Oleh: triy | Januari 2, 2009

Misteri “Penampakan” Malam Tahun Baru 2009 di Tongging, Danau Toba

Di Manakah Yah "Dia"

Di Manakah Yah "Dia"

Tak ada yang berubah saat Aku memasuki Kampus Fisip USU kemarin(31/12). Padahal, kuliah sudah tak ada lagi. Dari info yang kudapat, kuliah libur hampir kurang lebih dua minggu. Maklumlah aku dah nggak kuliah lagi. Dipecat secara hormat dari Kampus USU sejak bulan Oktober kemarin.

Angka jam sudah menunjukkan pukul 12 lebih 10 menit. Kutelusuri lorong jalan yang menghubungan tempat parkir dengan Kantor Departemen Ilmu Komunikasi USU. Di kantor Dekan, Aku melihat beberapa kawan Ekstension Ilmu Komunikasi 2006 yang akan melangsungkan detik-detik “dipecat” dengan hormat dari USU.

Sebenarnya tak ada yang penting aku datang ke kampus. Aku hanya menjemput beberapa kawan yang akan pergi menghabiskan malam tahun baru ke Tongging. Karena sesuatu hal, aku batalkan untuk naik motor. Bersama dengan seorang kawan aku pun lebih memilih naik Sutra.

Tepat jam 12.45 waktu simpang pos, Sutra melaju meninggalkan poolnya menuju Kabanjahe. Cuaca panas langsung meredup seketika, tatkala kendaraan yang kami tumpangi memasuki kawasan Berastagi. Bahkan, hujan deras yang sedari tadi sudah mengintip dari langit, muncul dengan derasnya.

Sekitar jam setengah empat, kami akhirnya sampai di Kabanjahe. Sambil menunggu jemputan, ku sempatkan untuk mampir di sebuah supermarket yang letaknya persis di seberang jalan Terminal Kabanjahe. Suasana dingin langsung menyeruak masuk ke dalam tubuhku.

Tak ayal lagi, kondisi ini langsung mengingatkan lamunanku ke sebuah kota yang paling aku sayangi dan cintai. Kota Malang. Ya…. Kota yang tak akan pernah bisa aku lupakan. Begitu banyak kenangan indah tertanam di kota terbesar kedua di Jawa Timur ini. Kisah-kisah unik muncul di kota itu.

Beribu kenangan manis berada di kota itu. Dari kota itu, aku pernah mengenal seseorang yang sempat mengisi hatiku. Perkenalan yang luar biasa waktu itu dengannnya. Perkenalan yang sepertinya sudah di atur oleh Tuhan. Meskipun akhirnya harus berujung dengan duka. Hiks…hiks…..

Pertemuan itu sepertinya menjadi awal dan pamungkas yang tak akan pernah terlupakan seumur hidupku. Kenangan manis, begitu teramat manis. Walau cuma satu hari. Namun, memberikan bertahun-tahun kenangan yang tak bisa kulupakan. I miss U….. ….., Micow, Cowi dan Malang.

Tak lama aku terjerat dalam lamunan sesaat ini. Begitu mendengar bunyi ponsel yang menandakan ada SMS masuk. Pesan singkat pun kubaca. Beberapa menit lagi, kami sampai. Tunggu saja disitu yah… begitu bunyinya.

Eh…. Ada Kawan Baru Rupanya

Yang Pasti Bukan Ini Si 'Dia' Itu

Yang Pasti Bukan Ini Si 'Dia' Itu

Motor sewaaan yang kami sewa akhirnya datang juga. Kami berempat, B.Bobi(Bintang Dangdut Ekstension Ilmu Komunikasi USU 06), Nia si tuan rumah, Maya dan aku larut dalam cerita singkat saat memasuki motor sewaan itu.

Sekitar sepuluh menit, kami akhirnya sampai juga di hotel tempat kami menginap. Di situ sudah ada beberapa kawan yang lain. Pak Mus dan ceweknya si Ira dan juga Ine. Perut yang keroncongan langsung tertebus, begitu beras merah plus lauk dengan udara dingin menyambut kedatangan kami.

Setengah jam kemudian, kami bertujuh melanjutkan perjalanan untuk menghabiskan malam tahun baru. Sebelum berangkat, aku sempat merasakan sesuatu yang aneh. Aku merasakan ada sesuatu yang tak beres. Terutama saat melihat seorang dari kami. Sekilas memang, tapi sudah benar-benar membuatku tersentak.

Keganjilan itu berlanjut, saat akan memasuki motor yang kami sewa. Rambut panjang yang tak beraturan, baju putih dan tatapan menyedihkan tertatap olehku. Hanya sepersekian detik. Tapi sudah membuat bulu kudukku naik semuanya. Karena aku nggak ingin liburan tahun baru ini berantakan, aku mencoba untuk tidak memperdulikannya.

Tapi, aku teringat dengan salah seorang diantara kami yang memang sudah kulihat saat berjumpa di awal tadi yang kondisinya agak lemah. Aku coba untuk mengalihkan perhatiannya. Sekilas tampak tatapan tajam menghujam langsung ke arahnya. Aku berharap agar tak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Objek wisata Tongging menjadi tujuan kami. Satu dari sekian tempat yang memperlihatkan bagaimana indahnya Danau Toba ini. Bagiku Tongging menyimpan beberapa cuil lembaran kisah pergulatan dalam mengisi hari-hariku di sebuah organisasi yang sempat aku ikuti saat kuliah dulu.

Tempat yang misterius. Ya… tempat misterius. Masih belum hilang dari ingatanku beberapa tahun lalu(saat aku masih aktif di organisasi Suara USU), saat kami bersama mengadakan refreshing bersama. Cerita humor yang dibuat oleh kartunis kami setelah penerbitan sebelumnya, benar-benar menjadi sebuah kisah nyata di Tongging. Apakah itu kebetulan atau tidak, aku sendiri juga tidak tahu. Wallahu a’lam.

Namanya ‘Parlin”, cerita kartun yang dibuat olehnya, menceritakan seorang mahasiswa USU yang gagal menikmati liburan gara-gara kecelakaan. Cerita yang kemudian benar-benar terjadi.

Seperti biasa jika kami liburan. Main sepakbola adalah kegiatan yang tak bisa dilupakan. Kecelakaan itu akhirnya terjadi. Darah mengalir dari kakinya. Hingga kemudian kami larikan ke puskemas terdekat. Cerita yang seolah mirip dengan kartun yang dibuat oleh seorang kawanku.

Praktis selama perjalanan, aku mencoba terus membuat suasana ramai. Motor dengan nomor BK 1513 UJ ini sebenarnya sudah terasa tak nyaman lagi. Sebuah jembatan yang dipayungi oleh jejeran pohon bambu menghentikan sejenak motor yang kami tumpangi. Ups… Si “Dia” rupanya yang mengganggu.

Setelah dihidupkan kembali, dengan rengekan yang agak mengerikan motor pun melanjutkan perjalanan ke Tongging. Dengan membayar ongkos masuk 15 ribu, kami akhirnya menuruni jalan berliku dengan panorama indah di depannya. Hamparan air yang membentuk sebuah lukisan yang menakjubkan. Secuil bentuk surga yang tak bisa terlepas dari mata yang memandang.

Satu Setengah Jam yang Hm….’Mengerikan’

Di Manakah si "Dia" itu. Menyeramkan.......

Di Manakah si "Dia" itu. Menyeramkan.......

Tahun baru 2009 kemarin begitu spesial buat diriku. Pengalaman lain daripada yang lain. Memberikan beragam cerita menarik yang bikin bulu kuduk merinding. Suasana Maghrib menyambut kadatangan kami di Tongging.

Kami pun langsung menuju tempat yang berpemandangan indah untuk berfoto-foto. Eh… ternyata si “Kawan Baru” itu rupanya ikut juga. Petualangan sepertinya akan di mulai. Matahari sudah mulai meninggalkan peraduaannya. Sebuah tambak ikan milik warga menjadi sasaran objek foto-foto kami. Beragam ekpresi kami curahkan untuk mendapatkan foto yang baik.

Dan, si “Dia” yang memang sudah mengincar satu orang dari kami untuk masuk ke dalam raganya terus menguntit dari belakang. Berbagai cara ia lakukan, mencoba menunggu mangsa kehilangan konsentrasi. Syukur alhamdulillah, sejauh ini kita semua masih baik-baik saja.

Rasa lapar tiba-tiba menghajar tubuh kami. Sepiring mie goreng plus teh botol dingin pun menemani ku persis di depan Danau Toba. Tamu tak di undang itu masih saja berada di situ. Pohon besar yang terletak di sebelah kedai tempat kami makan, menjadi lahan parkir baginya sambil menunggu kami.

Hari mulai malam. Sekitar lima jam lagi tahun baru tiba. Bersama dengan rengekan motor yang memilukan kami menembus kelamnya malam. Tanjakan Tongging benar-benar memberikan nuansa berbeda bagiku. Tahun baru yang begitu terkenang, bersama dengan kawan-kawan dan juga si “Dia”. Ih….ih…..

Belum saja bergerak 100 meter, mesin motor langsung ngadat. Ancang-ancang kembali dilakukan oleh bang sopir. Motor pun kembali jalan. Baru memasuki tanjakan pertama, mesin motor dengan suara rengekannya menghentikan langkah untuk terus berjalan ke depan.

Sebuah batu besar jadi pengganjal, mana tahu motor turun kebelakang tak terkendali. Kami pun keluar dan berjalan sebentar. Setelah kondisi mobil stabil, kami naik kembali. Tikungan berikutnya benar-benar membuat jantungku berdegup. Mesin motor kembali tak kuat membawa kami untuk menaiki tanjakkan.

Sebuah modil bernopol D ….. memberikan beberapa solusi. Sekelebat bayangan hitam putih melayang naik ke atas, persis di belakang mobil Avanza bernopol D. Ntah kemana dia pergi. Tapi aku merasakan bulu kudukku naik seketika. Sampai di sini kondisi masih aman.

Motor pun kembali berjalan. Tikungan berikutnya benar-benar membuat tahun baru agak berbeda. Gelapnya tanjakkan Tongging menggiring kami untuk mengisi beberapa jam sebelum tahun baru. Tikungan yang menanjak ini tak bisa lagi di ajak kompromi. Sekitar 200 meter lebih kami harus berjalan.

Seorang diantara kami yang memang dari tadi diikuti coba terus didekatinya. Tak pernah lepas darinya. Aku mencoba terus membuat suasana hidup. Agar kawan-kawan tidak berpikiran macam-macam. Beberapa kali aku sempat terlibat dorong mendorong dengannya.

Bayangan hitam terus mencoba masuk dari berbagai arah. Dan benar, seorang diantara kami menabraknya. Aku lihat dari matanya, dia benar-benar syok. Sementara yang didepan juga terus mendorong untuk masuk. Syukurlah sorot tajam dari sebuah mobil dari bawah, langsung membuat suasana tenang kembali.

Dinginnya malam terus membayangi langkah kami. Penyambutan tahun baru yang benar-benar berkesan buatku. Tikungan menghilangkan kembali sorot lampu mobil itu. Itu berarti suasana kembali gelap gulita. Yang terlihat hanya lampu-lampu perumahan penduduk di Tongging dan indahnya bulan sabit yang baru serta bintang-bintang yang bertebaran di langit.

Sungguh indah benar ciptaanmu Ya Allah. Temaram aurora yang menghiasi langit semakin menangguhkan jika Engkau adalah Esa. Tak ada yang bisa menyaingimu. Semua yang Engkau ciptakan benar-benar luarbiasa. Luar biasa indahnya.

Dingin malam langsung sirna, berganti dengan rasa panas. Rasa ketakutan jelas terlihat diantara kami. Akhirnya sampai juga kami di mobil. Ups… cerita belum usai. Setelah jalanan agak datar, kami lanjutkan kembali perjalanan ini. Batu besar yang kami letakkan dibamper belakang untuk berjaga-jaga mana tahu mobil tergelincir ke belakang ternyata menjadi pijakan “dia”. Dia mencoba memperlambat mobil yang kami tumpangi.

Syukurlah gapura masuk Tongging memberikan sinyal positif bagi kami semua. Perlahan tapi pasti kami mulai kembali dalam kehidupan yang normal. Setelah jalanan benar-benar bisa ditaklukkan, batu besar yang dijadikan pengganjal kami turunkan. Seiring dengan itu, si “dia” rupanya juga ikut turun. Pergi ntah kemana. Mungkin saja ikut merayakan tahun baru bersama dengan kawan-kawannya. Wallahu A’lam.

Mungkinkah ‘dia’ yang Tertangkap Kamera Ini

Mungkinkah si "Dia" yang Ada di Lingkaran Itu

Mungkinkah si "Dia" yang Ada di Lingkaran Itu

Maghrib baru saja datang. Sinar matahari hampir saja redup. Sebelum benar-benar tenggelam di peraduannya, kami beberapa kali foto-foto. Ada satu foto yang benar-benar membuatku dan mereka merinding.

Bukan apa-apa, dari puluhan foto yang kami ambil. Foto satu ini berbeda dengan yang lainnya. Foto itu berada di ponsel S.bob, Bintang Dangdut Ekstension Ilmu Komunikasi USU 2006. Warna fotonya agak pucat. Berbeda dengan warna yang lainnya. Padahal sebelumnya tidak di ada di set menu-nya. Beberapa detik kemudian juga digunakan untuk memfoto. Tapi tetap saja berbeda warnanya.

Sebenarnya yang membuat bulu kuduk berdiri bukan pada warna pucat fotonya. Melainkan sebuah “penampakan” yang membuat kami penasaran. Padahal, waktu itu tidak ada seorang pun di belakang kami sambil duduk-duduk di keramba. Yang ada hanya Pak Mus dan Ira. Itupun agak jauh dari kami.

Jika foto ini di zoom, nampak terlihat seperti monyet, atau kakek tua dengan wajah yang menyedihkan. Menatap ke dalam air yang ada di keramba, dengan posisi kaki terayun. Ih….. menyeramkan. Tubuhnya agak sedikit membungkuk. Gempal dan hitam. Tapi, jelas sepertinya wajahnya menyiratkan kondisi yang sangat menyeramkan dan memilukan.

Inilah yang membuat foto satu ini berbeda dengan yang lainnya. Semua hanya Allah yang tahu. Allah memang menciptakan dia dan kita sama-sama hidup di dunia. Hanya tempatnya saja yang sama. Kita berada di dunia nyata, sementara dia berada di dunia gaib. Sekali lagi Waallahu A’lam……….

About these ads

Responses

  1. hai…. ne ak beri pertanyaan sedikit tentang feniomena yang kamu alami.setelah semu a ak baca,dan menurut pengalaman orang lain hal seperti itu mang biasa terjadi.
    tapi sebelum ya ak mau tanya???
    sebelum melakukan perjalanan pakah semua a baek2 z???maksud ak,,kalian coba inget dulu mungkin ad sesuatu hal jahat yang kalian lakuin terhadap oarang lain ataw mungkin berbuat sesuatu yang sembrono???????

  2. mna yg nampak…

    orangnya X yg nampak…

  3. buatku, kayak orang lagi pake topi .. biasa aja ..

  4. y mungkin ja orang gie modol or u yg modol

  5. byasa ja wakkkkkkk

    l

  6. KUI GAMBARE WONG NGISENG (PLUNGLAP)

  7. jelek bgt ber belit belit ga ada yg nampak lagiii

  8. kaya’ y tu bukan setan ato pun monyet…..
    mungkin itu hanyalah kayu yg percis seperti monyet….
    gitu lohhhhhhhhhhhh…..

  9. ceritanya ga bermutu and ga masuk akal.hari gni gitu loch masih percaya hal-hal mistis kaya penampakan gitu????????setannya ja ga kliatan…yang ada juga kalian semua….he…he…he

  10. zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz-_-

  11. menurut istilah Camera Digital, tdk mungkin ada bayangan, hanya perasaan Anda, saya uuga kebetulan pulang kampung dan malam tahun baru cerah tdk ada hujan, jadi secara bathin anda terbayang terus dibenak anda yg peristiwa yg tdk bisa anda lupakan dr perjalanan Meda -tongging. jadi klu tongging saya rasa aman dari gangguan hal yg tdk dinginkan. oke. salam bayangan. thks

  12. menurut istilah Camera Digital, tdk mungkin ada bayangan, hanya perasaan Anda, saya juga kebetulan pulang kampung dan malam tahun baru cerah tdk ada hujan, jadi secara bathin anda terbayang terus dibenak anda yg peristiwa yg tdk bisa anda lupakan dr perjalanan Meda -tongging. jadi klu tongging saya rasa aman dari gangguan hal yg tdk dinginkan. oke. salam bayangan. thks

  13. menurut istilah Camera Digital, tdk mungkin ada bayangan, hanya perasaan Anda, saya juga kebetulan pulang kampung dan malam tahun baru cerah tdk ada hujan, jadi secara bathin anda terbayang terus dibenak anda yg peristiwa yg tdk bisa anda lupakan dr perjalanan Medan -tongging. jadi klu tongging saya rasa aman dari gangguan hal yg tdk dinginkan. oke. salam bayangan. thks

    • segitunya ..

  14. Mau HaNTu aTau ga….

    SeRaHkan SeMUa PaDa Yg Kuasa…

    insya aLLah

    Everything will be Fine

    n jgn LuPa Bnyk2 Berdoa

  15. gw kira…..
    penampakan’x ga bermutuuuuuu
    payah banyak cinconk…
    penampakan’x kecil bgt lg ky gantungan kunci…
    payah payah….

  16. makanya jgn asal fto
    untung z lom liat buaya yg besar
    kalo tu iktan fto bsa gwt klen

  17. dsna q prnh liat sesosok bayangan yg bntuknya kyk perempuan

  18. ahhhhhhhhhhhhhh
    itu cuma khayalan….
    nanti kamera hpnya yang murahan……

  19. gw sih g prnh ksna tp baca crita dr u bkin pnasaran pngen ksana

  20. haaahaaaahahaahahahaha…………… aku sangat takut, ini rahasia kelemahanku adalah lintah, ada cewek disampingku, dan hantu (manusia haruslah takut pada ALLAH SWT. karena hanya dialah yang harus kita takuti dari semuanya)

  21. Tpt kln photo tuh adlh tpt aku main-main waktu kcl dulu… krn aku lahir cuma sktr 500 mtr dari tpt itu. Yaqin haqqul yaqin.. gak ada yg spt itu di sana. Lagiannnn.. hari gini masih percaya tahayuull. Trust me !!!

  22. mantap lah crita pengalamannya..

    salam kenal, blog walking..

  23. sayang ya..fotonya kurang gede,.padahal mo liat bgt…soalnya foto yg ada dilingkari ga kliatan jelas..hehehehe….tapi salut lah,,,jgn kapok lagi ke sana ya..hehehe…mgkn nnt diikutinya sama yg beda,,heheh

  24. kameranya 10 mega pixel

  25. ihhhh takuuuuttttt

  26. itu beneran atau bohong

  27. Bhs4 km agk kurng jelas ñ ftox juga g sip kykx g klhtn pnampkan yg aneh, (kurg serém lah critanya) ya udah thanks.! q trtrik bwt bca critanya .by_mojokerto(moxer)

  28. ;-)

  29. LoW…GW ASli dr tonGging…tuh KmpuNg Hlmn gw,,stelaH gw baca…ada bnerNya….klo dI toNggIng tuh mahlUk gaib bNyk amAt..
    dimna mana…bUknya gw njelIkn Kpmg ndiri..tp nyatanya bner…yach,…masaLHnya ..Kita percaya gak yaNg maha Kuasa..yodaH sALAM kNaL aja DAH buaT sMuaNya.,..aNaK USU..sEkaLiaN aNAK toNggIng….sEEePh..

    • yup… kbetulan kemarin itu emang kita lagi sial mungkin ya…. tapi syukurlah nggak sampai terjadi apa-apa…….

  30. ihhhhhhh penasaran deh………….
    soalny hantu ‘a gak keliatan jelas

  31. Masa sih gapercaya tuh klo itu penampakan mungkin aja cuma anak kecil yang lg nongkrong.
    Salam kenal yah??

  32. apa benar tentang isu dunia kiamat pada tahun 2012? emang beneran ada hantu pada malam hari>

  33. bro. ada yang minat bisnis pulsa sistem mudharobah(syariah islam)
    cek,di http://www.duta4future.com
    jika tertarik hub adhy purnama 08584995607
    tersedia juga tas untuk seminar. harga nego

  34. ceritaan apaan seh????kagak ngerti……

  35. setelah membaca cerita anda…..saya menarik sebuah kesimpulan bahwa anda ini adalah seseorang yang bisa melihat mahluk gaib….APA BENAR BEGITU ???????Anda bercerita seolah2 mahluk yang anda ceritakan adalah teman sendiri…begitu entengnya anda memperhatikan mahluk tersebut….Diawal cerita anda melihat mahluk berbaju putih dan berambut panjang…..kemudian anda ceritakan saat berjalan dikegelapan mahluk itu terbang kearah mobil D…..berubah menjadi hitam putih ….sementara diakhir cerita ko jadi kake tua atau monyet..HATI2 BICARA DIRUANG PUBLIK BRO…????????????????????????????????????????????????????????????????Apakah anda berbohong….???????????

    • maaf…… itulah yang saya rasakan saat berada di situ

  36. kebetulan sudah sekian bulan baru baca beritanya ada apa misteri yg anda tuliskan, kebetulan saya pulang kampung ke tongging dan tahun baru saya keliling pinggiran pantai tapi tidak ada yang aneh dan dari foto yang anada lingkari menurut saya aadalah kecanggihan telp atau camera anda. jadi harapan misteri itu hanya perasaan anda dan………sorry terlalu lama komentar, dan harapan selalu rindu desaTongging, dengan team anda.salam kenal dan always cinta Desa.

  37. akh..
    th hnya perasaan loe jha kallleee…

  38. koc gak ad ya stan nya..
    yg mna sich gk liat thu..

    • BENARRRRRRRR hantux gk ada.mngkn aja mrka bhg…………

  39. kyknya itu biasa aja tuh , ngak ada yang seram <3
    mungkin hanya orang yang ingin numpang foto ajah

  40. penampakan ….. ?

  41. yang mana sich hantu na
    yang dilingkari tu apaan??
    g da papa

    lagian kalau kalian di ikuti gitu
    pasti kalian ada buat jahat,,,,
    maka na di ikuti….

  42. ….. yg ,,,,,,,mana ceh

    tak ada pun ,,,, jgn bwat nama kampung orang jadi jelek ,,,,

    dunk ,,,,,, gak sopan … law u pnya iman ,,,pasti tuh gak kan adaa…..

    u gak pnya kepercayaan,,,,, yahhh ……..

    pantesan setan ngikutin u……

  43. ya mungkin itu hanya ilustrasi orang ja yah ya itu mungkin ada tapi dia gak bakal ganggu kalau kita nya gak ganggu jadi ya gak perlu takut ya malah setan itu hanya buat rasa takut di dalam diri kita dan setan tuh begitu mungkin setan ingin berkuasa makanya rajin solat and baca al quran ok
    ~_~

  44. crita’x bgus bgt sob…..pi klo ma fto pmpakan’x c byasa ajach dech….

  45. syeitan itu ada kcuali kita mmng percaya thu mahluk ada..
    selama kita masih punya SANG PENCIPTA ,,
    ngapain harus percya ??

    heran gw sama loe2 pade . . .

    • gwe setuju ne

  46. biasa

  47. gk jelas gitu , ada yg lebih jelas gk?

  48. waaaaahhh setan nya besar” ya??

    bahasa’a sih bagus tp nyeleneh…banyak x basa”i nya

  49. gla loe…gtu aja d blang seremmm??????penakut amat???

  50. q suka p’mandangan tongging………….yg sngat misterius dan menarik……….:)

  51. kok banyak yg komen ya-.-” katanya ga serem…

  52. wahh…itu mgkn cuma perasaan kamu saja,kalo soal penampakan itu sepertinya org yg lagi duduk dlm sampan lgi mendayuh sampanny,n pas klen liat dia dah pindahlah gk mungkin disitu trs.aq percay law mahluk halus itu ada,tpi cerita u kurang meyakinkan juga mknya org pada gak percaya dechh!
    eachh……..dach,lain x bikin fto yang lebih jelas lgi eachh jgn asal-asalan.
    salam………..

  53. haary gini percaya setan????

  54. itu cuma kebetulan aj. makanya jangan terlalu percaya tahayul. percaya vaj de3ch allah itu selalu adil.

  55. jangan gitu dong berdoa aja semoga nggak diganggu jadi kalau mau ketongging lagi harus pamitan alias berdoa manatau ada kesilapan kalian. dari saya putra daerah situ

  56. karepmu cah.. cah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: