor bison, dan lebih panjang dari sebuah bus kota,” kata ahli ular Jack Conrad dari American Museum of Natural History di New York.

Sementara ahli fosil Jason Head dari University of Toronto Missisauga berujar, “Ular itu bisa menelan sapi dengan gampang. Seorang manusia juga dapat segera ditelan.Kalau ular itu masuk ke ruangan saya untuk memakan saya, maka dia akan kesulitan melewati pintu.”

Sebenarnya, monster melata itu di masa lalu mungkin melahap dan mengunyah buaya di hutan hujan tropis yang menjadi tempat tinggal mereka sekitar 58 juta hingga 60 juta tahun lalu. Para penemu fosil menamakan fosil ular tersebut “Titanoboa cerrejonensis” (baca: “ty-TAN-o-BO-ah sare-ah-HONE-en-siss”). Artinya, “ular boa yang sangat kuat dari Cerrejon. (Cerrejon adalah nama daerah tempat fosil ditemukan).
Titanoboa pertama kali disingkap di awal 2007 di Florida Museum of Natural History di Universitas Florida di Gainesville. Para ilmuwan kemudian melakukan rangkaian penelitian sebelum merilisnya dalam jurnal Nature, Kamis lalu. Namun para ilmuwan masih akan kembali ke Kolombia untuk menemukan beberapa bagian fosil yang belum ditemukan.
Ukuran tubuh titanoboa yang luar biasa memberi petunjuk tentang habitatnya. Dengan tubuh sebesar itu menunjukkan bahwa titanoboa hidup di suhu lingkungan yang hangat. Tampaknya temperatur di garis khatulistiwa meningkat bersamaan dengan suhu global. Ini kontras dengan hipotesis yang mengatakan bahwa suhu tidak akan naik.

“Ini adalah sebuah lompatan kalau diterapkan pada kondisi masa lalu dengan perubahan iklim, kata Head. Menurut Head, penemuan itu menggambarkan bahwa daerah di garis khatulistiwa akan menghangat bersama dengan bertambahnya usia planet. “Namun tidak akan ada lagi ular raksasa karena kita sudah memusnahkan habitat mereka dengan pembangunan dan penebangan hutan di wilayah ekuator,” kata Head.
Suku Boidae

Fosil ular yang ditemukan ini bisa dipastikan dari suku Boidae atau jenis-jenis ular berbadan besar seperti Anaconda, Boa, da Piton. Jenis ini termasuk primitif dan memiliki saki-saki (organ tubuh yang tidak berfungsi lagi), berupa sekat pinggul dan tungkai belakang. Meskipun tidak termasuk dalam jenis berbisa, namun cara ular ini memangsa korbannya cukup sadis. Yaitu dengan cara membelit dan menelan.

Dari hasil penelitian para ahli tersebut, ular ini adalah kombinasi antara jenis Boa dan Anaconda. Tubuh Titanoboa seperti tubuh seperti boa modern, namun berperilaku seperti anaconda dan menghabiskan waktu di dalam air. Kalau sedang di darat, Titanoboa akan bergerak melata.
Ular ini memiliki kemiripan dengan Anaconda Hijau yang masih termasuk keluarga Boa. Ular Amerika Selatan ini termasuk ular terbesar di dunia. Sepupunya, Phyton, mempunyai tubuh yang sangat panjang tapi dengan tubuh besarnya, anaconda hijau, nampak 2 kali lebih besar.

Saat ini, Anaconda Hijau dapat tumbuh lebih dari 29 feet atau 8,8 meter dengan berat lebih dari 550 pon atau 227 kg dan diameter kurang lebih 12 inci atau 30 cm. Diantara kerabat anaconda, anaconda hijau lah yang paling besar. Ukuran tubuh betinanya lebih besar daripada yang jantan. Anaconda hidup di rawa-rawa, air yang arusnya lemah.

Tubuhnya dirancang untuk mudah berjalan di air daripada di darat. Mata dan rongga hidungnya terletak di atas kepala sehingga memudahkannya untuk menyelam dan beraktivitas di dalam air. Pada masa kawin, terjadi kompetesi antar penjantan untuk memperebutkan sang betina dan hal ini terjadi selama 4 minggu.)

Anakonda dalam bahasa latin disebut Eunectes murinus termasuk dalam golongan phylum chordata, yaitu golongan hewan yang memiliki notokorda atau chorde yaitu tali sumbu tubuh syaraf belakang dengan rangka. Ukuran chordata beragam ada yang besar dan ada yang kecil dengan otak yang terlindung tengkorak untuk berfikir. Anakonda masuk dalam Kelas Reptil, Ordo Squamata, Keluarga Boidae, sejenis ular boa air.
Anakonda hidup di Amerika Selatan, sebelah timur Andes, sebagian besar di sungai Amazon, Orinoco dan Guianas. Habitat mereka di rawa-rawa dan semak belukar. Mereka tak pernah ditemukan jauh dari perairan. Rawa merupakan tempat favoritnya. Ketika mereka keluar dari air, tubuh anakonda akan dirundung oleh kutu-kutu atau jamur.

Seekor Anakonda memulai reproduksi dalam usia muda dengan masa kehamilan selama 6 bulan. Seekor betina dapat beranak 20 hingga 40 ekor dan kadang-kadang lebih dari 100 ekor. Anakonda yang baru lahir biasanya memiliki panjang 60 cm. Beberapa jam setelah mereka lahir sudah dapat berenang, berburu dan merawat dirinya sendiri. Setelah melalui proses perkawinan, anakonda akan tumbuh panjang namun lambat.

Ular dan Manusia

Anaconda dan Manusia

Anaconda dan Manusia

Dalam kitab-kitab suci, ular kebanyakan dianggap sebagai musuh manusia. Dalam Alkitab (Perjanjian Lama) diceritakan bahwa Iblis menjelma dalam bentuk ular, dan membujuk Hawa dan Adam sehingga terpedaya dan harus keluar dari Taman Eden. Dalam kisah Mahabharata, Kresna kecil sebagai penjelmaan Dewa Wisnu mengalahkan ular berkepala lima yang jahat. Dalam salah satu Hadits Rasulullah saw. pun ada anjuran untuk membunuh ‘ular hitam yang masuk/berada di dalam rumah’.

Anggapan-anggapan ini, bagaimanapun, turut berpengaruh dan menjadikan kebanyakan orang merasa benci, jika bukan takut, kepada ular. Meskipun sesungguhnya ketakutan itu kurang beralasan, atau lebih disebabkan oleh kurangnya pengetahuan orang umumnya terhadap sifat-sifat dan bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh ular. Pada kenyataannya, kasus gigitan ular –apalagi yang sampai menyebabkan kematian– sangat jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan kasus kecelakaan di jalan raya, atau kasus kematian (oleh penyakit) akibat gigitan nyamuk.

Pada pihak yang lain, ular pun telah ratusan atau ribuan tahun dieksploitasi dan dimanfaatkan oleh manusia. Ular kobra yang amat berbisa dan ular sanca pembelit kerap digunakan dalam pertunjukan-pertunjukan keberanian. Empedu, darah dan daging beberapa jenis ular dianggap sebagai obat berkhasiat tinggi, terutama di Tiongkok dan daerah Timur lainnya. Sementara itu kulit beberapa jenis ular memiliki nilai yang tinggi sebagai bahan perhiasan, sepatu dan tas. Seperti halnya biawak, kulit ular (terutama ular sanca, ular karung, dan ular anakonda) yang diperdagangkan di seluruh dunia mencapai ratusan ribu hingga jutaan helai kulit mentah pertahun.

Dalam kenyataannya, ular justru kini semakin punah akibat aneka penangkapan, pembunuhan yang tidak berdasar, serta kerusakan habitat dan lingkungan hidupnya. Ular-ular yang dulu turut serta berperan dalam mengontrol populasi tikus di sawah dan kebun, kini umumnya telah habis atau menyusut jumlahnya.

Manusia sebenarnya tidak usah takut pada ular karena ular sendiri yang sebenarnya takut pada manusia. Ular tidak dapat mengejar manusia, gerakannya yang lamban bukan tandingan manusia. Rata-rata ular bergerak sekitar 1,6 km per jam, jenis tercepat adalah ular mambaa di Afrika yang bisa lari dengan kecepatan 11 km per jam. Sedangkan manusia, sebagai perbandingan, dapat berlari antara 16-24 km per jam.

About these ads

Responses

  1. kebayang banget hiii ngeri

  2. Bang blogmu bagus banget

  3. ngeri abizz…

  4. mantabs…

  5. ngeriiiiiii………….

    • byasa ja sich………….
      pnakut mat lw….

  6. Mampir lagi mas,
    Wow besar sekali, jos tenan

    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan & Wirausaha

    Salam

  7. beneran itu teh?????

  8. Wah kalau lihat ular segede itu saya bakalan ambil jurus langkah seribu. Ehhh nggak ding jurus pamungkas saja lari seribu… Kalau cuma langkah seribu mungkin masih kurang cepet… :mrgreen:

  9. blognya bagus

  10. Kebayang kalo ular itu ada di Indonesia

    Salam kenal……mampir donk

  11. mas, yg gambar nomor 1 itu foto beneran atau hasil software 3d? alhamdulillah, ternyata bukan dari indonesia… btw, kadang2 sebel dg film hollywood yg kadang masang indonesia sebagai sumber makhluk mengerikan…

  12. wew… beneran ada ya, mas?
    trus, dari fosil itu kira2 ada pada jaman apa? apakah ada perbedaan bentuk antara ular jaman dulu dengan ular jaman sekarang? kalo bedanya tidak signifikan, maka teori evolusi hanyalah bohong belaka… :P

    salam kenal, sukses slalu ;)

  13. Agar generasi kita tidak terjerumus ke dalam pergaulan menyimpang, silahkan baca artikel kami terbari seputar Manfaat Khitan Wanita. Dalam pandangan saya, salah satunya faktor generasi perempuan kita mengumbar nafsu sexnya adalah karena tidak dikhitan sembari kecil. Kenyataannya, dan ini dibuktikan secara medis, khitan wanita memiliki manfaat menstabilkan libido seksual wanita. Lebih lengkapnya, baca di : http://www.bursabukusolo,wordpress.com
    Semoga bermanfaat.

  14. Berat sekali tu ular ya, sampai dibutuhkan 7 orang untuk mengangkatnya :-).

  15. wahhhhhhhh ular xa gaul donk yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyaaaaaaaaaa

  16. waduw…. kamu kalo dimakan bisa masuk tuh bang… hehehe…

  17. hihi,,

    serem iah,,

  18. hihiii,,

    serem banget

  19. anjing…

  20. gila..

  21. ntu ular pa monster….

    • NDAK TAU TUH YANG PNTG NTU KYK ULAR

  22. Aduh,gwa jadi atut ni,ada cerita yg laen ngk!!!
    Yg agak ramantis gitu!!
    Hehehe

  23. mantep bener itu ular……ularnya demen diphoto juga da gitu yg megangin 10 orang.coba w yg photo ma tuch ular ketiban kali yach(gokil)…..!!!!!!

    Bang w dah saran nich,gimana klo ularnya di kulittin ja??????he..he..he..

    bang blognya mantep banget.thanks yach!!!!

  24. awas klo rekayasa

  25. aku suka dengan style headermu boss…bagus!

  26. masak sih…???

    fosil nya mana…???

  27. haahaahahahahaaaaaahahaaahaaahaa…………….tidak munkin ular sepanjang itu ada disini, diindonesia. hanya yang panjang itu adalah ular!

    betulkan kata aku!

  28. SEREMMM,BIASA,NGERIIII,NGGAK TUH!!!

  29. jangan smpai dech gw ketemu yang namanya ular

  30. denger ceritanya aja udah ngeri apalagi ngliat ya………..? hiii…………..ii se………..re………..mm

  31. hihi…srem jg sich….
    da uler sgde gtu
    bos…. klo bs foto fosil na s xan donk.
    keren….

    • harus dimasukkan ke museum binatang langka atau reptil

  32. Wallohu’lam

  33. ih ular ny gede bagt y q jd tkut ne……………………

  34. gambar yang pertama adalah tipuan persepsi (HOAX). Ada binatang kecil yang bentuknya menyerupai sapi. Salam.

  35. matab banget

  36. Rasain loe !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  37. gambarnya beneran gak ? ato hasil rekayasa 3 d kayak di film anaconda yang seru itu ?

    • mana mana mana13*fosilnya!

  38. teruslah”berkarya

  39. subhanallah….

    inilah kepunyaan ALLAH yang tidak kita ketahui….

  40. ihhhhhhhhhhhhh ngeri banget

  41. ihhhhhhhhhhhhh ngeri banget >_<

  42. ihhhhhhhhhhhhhhh ngeri banget

  43. Waduhh….
    Sampe kebayang klo gw yang dimakan satu ular..
    ihhh..
    ngeri…

  44. ya’ampun tuh ulerrrrrrrrrr gede’ benr serem amat!!!

  45. gila besarnya kyak monster

  46. kuerreeeennnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! abiesssssssssss

  47. ya..ampun…

  48. wew.. serem banget… duh…

  49. mantap blogmu bang……….

    • thank u… salam kenal… makasih juga udah berkunjung ke sini

  50. bang ntu gambar ular makan sapi ataw ular makan tikus cie……ekor sapinya ko gede bangeets…….hehehheheheeh klu bener sapi….bisa2 6 bulan baru laper lagi……hehhehehe

  51. ular naga panjangnya bukan kepalang………

  52. masaallah

  53. tu ular apa ular?

  54. q kangen sama kamu dea cantik.I LOVE YOU dea cantik q sayang padamu. dae apa kabar?

  55. itu ular yang makan sapi atau ular makan jangkrik sih hehe…..he…

  56. isun bli percaya………..

  57. ehmm tu uler kira2x b`rapa y panjang nya ?????

  58. wahhhhh …… gede bangettt …..
    ngg nyangka ternyata di dunia nee ada hewan sgede itu ………

  59. mengerikan….

  60. wah..pantesan sapi ku hilang,apa gara2 dimakan tuh ular ya…..
    hehehe….

  61. gila tu ular pa bambu ,,,

  62. jia,,,, ular gto ma banyak di kalimantan….

  63. dari reza di kal sel

  64. jd pengen liat ular segede itu

  65. apa ular itu makan manusia

  66. masyaallah…. jangan sampe indonesia ada ular sebesar itu…..

  67. tanggal 26 des 2008 gw nangkep ular jenis phiton reticulatus dengan panjang 4,5 m dan berat hampir 40 kilo….
    klo mau liat silakan datang….

  68. lebih ngeri kalau kita mati tdk membawa bekal keimanan yg lurus,sendiri di alam kubur gelap…gak ada temen…gak ada TV…gak bs buka internet …yg ada malaikat Munkar Nakir yg sgt menakutkan dan tdk py belas kasihan sm org yg jahat @ imannya yg tdk benar…hiiii ngeri dech….

  69. takuut…..!

    • hmmmm ular raksasa tak percaya aku

  70. biasa aja tuh…

  71. wow…….. ular atau apa itu….?
    ngeri banget…. sapi aja di telan mentah”, apalagi Aku yang di telah….

  72. Mungkin ada yang lebih besar lagi daripada itu Boss?.

  73. be a good moeslem or die as syuhada.
    nu pentng mah qt usaha manjadi orang yg baik

  74. ih serem jdi takut klo mau kekebun

  75. Knp CEWEq2 pada Gak takut ama ULAR KASUR ya…?? Malah diCARI terussssssss……..

  76. sip yang dimakan sukor :p

  77. seno kacili jo tu ular samua org dya cm mo tlg 1 kli

  78. tanda-tanda kiamat sudah dekat….

  79. :D :D :P :) :'( aku takut tapi liat ular :D wkwkwkwk

  80. (^^^) <(") :putnam:

  81. ular tedung besar ada ke

  82. nyammy…
    enak tu klu di jdkn sate….
    ehemm…

  83. mantab….

  84. sebaiknya ular segede itu mah dilindungi aja.

  85. aswb. artikel’a keren banget. lumayan nambah pengetahuan tentang ular. by the by, aq jg pernah trauma ama yg namanya ular ….. he..he..

    • wass….. salam kenal mbak…

  86. aswb. artikel’a keren banget. lumayan nambah pengetahuan tentang ular. by the way, aq jg pernah trauma ama yg namanya ular ….. he..he..

  87. pokoke gilani

  88. Umpama dibikin sate habis tusuk sate berapa ya?

  89. tambah lg bos cerita na mantap mie jd pembelajaran

  90. wow ular x krng BESAR………

  91. kalo ular segitu biasanya jd temen tidur ku.hahahahah…
    lampung timur

  92. saya bukan mau komentar nih. sy mau kasi tau, bahwa di daerah saya,aceh tamiang,kecamatan banda mulia tepatnya tambak/kolam dikampung tanjung keramat. ada terdapat ular raksasa di lihat dari jenisnya, dia bukan ular piton.
    menurut org2 yg melihat dia jenis ular kobra.
    panjangnya ketika melewati/nyebrang jalan tambak yg lebar jalan kira2 kurang lebih 4 meter yg terlihat cuma badan ular,tapi kepala dan ekornya masih di dalam air antara satu kolam dengan kolam satu lagi. badannya menurut beberapa org yg pernah melihat diperkirakan sebesar pohon pinang sedang.
    apa ada yg berani menangkapnya? kl ada datang aja ke alamat tadi.sebagian masyarakat sudah tau.

  93. hihihihihihihihihi…………. serem ular kok diplihara
    ]

  94. itu cuma ular plastik

  95. Kalo bs liat langsung pasti lbh seru.. Tp sayang skrg ular udh pindh ke kaki lima.. Hemm,, dasar manusia..! Hehe peace

  96. sadiiiis….

  97. masak ada ular kayak gitu hi… ngerii…!

  98. Nakutin banget
    kalok msh hidup hi…
    Takut


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: