Oleh: triy | September 4, 2008

Sup Sumsum Langsa Klasik, Unik dan Berkhasiat

Sum Sum Langsa

Sum Sum Langsa

Menu masakan sup memang banyak penjual dan penggemarnya, tapi sup yang satu ini beda sama yang lain. Pasalnya, di daerah asalnya sana, Nangro Aceh Darussalam, sup ini hanya disajikan pada saat momen-momen tertentu saja.

“Inilah yang saya katakan masakan klasik dan unik, karena di daerah asalnya sendiri, di Aceh, sup ini hanya dibuat pada acara-acara khusus seperti saat punggahan. Itu pun hanya boleh dinikmati para hulu balang saja,” ungkap Lukmanul Hakim, pemilik Sup Sumsum Langsa ini saat ditemui Global di satu dari 23 gerai resto yang berada di area Food Court Paradise Plaza Medan Fair Lt 4.

Karena hanya dibuat pada acara dan dinikmati oleh orang-orang tertentu saja, sup sumsum ini kadang kurang populer di kalangan masyarakat. Maka dari itulah, untuk mengenalkan sekaligus memberikan sajian kepada penikmat kuliner, Lukmanul Hakim mencoba mempopulerkan makanan khas ini.

Bahan utama sup sumsum Langsa ini adalah kaki lembu yang usianya di atas enam tahun. Sup ini diolah dengan campuran rempah-rempah dan berbagai bumbu-bumbu masak. Tambahan sayuran dan bawang goreng yang berada di atasnya melengkapi cita rasa sup sum sum Langsa yang khas.

Apalagi jika disajikan dalam keadaan panas, akan semakin menambah kelezatannya. Lidah Anda akan merasakan gurihnya sumsum tulang kaki lembu ini
“Taburan bawang goreng inilah kunci mengapa sup sumsum Langsa digemari masyarakat Medan,” papar Lukmanul Hakim memberi alasan.

Berkhasiat
Ada satu lagi keunggulan sup sumsum Langsa ini, yakni berkhasiat meningkatkan vitalitas dan stamina para kaum lelaki yang biasanya berusia di atas 40 tahun. “Sup sumsum ini dipercaya dapat meningkat kekuatan laki-laki, karena memang kandungan gizinya sangat tinggi,” jelas Lukman.

Maka dari itulah, menurut Lukman, tidak mengherankan jika banyak para pelanggannya adalah dari kalangan laki-laki. “Sebenarnya dari kalangan anak-anak dan orang dewasa suka dengan sup ini, tetapi tetap saja yang paling banyak menikmatinya adalah lelaki dewasa,” jelasnya lagi.

Selain menyajikan sup sumsum Langsa, di tempat ini juga tersedia aneka sup. Sebut saja sup buntut, sup daging, sup babat, sup urat, sup konro, sup daging kambing, sup kaki, sup kepala dan sup torpedo. Selain itu, di sini juga menyajikan masakan khas Aceh lainnya, seperti mi Aceh goreng, mi bakso sapi, mi Aceh kepiting dan mi Aceh kuah. Jika Anda tidak suka dengan sup dan mi, Anda juga dapat menikmati soto ayam, soto babat maupun soto daging.

Menu Spesial
Tak bisa dipungkiri, sup dan mi Aceh merupakan menu spesial yang dapat memanjakan lidah Anda di sini. Menurut Lukmanul Hakim, pembeda masakan buatannya dibanding yang lain terletak pada cara dan bahan memasaknya.

Untuk pembuatan mi Aceh, misalnya, mi yang digunakan merupakan mi buatan sendiri, steril dari bahan-bahan kimia. “Contohnya, untuk bahan pewarna mi kita gunakan sari induk kunyit,” ungkap bapak tiga orang anak ini.

Lukman menambahkan, mi yang digunakan untuk pembuatan mi Aceh dalam penggunaannya memiliki jangka waktu tertentu. “Biasanya mi ini hanya bisa bertahan sepuluh jam saja. Lebih dari itu tidak dapat dikonsumsi lagi,” terangnya.

Selain membuka gerai di Plaza Medan Fair Lantai 4, Lukmanul Hakim juga membuka gerai di Jalan Yos Sudarso No 37, Jalan Setia Budi 17 B, Kesawan Square, Taman Lili Suheri, serta satu lagi di Banda Aceh, tepatnya di Jalan P Nyak Makam No 53 Lampieung Banda Aceh.

Masalah harga jangan khawatir, untuk menikmati masakan-masakan di sini, Lukmanul Hakim hanya mematok harga dari mulai Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu rupiah saja. Bagi Anda penggemar masakan sup, belum sempurna jika belum menikmati masakan ini. Selamat mencoba!

Tri Yuwono >> Global | medan

About these ads

Responses

  1. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/sup_sumsum_langsa_klasik_unik_dan_berkhasiat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: