Oleh: triy | Desember 22, 2008

Ilmuwan Pastikan Usia Pohon Tertua, Methuselah

pohon tertua di dunia

pohon tertua di dunia

Para peneliti Israel yang menanam anak pohon dari suatu benih yang ditemukan di benteng kuno Masada mengatakan, bahwa benih yang ditemukan itu telah berusia 2.000 tahun dan mungkin dapat membantu menumbuhkan kembali suatu spesies pohon yang pernah tumbuh di zaman Injil.

Pohon palem ini diberi nama methuselah yang diambil nama orang tertua di Injil. Pohon kecil itu tumbuh pada 2005 dari tunas biji kurma yang ditemukan di benteng Masada. Diduga induknya mungkin menjadi sumber makanan bagi kaum Yahudi yang terkepung di Masada, 48,3 kilometer sebelah tenggara Yerusalem, pada 2.000 tahun silam.

Perkembangan pohon methuselah ini dilaporkan Sallon, Direktur Louis L. Borick Natural Medicine Research Center di Had Assah Medical Organization di Israel, dalam jurnal Science, Jumat lalu. Namun, mereka belum tahu apakah pohon palem itu jantan atau betina dan apakah ia bisa menghasilkan buah. Palem kurma memang memiliki jenis kelamin berbeda, tapi para pakar baru bisa membedakannya setelah pohon itu berusia 6 atau 7 tahun.

Benih pohon ini berasal dari pohon palem Judea, suatu spesies pohon yang pernah tumbuh subur di Lembah Sungai Yordan dan sudah punah selama berabad-abad, kata Sallon dan benih ini merupakan salah satu benda yang ditemukan di Masada, istana musim dingin yang berhadapan dengan Laut Mati yang dibangun oleh Raja Herodes di abad 1 SM.

“Benih tersebut berhasil bertahan dan tumbuh,” kata Sallon. Berbagai upaya untuk menumbuhkan tanaman ini dari benih-benih kuno pada sebelumnya telah gagal setelah beberapa hari. “Semula kami tidak bisa membelah potongan-potongan dari benih untuk penanggalan Karbon. Akan tetapi ketika kita memindahkan tanaman itu ke pot yang lebih besar, kami menemukan fragmen-fragmen dari benih di akar, yang mana dapat kami gunakan untuk perhitungan dengan menggunakan penanggalan karbon,” jelas Sallon.

Hal ini menguak misteri bahwa pohon itu berumur sekitar 2.000 tahun dan sejumlah studi genetik sebelumnya telah menyatakan bahwa pohon ini mungkin berbagi separuh kode genetiknya dengan biji yang lebih modern.

Pohon Palem Judea juga dipercaya dapat memberikan suatu pengobatan alami mulai dari masalah jantung hingga sembelit. Sebelum biji methuselah ini, biji tertua yang dapat tumbuh adalah lotus, berusia 1.300 tahun yang ditanam di Amerika pada 1990-an. (sumber:global)

About these ads

Responses

  1. Beuh………. pohon tertua masi ada di planet selain bumi ada tuch……….yg volume nya ampek 3.540km3 …tingginya ampek 150mtr..umrnya 50 abad..namanya anyunjoyura


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: